BERITA

Bupati Labuhanbatu Selatan H Edimin hadiri Opening Ceremony Bonas Cup Tahun 2022 di Lapangan Binaraga Rantauparapat, Rabu (03/08/2022).

Pembukaan Bonas CUP 2022 resmi dibuka oleh Walikota Medan Muhammad Bobby Afif Nasution,

Bonas CUP 2022 ini di gagas eleh Walikota Medan Muhammad Bobby Afif Nasution, S.E., M.M yang juga selaku Wakil Ketua Umum BPP HIPMI

Bonas CUP yang di dirikan oleh Muhammad Bobby Afif Nasution, S.E., M.M adalah turnamen sepakbola terbesar di Sumatera Utara dengan total hadiah sebesar 3M

Bupati Labuhanbatu Selatan H Edimin berharap dengan adanya Bonas CUP ini bisa menjadi pembangkit semangat olahraga terkusus sepakbola agar berkembang di Sumatra Utara. 

Kegiatan tersebut terbagi dalam 4 wilayah yakni Medan, Labuhanbatu, Padang Sidempuan dan Serdang Bedagai

Turut hadir dalam acara tersebut Kapolres Labuhanbatu AKBP Anhar Arlia Rangkuti,S.I.K,  Dandim 0209/LB Letkol Inf. M. Faizal Rangkuti,S.IP., M.IP,  Kepala Kejari Labuhanbatu Jefri Penanging Makapedua, Bupati Labuhanbatu, Bupati Labuhanbatu Utara, Bupati Padang Lawas Utara, Pj. Bupati Tapanuli Tengah, Bupati Batu Bara, Bupati Sergai, Walikota Tanjung Balai, Anggota DPRD Provinsi Sumatera Utara, Ketua BPD HIPMI Sumut, Ketua BPC HIPMI Labuhanbatu, dan para tamu lainnya.
1 (satu) dari 3 (tiga) anak Indonesia mengalami gagal tumbuh, kurang energi kronik dan stunting. Oleh karena itu dipandang perlu menggalang gerakan nasional yang menjadi prioritas pembangunan sumber daya manusia.

Percepatan penurunan stunting merupakan program nasional yang harus menjadi prioritas daerah, mencakup program-program pokok intervensi gizi seperti kesehatan anak yang lebih baik (KIA), konseling gizi, air minum dan sanitasi (Kesling) dan Pendidikan anak usia dini.

Hal itu dikatakan Wakil Bupati Labuhanbatu Selatan, H. Ahmad Padli Tanjung, S.Ag pada kegiatan Lintas program dan Lintas sektor penanggulangan dan pencegahan Stunting di Kabupaten Labuhanbatu Selatan, Selasa (02/08/2022).

"Stunting adalah kondisi gagal tumbuh anak balita akibat kekurangan gizi kronis pada 1000 hari pertama kehidupan mempengaruhi perkembangan otak, juga resiko lebih tinggi menderita penyakit kronis, bersifat permanen dan sulit diperbaiki dimasa dewasanya," ungkap Wabup.

Dikatakan, Aksi integrasi adalah instrumen dalam bentuk kegiatan untuk meningkatkan intervensi gizi dalam penurunan stunting. Pelaksana tersebut membutuhkan perubahan pelaksana dari pelaku lintas sektor agar program dapat diterapkan hingga menyasar rumah tangga dan 1000 hari kehidupan pertama.

Lebih jauh disebutkan, Untuk memfasilitasi bantuan teknis dan pinwas, Dirjen Bangda Kemendagri melalui vasilitator Perencanaan pembangunan daerah agar memastikan aksi korvergensi masuk dalam RPJMD dan RKPD.

Wabup berharap dapat melakukan langkah-langkah konkrit untuk konvergensi program tahun 2022, memanfaatkan BOK stunting mendukung pelaksanaan melalui koordinasi antara Bappeda, Dinas Kesehatan, Dinas Pemberdayaan Masyarakat serta dinas terkait.

Berperan serta memberikan arahan kepada kelurahan dan desa dalam mengoptimalkan pemanfaatan dana desa untuk penurunan prevanlesi stunting di Kabupaten Labuhanbatu Selatan.
Bupati Labuhanbatu Selatan H Edimim hadiri Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPS LB) Bank Sumut di Kantor Pusat Bank Sumut Jalan Imam Bonjol Medan, Senin (01/08/22).

Pimpin Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPS-LB) PT Bank Sumut, Wakil Gubernur (Wagub) Sumatera Utara (Sumut) Musa Rajekshah meminta seluruh Kabupaten/Kota untuk ikut aktif dalam membesarkan Bank Sumut, khususnya dalam hal penyertaan modal.

Hadir dalam acara jajaran Pejabat Bank Sumut yakni Komisaris Utama Independen Bank Brata Kesuma, Direktur Utama Rahmat Fadilah Pohan, Komisaris Non Independen Sahruddin Siregar, Direktur Keuangan Arieta Aryanti, Direktur Pemasaran Hadi Sucipto, Direktur Kepatuhan Eksir, Direktur Bisnis dan Syariah Irwan dan Bupati/Walikota se-Sumut.

Labuhanbatu Selatan dibawah kepemimpinan Bupati H Edimin mengajak seluruh aparat desa termasuk masyarakat menggunakan jasa perbankan Bank Sumut dan terus disosialisasikan.

Penetapan Prof Erlina sebagai Komisaris Independen Bank Sumut yang efektif sejak tanggal dikeluarkannya persetujuan atas penilaian kemampuan dan kepatuhan dari OJK, dengan masa jabatan selama empat tahun terhitung sejak tanggal efektif.
Gelar kehormatan diberikan Raja Kasunanan Keraton Surakarta Hadiningrat, Paku Buwono XII Sri Susuhunan Ingkang Sinuhun (SSIKS) di bangsal parasdyo komplek Keraton Surakarta, Jumat malam (29/07/2022).

Kanjeng Raden Tumenggung (KRT), Kanjeng Mas Tumenggung (KMT), merupakan gelar kehormatan untuk tokoh atau pemimpin yang diyakini oleh Lembaga Dewan Adat Keraton Surakarta Hadiningrat mampu berkarya dan melestarikan budaya, serta menjaga keberagaman dalam bingkai NKRI.

Keraton Surakarta memberikan gelar kehormatan kepada H, Edimin karena dinilai berkinerja positif, memiliki gaya kepemimpinan yang merakyat, egaliter, dan membumi.

Pemberian gelar kehormatan bertepatan dengan memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharram 1444 Hijriyah (30 Juli 2022), yang diperingati masyarakat Jawa sebagai Malam Satu Suro.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Labuhanbatu Selatan, H. Edimin mengucapkan terimakasih yang tiada terhingga kepada Raja Keraton Surakarta Hadiningrat, Paku Bowono XII.

Dikatakan, Gelar tersebut tidak hanya untuk dirinya dan istri, gelar tersebut dipersembahkan untuk daerah dan seluruh masyarakat Labuhanbatu Selatan.

"Kami tidak menduga memperoleh penghargaan ini. terimakasih kepada Karaton Surakarta Hadiningrat. mudah-mudahan saya tetap konsisten dalam memimpin di daerah, semoga Labuhanbatu Selatan semakin sejahtera dan bermartabat," ujar Bupati.

Selain keluarga besar keraton dan penerima gelar kehormatan, turut hadir, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, Walikota Solo, Gibran Rakabuming Raka, Wakil Walikota Solo, Teguh Prakosa serta pimpinan Komisi VI DPR RI, Aria Bima.

Upacara ditutup dengan Kirab Pusaka Dalem menyambut tahun baru Jawa 1 Suro Ehe 1956. dilanjutkan dengan prosesi semedi yang dilaksanakan di Pendapa Agung dan Paringgitan Pura Mangkunegaran.

Seluruh pakem dalam prosesi upacara dilaksanakan dengan penuh hikmat oleh abdi dalem, kerabat, pejabat, tamu undangan, dan masyarakat umum.
Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu Selatan dibawah kepemimpinan Bupati, H. Edimin dan Wakil Bupati, H. Ahmad Fadly Tanjung, S. Ag terus berbenah untuk meningkatkan kemajuan daerah dan kesejahteraan masyarakatnya.

Setelah berhasil menjalin kerjasama dengan Menteri Perhubungan (Kemenhub) RI terkait beasiswa Sekolah Tinggi Transportasi Darat (STTD), Bupati H. Edimin terus menjalin silaturahmi dengan Kemenhub RI.

Hal itu ditandai dengan kunjungan kedua kalinya dilakukan oleh Bupati H. Edimin yang di sambut hangat oleh Dirjen Perhubungan Darat, Hendro Sugianto di kantor Kemenhub RI, Selasa (26/07/2022).

"Ini kedua kalinya kita datang ke sini, mudah mudahan hubungan yang baik ini bisa menjalin kerjasama yang baik antara daerah dengan pusat, pada kunjungan pertama kita berhasil mendapatkan beasiswa dari STTD untuk putra dan putri Labuhanbatu Selatan yang di naungi oleh Kementerian Perhubungan", ungkap Bupati.

Dikatakan, dibawah kepemimpinannya Pemkab Labuhanbatu Selatan terus berupaya dan berusaha keras untuk jemput bola ke Pemerintah Pusat, Bupati berharap pada pertemuan yang kedua tersebut membawa manfaat yang seluas-luasnya kepada masyarakat.

"Kami belum bisa memberikan bocoran mengenai pertemuan kedua ini, dikarenakan masih terlalu banyak hal-hal yang akan kondinasikan dan kami lakukan termasuk ke gedung DPR RI di Senayan," tandas Bupati.

Dalam kunjungan tersebut Bupati H Edimin di dampingi Sekretaris Daerah Labuhanbatu Selatan Heri Wahyudi M, S.STP, M.AP, Kadishub, Kaban Keuangan dan Kadis PUPR Labuhanbatu Selatan.
Pemerintah Daerah menaruh harapan terhadap peningkatan jalinan kerjasama antara seluruh instansi, baik Polri, TNI dan organisasi sipil lainnya di Kabupaten Labuhanbatu Selatan.

Jalinan kerjasama tersebut diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi peningkatan pembangunan daerah serta peningkatan kesejahteraan masyarakat pada seluruh aspek kehidupan.

Hal itu dikatakan Wakil Bupati Labuhanbatu Selatan, H. Ahmad Padli Tanjung, S.Ag pada pembukaan Operasi Bhakti TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 114 Kodim 0209/LB di Dusun Gariang Pasar, Desa Air Merah, Kec. Kampung Rakyat, Selasa (26/07/2022).

TMMD merupakan sarana membangun, meningkatkan semangat gotong royong merupakan program lintas sektoral yang dilaksanakan sebagai wujud kepedulian TNI dalam memberdayakan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Atas nama Pemerintah dan masyarakat, kami mengucapkan terimakasih, penghargaan yang setinggi-tingginya kepada yang terhormat Pangdam I/Bukit Barisan, Korem 022/Pantai Timur, Komandan Kodim 0209/Labuhanbatu atas pelaksanaan Operasi Bhakti TMMD di Kabupaten Labuhanbatu Selatan," ujar Wabup.

Disebutkan, implementasi TNI sebagai bagian dari rakyat dapat dilihat pada kemanunggalan TNI dengan masyarakat melalui kegiatan Operasi Bhakti TNI, membangun desa sebagai kegiatan yang rutin dilaksanakan sebagai bukti TNI, masyarakat dan pemerintah tidak dapat dipisahkan satu sama lain.

Hadir pada kegiatan tersebut, Danrem 022/Pantai Timur Kolonel Inf Luqman Arief SIP, Dandim 0209/LB Letkol Inf Asrul Kurniawan Harahap, S.E., M.Tr (Han), Danposal Sei Berombang Letda Laut (T) Wahid Nurhidayat, Kapolres Labuhanbatu AKBP Anhar Arlia Rangkuti, S.I.K, Forkopimda Labuhanbatu Selatan, dan undangan lainnya.
Jamaah haji tiba di Labuhanbatu Selatan disambut hangat Bupati Labuhanbatu Selatan H Edimin berserta rombongan keluarga jamaah haji di gedung Santun Berkata Bijak Berkarya (SBBK), Senin (25/07/22).

Bupati H. Edimin mengucapkan selamat datang kepada seluruh jamaah haji Kabupaten Labuhanbatu Selatan.

"Selamat datang para tamu Allah ke Kabupaten Labuhanbatu Selatan yang kita cintai ini", ucap Bupati

Bupati H. Edimin berharap para jamaah haji menjadi haji dan hajjah yang mabrur dan mabruroh.

"Semoga Bapak dan Ibu menjadi haji dan hajjah yang mabrur dan mabruroh",

Acara ini merupakan hasil kerjasama antar unsur terkait, dengan demikian, Bupati tidak lupa menyampaikan ucapan terimakasihnya kepada seluruh panitia pemberangkatan dan penyambutan jamaah haji, Kepala Kantor Kementerian Agama dan seluruh jajarannya yang telah berpartisipasi aktif dalam kegiatan ini.

Turut hadir, Wabup H. Ahmad Padli Tanjung S.Ag, Sekretaris Daerah Heri Wahyudi M, S.STP M.AP, Ketua TP. PKK Ny. Hj. Darni Hatna Edimin, Forkopimda dan undangan lainnya.
Bupati Labuhanbatu Selatan H Edimin meresmikan Gedung Baru RSUD Kotapinang Labuhanbatu Selatan, jumat (22/07/22).

Dalam sambutannya Bupati H Edimin mengatakan RSUD Kotapinang harus lebih berbenah dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat Labuhanbatu Selatan sehingga nantinya masyarakat dapat lebih merasakan kemudahan dalam pelayanan di RSUD Kotapinang.

Lebih lanjut bupati menyampaikan tidak ada lagi istilah masyarakat Labuhanbatu Selatan yang tidak dilayani dengan baik, karena kesehatan masyarakat bukan semata-mata karena obat yang diberikan akan tetapi karena pelayanan yang baik dan memuaskan adalah syarat utama untuk penyembuhan kesehatan masyarakat.

Bupati menegaskan kepada seluruh dokter dan tenaga medis yang bertugas di RSUD kotapinang untuk langsung memberikan tindakan pertolongan kepada pasien dan tidak terlebih dahulu menanyakan apakah pasien memiliki kartu BPJS atau kartu lainnya.

Acara yang dilaksanakan tersebut dilaksanakan di depan gedung baru RSUD yang beralamat di jalan istana kotapinang.

Dalam acara tersebut hadir juga Wabup Labuhanbatu Selatan H Ahmad Padli Tanjung, S.Ag, Sekretaris Daerah Labuhanbatu Selatan Heri Wahyudi M, S.STP, M.AP dan pimpinan OPD di lingkungan pemerintah kabupaten Labuhanbatu Selatan.

Bupati Labuhanbatu Selatan H Edimin hadiri sidang paripurna Hari Jadi ke-14 Kabupaten Labuhanbatu Selatan di ruang sidang paripurna DPRD Labuhanbatu Selatan, kamis (21/07/22).

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Labuhanbatu Selatan melaksanakan sidang Paripurna dalam rangka Hari Jadi ke-14 Kabupaten Labuhanbatu Selatan tahun 2022.

Sidang paripurna Istimewa diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan di buka oleh Ketua DPRD Labuhanbatu Selatan Ediy Parapat, dan dilanjutkan dengan pembacaan sejarah singkat terbentuknya Kabupaten Labuhanbatu Selatan oleh Sekretaris Dewan Labuhanbatu Selatan Ikhwan Sahbana Hasibuan.

Ketua DPRD Labuhanbatu Selatan Ediy menyampaikan bahwa rapat paripurna istimewa tersebut berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Labuhanbatu Selatan Nomor 16 tahun 2012 tentang hari jadi Kabupaten Labuhanbatu Selatan.

Sidang Paripurna tersebut dihadiri Gubernur Sumatera Utara yang di wakili Kadispora Provinsi Sumatera Utara Tuahta Ramajaya Saragih, AP, M.Si, Bupati Labuhanbatu Selatan H Edimin, Wabup Labuhanbatu Selatan H Ahmad Padli Tanjung, S.Ag, Wakil Ketua DPRD Labuhanbatu Selatan H Zainal, Sahdian Purba, SH, Ketua DPRD Labuhanbatu H Abdul Karim Hasibuan, S.H, Wakil Ketua DPRD Labuhanbatu Utara Ir. H. Yusrial Suprianto Pasaribu, Ketua DPRD Kabupaten Rokan Hilir Provinsi Riau Maston, Kepala Kejaksaan Negeri Labuhanbatu Selatan Muhammad Alinafiah Saragih, SH. MH, mewakili Dandim 0209/LB, Perwakilan Kapolres Labuhanbatu, Sekretaris Daerah Labuhanbatu Selatan Heri Wahyudi, M, S.STP, M.AP, Seluruh Anggota DPRD Labuhanbatu Selatan, Asisten dan Staf Ahli Bupati, Ketua TP. PKK Labuhanbatu Selatan, Pimpinan OPD Labuhanbatu Selatan, Kakan Kemenag Labuhanbatu Selatan, Camat se-Labuhanbatu Selatan, Kepala Desa se-Labuhanbatu Selatan, Mantan Wakil Bupati Labuhanbatu Selatan Drs. H Maslin Pulungan, MM, Para tokoh pemekaran Labuhanbatu Selatan, dan undangan lainya.

Ketua DPRD disaksikan jajarannya memberikan cendra mata kepada Gubernur Sumatera Utara yang di wakili Kadispora Sumut Tuahta Ramajaya Saragih, AP, M.Si, Bupati Labuhanbatu Selatan.

Tuahta Ramajaya Saragih, AP, M.Si, mewakili Gubernur mengatakan sangat berterimakasih dan respon yang positif dengan diperingatinya hari jadi ini menambah moment kebersamaan semoga kegiatan ini mendapat titik balik yang baik dari masyarakat.

Beliau juga sampaikan pimpinan yang sekarang cukup ideal khususnya dengan generasi mudanya dan saya titip pada Bupati agar pembinaan terhadap generasi muda lebih ditingkatkan, karena ujung tombak negara ini adalah generasi muda.

Titip salam gubernur seyigianya beliau yang hadir namun karena ada kegiatan yang tak bisa ditinggalkan acara G20 di Parapat dan Sidikalang, beliau mohin maaf pada masyarakat Labusel.

Bupati H Edimin menyampaikan dalam HUT hari jadi ke-14 ini kita lakukan dengan sederhana namun mengenak kemasyarakat, kegiatan bakti sosial dengan menyatuni pakir miskin, orang tua jompo kita juga lakukan kegiatan dalam bentuk sunat masal, operasi bibir sumbing, operasi katarak.

Seterusnya kami dari Pemerintahan terus menjalin kerja sama yang baik dan erat dengan Legislatif, dengan rasa bersyukur dihari jadi yang ke-14 ini mari kita bergandeng tangan bisa hadir bersama untuk lakukan rapat paripurna istimewa dan resepsi hari jadi di aula pendopo rumah dinas. Harapan saya sebagi Bupati bermohon mari kita bangun daerah kita ini dengan bermatabat dan terus membagun untuk kemajuan Labuhanbatu Selatan.

Wakil Bupati Labuhanbatu Selatan, H. Ahmad Padli Tanjung, S.Ag pimpin Upacara Hari Kesadaran Nasional yang digelar di lapangan kantor Bupati, Desa Sosopan, Kec. Kotapinang, Senin (18/07/22).

Upacara Hari Kesadaran Nasional itu di ikuti, Sekretaris Daerah Heri Wahyudi, M, S.STP, M.AP, Asisten dan staf ahli, Pimpinan OPD, seluruh ASN dan PPDPK lingkup Pemkab Labuhanbatu Selatan.

Pada kesempatan tersebut, Wabup mengatakan, sebagaiman amanat UU nomor 22 tahun 2008 tentang pembentukan Kabupaten Labuhanbatu Selatan ditetapkan pada tanggal 21 Juli.

Dikatakan, Momentum hari jadi Kabupaten Labuhanbatu Selatan yang ke 14 diharapkan kerja nyata dari seluruh OPD memberikan inovasi dalam pelayanan semaksimal mungkin.

"Dengan semangat hari jadi Kabupaten Labuhanbatu Selatan yang ke 14, mari kita wujudkan masyarakat Labuhanbatu Selatan yang sejahtera dan bermartabat," ujar Wabup.

Disebutkan, Salah satu misi kab. Labuhanbatu Selatan mewujudkan pelayanan kesehatan yang bermutu, terjamin, terjangkau, merata dan berkeadilan agar sedapat mungkin dilakukan secara terpadu.

Lebih jauh dikatakan, Capaian Vaksinasi dosis 3 di kabupaten Labuhanbatu Selatan masih rendah, Wabup mengimbau kepada seluruh pimpinan OPD dan masyarakat untuk bekerja sama mencapai target Vaksinasi.

"Pemerintah saat ini sedang menggalakkan bulan imunisasi anak nasional, pemberian imunisasi tambahan campk rubela, imunisasi kejar pada anak usia 15 tahun yang belum mendapatkan imunisasi lengkap," tutup Wabup.
Pengukuhan tesebut merupakan hasil musyawarah nasional (MUNAS) ke-1 yang diselenggarakan di Hotel Mercure Ancol Jakarta, Sabtu (16/07/2022).

Munas AKPSI Ke-1 ini dimulai dari tanggal 15-17 Juli 2022 dan diikuti oleh seluruh kades dari kepala daerah yang menjadi anggota AKPSI.

Bupati H. Edimin dikukuhkan langsung oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian, yang juga dihadiri Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, dan pengurus APKSI dari seluruh wilayah Indonesia.

Mendagri Muhammad Tito Karnavian dalam sambutannya mendesak organisasi AKPSI untuk membuat konsep janka pendek hingga dapat menyelesaikan persoalan yang terjadi.

Untuk jangka panjang, Menteri Tito Karnavian juga berharap Organisasi AKPSI melakukan penguatan dalam hal tekhnis.
Selamat adik-adik untuk mengikuti Jambore Daerah Sumatera Utara yang akan berlangsung dari tanggal 15 sd 20 juli 2022 di Sibolangit Kabupaten Deliserdang.

Jaga nama baik Kabupaten Labuhanbatu Selatan kita ini ditingkat Provinsi maupun tingkat Nasional mendatang.

Hal itu disampaikan Wakil Bupati Labuhanbatu Selatan H Ahmad Padli Tanjung, S.Ag saat melepas 89 anggota pramuka Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Labuhanbatu Selatan mengikuti perkemahan Jambore Daerah Sumatera Utara Tahun 2022 menuju Perkemahan Sibolangit - Kabupaten Deli Serdang, Jln. MH Thamrin, Rabu (13/07/22)

"Terus semangat dan tak lupa untuk tetap menjaga kesehatan", ucap Wabup

Semoga Pramuka tetap eksis mendidik para tunas muda bangsa menjadi generasi harapan masa depan Indonesia dengan disiplin dalam bertindak, tidak gentar menghadapi rintangan, selalu peduli dan siap berkorban untuk sesama.