BERITA

Wakil Bupati Labuhanbatu Selatan, H. Ahmad Padli Tanjung, S.Ag menyampaikan nota keuangan atas rancangan perubahan APBD Kabupaten Labuhanbatu Selatan TA 2022 dalam rapat paripurna yang digelar di gedung Dewan, Rabu (24/08/2022).

Wabup mengatakan, Proses penyusunan rancangan perubahan APBD TA 2022 yang dituangkan dalam program, kegiatan dan sub kegiatan berpedoman pada perubahan Rencana Kerja pembangunan Daerah (RKPD) Kab. Labuhanbatu Selatan TA 2022 yang ditindaklanjuti dengan kesepakatan bersama antara Pemerintah Daerah dengan DPRD melalui nota kesepakatan tentang perubahan kebijakan umum APBD serta PPAS.

"Secara teknis dan substansi, penyusunan rancangan perubahan APBD tahun anggaran 2022 tetap berpedoman pada Permendagri nomor 27 tahun 2021, mengacu pada prinsip anggaran yaitu tertib, efesien, ekonomis, efektif, transparan dan bertanggungjawab dengan memperhatikan rasa keadilan, manfaat untuk masyarakat dan patuh pada peraturan perundang-undangan," ujar Wabup.

Disebutkan, Perubahan APBD dikarenakan perkembangan yang tidak sesuai dengan asumsi KUA, menurut Wabup harus dilakukan pergeseran anggaran antar organisasi, unit organisasi, antar program, kegiatan,  sub kegiatan dan antar jenis belanja.

Wabup menyebutkan, Rancangan perubahan APBD yang diajukan belum sepenuhnya dapat memenuhi harapan semua pihak, untuk itu diperlukan pengkajian dan pembahasan bersama agar APBD TA 2022 benar benar memberikan manfaat yang sebesar-besarnya kepada seluruh masyarakat Labuhanbatu Selatan.
Danrem 022/Pantai Timur, Kolonel Inf. Luqman Arief. SIP menutup secara resmi Operasi Bhakti TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 114 di Kabupaten Labuhanbatu Selatan.

Penutupan TMMD ke 114 digelar di Desa Aer Merah, Kecamatan Kampung Rakyat Rabu, (24/08/2022).

Turut pada penutupan tersebut, Wakil Bupati Labuhanbatu Selatan H Ahmad Padli Tanjung, S.Ag. Forkopimda Labuhanbatu Selatan, Pimpinan OPD, Camat Kampung Rakyat, Pimpinan Perusahaan Labuhanbatu Selatan, dan masyarakat.

Danrem 022/ Pantai Timur, Kolonel Inf. Luqman Arief. SIP mengatakan pelaksanaan Operasi Bhakti TMMD ke 114 diharapkan dapat meningkatkan semangat kebersamaan, gotong royong serta kemanunggalan TNI dan Rakyat dalam mengakselerasikan program pemerintah guna kesejahteraan masyarakat.

Dikatakan, Selama satu bulan, sejak 26 Juli hingga 24 Agustus, para prajurit, pemerintah dan masyarakat telah bahu membahu menyelesaikan program TMMD.

Disebutkan, Kebersamaan tersebut merupakan sinergitas yang positif antara TNI, pemerintah dan Rakyat  dalam mengantisipasi berbagai persoalan bangsa.

"Selaku penanggungjawab operasional TMMD, saya mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak dan masyarakat yang telah membantu secara moral dan materil, sehingga dalam pelaksanaanya dapat aman dan lancar," ungkap Danrem.

Lebih jauh disebutkan, TMMD ke 114 tahun 2022 di Kab. Labuhanbatu Selatan, telah dikerjakan secara fisik pembangunan dan perbaikan infrastruktur, diantaranya pembukaan badan jalan dari dusun Gariang Desa Aer merah menuju Dusun tanah putih Desa teluk Panji sepanjang 4, 73 Km.

Pembukaan badan jalan dari Dusun Batang Saponggol menuju Desa Aer Merah sepanjang 6,130 Km, dan pembangunan Tugu TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD).

Selain pembangunan fisik, turut dilakukan pembangunan non fisik berupa sosialisasi kepada masyarakat tentang bela negara, tentang hukum, Kamtibmas, narkoba, konten teroris dan radikal dan pengetahuan sosial media.

Menurut Danrem, Kegiatan tersebut dibutuhkan untuk memperkokoh jiwa dan semangat patriotisme untuk mendukung program pemerintah tentang percepatan pembangunan kamtib, ketahanan pangan dan kesehatan.

Senada dengan itu, Bupati Labuhanbatu Selatan, H. Edimim mengapresiasi dan berterimakasih kepada jajaran TNI atas pelaksanaan kegiatan TMMD di Kabupaten Labuhanbatu Selatan tahun 2022.

Bupati berharap, Pelaksanaan Operasi Bhakti TNI Manunggal Membangun Desa dapat dilaksanakan pada pada tahun anggaran berikutnya.
DiskominfoLabuhanbatuSelatan-Pemerintah Kabupaten Selatan menggelar Upacara Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia (HUT RI) ke 77 di Lapangan Santun Berkata Bijak Berkarya (SBBK) Kota Pinang, Selasa (17/08/22).

Bertindak sebagai Inspektur Upacara Bupati Labuhanbatu Selatan H. Edimin, sedangkan Komandan Upacara Letda Inf Mahyudin Siregar, dan Perwira Upacara Kapten CZI PH. Purba.

Upacara diawali dengan penaikan bendera merah putih oleh Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) Labuhanbatu Selatan, yang berjumlah 70 siswa siswi tingkat SMA dari lima kecamatan se-Kabupaten Labuhanbatu Selatan.

Bertindak sebagai Komandan paskibra Labuhanbatu Selatan pada HUT RI ke-77, Arif Riki Nasution siswa SMA 2 Torgamba.

Upacara Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke 77 berjalan dengan lancar dan khitmat.

Turut hadir, Wakil Bupati Labuhanbatu Selatan H. Ahmad Padli Tanjung, S.Ag, Ketua DPRD Labuhanbatu Selatan, Anggota DPRD Labuhanbatu Selatan, FORKOPIMDA, Sekretaris Daerah Labuhanbatu Selatan Heri Wahyudi M, S.STP M.AP,. Para Asisten, Staff Ahli Bupati dan Pimpinan OPD, Ormas, Organisasi Kepemudaan, serta tamu undangan lainnya.
Diskominfo Labuhanbatu Selatan-Bupati Labuhanbatu Selatan, H. Edimin mengukuhkan personil Pasukan Pengibar Bendera (PASKIBRA) Kabupaten Labuhanbatu Selatan tahun 2022.

Pada pengukuhan tersebut Bupati, H. Edimim bertindak sebagai inspektur upaca yang dilaksanakan di pendopo rumah Dinas Bupati, Desa Hadundung, Kec. Kotapinang, Selasa (16/08/2022).

Pengukuhan Paskibra diawali dengan pembacaan pengantar pengukuhan dari Pembina Paskibra tahun 2022.

Turut dilakukan pemasangan kendit dan penyematan lencana oleh Pembina upacara secara simbolis kepada Pemimpin upacara yang bertugas sebagai Komandan Barisan.

Turut hadir, Wakil Bupati H. Ahmad Padli Tanjung, S.Ag, Unsur Forkopimda Kab. Labusel, Sekretaris Daerah Heri Wahyudi M, S.STP M.AP,. Para Asisten, Staff Ahli Bupati dan Pimpinan OPD, Ketua Tim Penggerak PKK Labusel, orang tua/wali anggota paskibraka, serta tamu undangan lainnya.(Kominfo).
DiskominfoLabuhanbatuSelatan-Bupati Labuhanbatu Selatan H. Edimin resmi menutup Pameran Pembangunan Hari Jadi Kabupaten Labuhanbatu Selatan ke-14 tahun 2022 di Lapangan Gedung Santun Berkarya Bijak Berkata (SBBK) Kotapinang, Senin (15/08/2022).

Pameran Hari Jadi yang digelar selama tiga hari tersebut menyuguhkan hasil kerajinan yang merupakan hasil karya terbaik yang ditampilkan di berbagai stand OPD maupun hasil kerajinan buah tangan masyarakat Labuhanbatu Selatan.

Pada kesempatan itu, Bupati  mengucapkan terimakasih kepada semua unsur terkait dan seluruh warga Labuhanbatu Selatan yang telah mendukung serta turut mensukseskan Perayaan hari jadi Kabupaten Labuhanbatu Selatan.

"Saya atas nama Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu Selatan mengucapkan terima kasih kepada dinas, instansi, pimpinan perusahaan BUMN dan swasta, perbankan, pelaku UKM, semua pihak yang terkait dan seluruh masyarakat Labuhanbatu Selatan yang turut serta mensukseskan dan menyemarakkan pameran dan pembangunan daerah Kabupaten Labuhanbatu Selatan tahun 2022," Ucap Bupati.

Bupati H. Edimin mengatakan, walaupun dalam pelaksanaanya yang singkat, dengan terselenggaranya kegiatan tersebut diharapkan membawa manfaat serta dapat menghibur masyarakat Labuhanbatu Selatan.

Lebih lanjut, Bupati H. Edimin mengimbau untuk menjadikan kegiatan yang digelar sebagai  momentum untuk terus memelihara dan menjaga segala bentuk pembangunan yang ada, serta dapat menumbuh kembangkan nilai-nilai kearifan lokal di Kabupaten Labuhanbatu Selatan.

Bupati berharap, kegiatan yang menjadi agenda tahunan Pemerintah Kabupaten tersebut agar dapat ditingkatkan kualitasnya pada pelaksanaan di tahun-tahun yang akan datang.

Turut hadir, Wabup Labuhanbatu Selatan, H. Ahmad Padli Tanjung S.Ag, Ketua DPRD Labuhanbatu Selatan, Ediy Parapat, Dandim 0209/LB, Letkol Inf. Muhammad Faizal Rangkuti, S.IP, M.IP, Kapolres Labuhanbatu, AKBP. Anhar Arlia Rangkuti, S.I.K, Sekretaris Daerah Labuhanbatu Selatan, Heri Wahyudi M, S.STP, M.AP, Kapolsek Kotapinang, Koramil 02 Kotapinang, Kajari Labuhanbatu Selatan, Ormas/OKP, Masyarakat, dan undangan lainya. (Kominfo)
Bupati Labuhanbatu Selatan H. Edimin bersama Wabup Labuhanbatu Selatan H Ahmad Padli Tanjung, S.Ag membuka acara pameran pembangunan dalam rangka peringatan hari jadi Kabupaten Labuhanbatu Selatan ke-14 di Halaman Gedung Santun Berkata Bijak Berkarya, Sabtu (13/08/2022).

Bupati H. Edimin dalam sambutannya mengatakan peringatan hari jadi Kabupaten Labuhanbatu Selatan ini diselenggarakan merupakan ajang promosi sekaligus wahana hiburan rakyat yang meriah.

Lebih lanjut, Bupati H. Edimin menyebutkan pameran pembangunan dalam peringatan hari jadi Kabupaten yang ke 14 ini patut disambut gembira oleh masyarakat.

"prakarsa untuk mengadakan pameran pembangunan ini patut disambut dengan gembira dan dihargai sebagai salah satu media atau wahana informasi dan komunikasi timbal balik antara masyarakat dan pemerintah," ucap Bupati

Bupati juga berharap masyarakat berperan aktif dalam mendukung program-program pemerintah baik sedang dan akan dilaksanakan.

Tidak lupa, Bupati mengajak seluruh hadirin memanfaatkan acara ini sebagai momentum membina kerukunan sehingga tetap terbina rasa persatuan dan kesatuan ditengah-tengah masyarakat Labuhanbatu Selatan.

Usai memberikan kata sambutan, Bupati H. Edimin bersama Wabup H. Ahmad Padli Tanjung, dan ketua DPRD Ediy Parapat melakukan gunting pita sebagai simbolis secara resmi dibukanya kegiatan pameran pembangunan.

Turut hadir Wabup H. Ahmad Padli Tanjung, S.Ag, Ketua DPRD Labusel Ediy Parapat, FORKOPIMDA Labuhanbatu Selatan, Kabagrem Kompol Khoriun Hutahuruk, Sekretaris Daerah Heri Wahyudi M, S.STP M.AP, Para Asisten dan Staff Ahli Bupati dan Pimpinan OPD, Ketua Tim Penggerak PKK Labuhanbatu Selatan, Kakan Kemenag Labuhanbatu Selatan, seluruh OKP, serta tamu undangan lainnya.
DiskominfoLabuhanbatuSelatan-Bupati Labuhanbatu Selatan, H. Edimin menyambut kedatangan Tim Pengawas dan Evaluasi (WASEV) Mabes TNI, Mayjen Ilyas Alamsyah Harahap dan rombongan di Desa Air Merah, Kec. Kampung Rakyat, Kamis (11/08/2022).

Kedatangan Tim Wasev tersebut dalam rangka meninjau pelaksanaan Operasi Bhakti TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 114 Kodim 0209/LB di kecamatan Kampung Rakyat Kabupaten Labuhanbatu Selatan.

Pada kesempatan tersebut, Bupati, H. Edimin mengapresiasi kegiatan yang dilakukan jajaran TNI serta berterimakasih kepada seluruh unsur masyarakat kec. Kampung Rakyat atas dukungan pelaksanaan pembangunan di Kabupaten Labuhanbatu Selatan.

"Kami dari pemerintah Kabupaten Labuhanbatu Selatan siap menerima aspirasi, gagasan ataupun pandangan apa yang harus kami buat di kabupaten Labuhanbatu Selatan dari TNI dimasa yang akan datang," sebut Bupati.

Bupati berharap, Operasi Bhakti TMMD dapat dilaksanakan secara berkelanjutan di masa yang akan datang untuk peningkatan jalan penghubung antara Desa Parimbunan menuju Desa Marsonja di Kecamatan Sungaikanan.

Pada kegiatan tersebut, Tim Wasev dan rombongan menyerahkan tali asih kepada masyarakat, selanjutnya meninjau lokasi sasaran fisik TMMD dan Posko TMMD di Desa Air merah.

Pada pelaksanaan kegiatan tersebut turut serta dihadiri oleh, Kasdam I/BB Brigjen TNI Rifky Nawawi, SE., S.IP, Danrem 022/PT Kolonel Inf Luqman Arief S.I.P, Kabag bakti TNI Sterad Letkol Inf Sonny Maramis, A.M.D, Dandim 0209/LB Letkol Inf M. Faizal Rangkuti, S.IP., M.IP, Pabandya Komsos Mayor Inf Eko, Kasiter Rem 022/PT Mayor Inf Fahrul Muhadi, Kasdim 0209/LB Mayor Inf Hendra Gunawan, Mewakili Bupati Labuhanbatu, Asisten l Sarimpunan Ritonga, Mewakili Ka Bappeda Labura, Ka Bappeda Labuhanbatu, Kajari Labuhanbatu Ricky, Mewakili Kapolres Labuhanbatu Kompol Hermansyah, Dantim intelrem 022/PT Kapten Inf J Sipayung, Danunit Intel Kodim 0209/LB Lettu Inf Aswin dan Paur Pen Rem 022/PT Letda Inf Subardi, Asisten dan Staf Ahli Bupati, Pimpinan OPD Labuhanbatu Selatan, Camat Kampung Rakyat, dan undangan lainya. (Kominfo)
Bupati Labuhanbatu Selatan H. Edimin hadiri panen raya buah semangka di Desa Beringin Jaya Kecamatan Torgamba, Rabu (10/08/2022).

Kebun semangka tersebut merupakan milik kelempok tani Bima dikelola dengan cara tumpang sari memanfaatkan lahan kebun sawit dalam masa peremajaan.

Dalam kesempatan ini, Bupati H. Edimin berbincang-bincang dengan petani dan mengatakan apa yang diperlukan kelompok tani tersebut agar membuat pengajuan ke pemkab.

Bupati berharap kegiatan bertani dengan sistem tumpang sari ini bisa menjadi contoh bagi warga Labusel, mengingat kegiatan menanam seperti ini akan menambah pendapatan para petani sehingga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat.

Bupati H. Edimin didampingi Ketua TP. PKK Ny. Hj. Darni berkesempatan memetik langsung buah semangka dan mencicipinya.

Selain panen semangka, Bupati juga menyerahkan bantuan dari Pemkab Labusel kepada Kompol tani berupa benih tanaman.

Setelah panen semangka, Bupati meninjau jalan protokol Desa Beringin Jaya yang baru saja diaspal.
Sekretaris Daerah Heri Wahyudi M, S.STP M.AP pimpin apel gabungan Pemkab Labuhanbatu Selatan di kantor Bupati, Desa Sosopan Kec. Kotapinang, Senin (08/08/2022).

Dalam arahannya Sekretaris Daerah Labuhanbatu Selatan Heri Wahyudi M, S.STP, M.AP berharap kepada seluruh ASN dan PPPK agar mempedomani Peraturan Pemerintah tentang kedisiplinan, kembali kepada tupoksi masing-masing sehingga pelayanan prima kepada masyarakat dapat diwujudkan.

Selain itu Sekda mengimbau agar saling mendukung dan bekerja sama dalam menyiapkan program OPD masing-masing.
Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu Selatan menggelar Peringatan Tahun Baru Islam 1444 Hijriah yang dilaksanakan di Aula Kantor Bupati, Jumat (05/08/2022).

Hadir pada peringatan tersebut, Bupati Labuhanbatu Selatan, H. Edimin, Asisten dan staf ahli, Pimpinan OPD, Pimpinan Ormas/OKP dan Undangan lainnya.

Pada kesempatan itu, Wakil Bupati Labuhanbatu Selatan, H Ahmad Padli Tanjung, S.Ag mengatakan, dalam  memperingati tahun baru Islam, 1 Muharram 1444, slaah satu makna yang dapat diambil yakni semakin menguatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT.

Dikatakan, makna 1 Muharram menjadi pengingat akan pentingnya akhlak mulia bagi umat manusia, yang dikarenakan kedudukan ilmu lebih tinggi dari pada ilmu.

"Kita seharusnya mampu meneladani konsep hijrah Rasulullah SAW yang bukan hanya perpindahan dari Mekkah ke Madinah, namun lebih dari itu momentum bagi kita untuk berhijrah, dari yang kurang baik lebih baik kedepannya," ujar Wabup.

Disebutkan, Akhlak mulia akan jadi pendorong untuk dapat terus berbuat baik, menebar kebaikan kepada khalayak ramai yang akan dirasakan manfaatnya untuk kemaslahatan umat.

"Barang siapa yang hari ini lebih baik dari kemaren maka ia termasuk orang yang beruntung, Barang siapa yang hari ini sama dengan kemaren maka ia adalah orang yang merugi, Barang siapa yang hari ini lebih jelek dari kemaren maka ia terlaknat," tandas Wabup mengutip Sabda Rasulullah SAW.

Selain itu, peringatan tahun baru Islam yang digelar di isi tausiyah oleh Ustadz Idris Aritonang, S.Sos.I, pemberian santunan terhadap anak yatim dan masyarakat yang kurang mampu serta kegiatan lainnya.
Wakil Bupati Labuhanbatu Selatan H Ahmad Padli Tanjung, S.Ag hadiri kegiatan sosialisasi hari menabung dan Program Satu Rekening Satu Pelajar di Pondok Pesantren Tarbiyah Islamiyah Desa Hajoran, Kecamatan Sungai Kanan, Kamis(4/8/2022).

Dalam sambutannya Wabup H Ahmad Padli Tanjung, S.Ag mengajak seluruh santri/santriwati yang menuntut ilmu di pondok pesantren untuk membudayakan sifat gemar menabung, hal ini sesuai dengan ajaran Islam yang mengajarkan untuk kita tidak boros dan mampu mengatur ekonomi dengan baik semenjak dini,ucapnya.

Lebih lanjut Wabup menegaskan kepada seluruh santri/santriwati untuk terus memacu semangat belajar dalam meraih cita-cita, karena kendati kita  bersekolah di pesantren namun ilmu yang kita dapatkan tidak kalah dengan mereka yang sekolah di pendidikan umum, tegasnya.

Dihadaapan 500 orang santri dan dewan guru M.Doly Wijaya Kabag perekonomian Setdakab Labuhanbatu Selatan hadir sebagai tim pemateri bersama  kepala BRI unit Langga payung.

Selain Wabup H Ahmad Padli tanjung, S.Ag acara tersebut juga di hadiri kepala BRI Unit Langgapayung Burhanuddin Siregar,para  pimpinan ponpes serta dewan guru.
Bupati Labuhanbatu Selatan H. Edimin melantik Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama di lingkungan Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu Selatan yang digelar di Aula Kantor Bupati, Kamis (04/08/2022).

Pada kesempatan tersebut Bupati mengatakan agar kepercayaan yang diberikan benar-benar dijaga serta di imbangi dengan kejujuran, keikhlasan dan prestasi dalam bekerja.

Dikatakan, kepada pejabat yang dilantik dibutuhkan suatu keseriusan tanggungjawab moral dan komitmen bersama serta bekerja maksimal dalam memberikan pelayanan kepada seluruh masyarakat Labuhanbatu Selatan.

"Atas nama pribadi dan pemerintah Kabupaten Labuhanbatu Selatan, mengucapkan selamat kepada saudara saudara yang baru dilantik, kiranya amanah dan kepercayaan yang diberikan benar-benar dilaksanakan dengan komitmen dan rasa tanggungjawab tinggi," ujar Bupati.

Selain itu, Bupati menekankan kepada seluruh pejabat di lingkup Pemkab Labuhanbatu Selatan, agar senantiasa menunjukkan dedikasi, loyalitas dan kinerj yang tinggi.

Disebutkan, terkhusus kepada Pejabat Tinggi Pratama akan dilakukan evaluasi terhadap kinerjanya secara berkala.

Evaluasi tersebut sesuai dengan ketentuan yang berlaku dalam sistem 'merit' yang menitikberatkan pada kualifikasi, kompetensi serta kinerja sebagaimana pertimbangan utama dalam pengembangan dan penataan karir pegawai.

Turut hadir, Wakil Bupati Labuhanbatu Selatan H Ahmad Padli Tanjung, S.Ag, Sekretaris Daerah Labuhanbatu Selatan Heri Wahyudi M, S.STP, M.AP, FORKOPIMDA, para Asisten dan Staf Ahli Bupati, Pimpinan OPD Labuhanbatu Selatan, dan undangan lainya.