BERITA

Bupati H. Edimin berikan pembekalan kepada peserta KKN UIN Sumatera Utara dan KKL UIN Syahada Padang Sidimpuan di Halaman Kantor Bupati Labuhanbatu Selatan, Sosopan, Jumat (15/07/2022).

KKN dan KKL merupakan kegiatan mahasis/i yang mendekati akhir semester. Program ini juga sebagai salah satu syarat kelulusan yang dimana dalam pelaksanaannya para peserta KKN dan KKL melakukan pengabdian kepada masyarakat.

Sebelum memberikan pembekalan Oleh Bupati, acara dimulai dengan pembacaan ayat suci Al-qur'an oleh Novita Syahri Ani Siregar, dilanjutkan menyanyikan lagu Indonesia raya dipandu Khodijah Harahap, kata sambutan koordinator Kabupaten Labusel KKL UIN Syahada Padang Sidimpuan dan dilanjutkan kata sambutan Dr. Hj. Asfiati, S. Ag, M.Pd Sekretaris Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) mewakili Rektor UIN Syahada Padang Sidimpuan.

Kemudian Kata Sambutan Oleh Bupati Labuhanbatu Selatan H. Edimin, sekaligus berikan arahan dan bimbingan serta pelepasan peserta KKN UIN Sumatera Utara dan KKL UIN Syahada Padang Sidimpuan tahun 2022.

Bupati H. Edimin berharap kepada peserta KKN dan KKL sebagai calon sarjana dapat menyumbangkan fikirannya dalam program pengabdian kepada masyarakat.

Tidak lupa. Bupati H. Edimin juga mendoakan seluruh peserta KKN dan KKL agar kelak meraih kesuksesan menggapai cita-cita.

Sebelum acara berakhir dilakukan pembacaan doa yang dipimpin oleh Hanafi Ilba. Acara ditutup dengan prosesi foto bersama Bupati dan seluruh peserta KKN dan KKL.
Tim FOSSBI U-16 asal Kabupaten Labuhanbatu Selatan di lepas Bupati Labuhanbatu Selatan H Edimin untuk mengikuti Kejurda FOSSBI Sumatra Utara, kamis (14/07/22) 

Sebanyak 20 pemain dan 5 official di lepas Bupati H Edimin di Pendopo rumah dinas Bupati Labuhanbatu Selatan. 

Kejurda FOSSBI Sumatra Utara akan dilaksanakan di stadion Pardede Medan dari tanggal 15-17 Juli 2022

"Sepakbola merupakan olahraga favorit bagi semua daerah termaksud di Kabupaten Labuhanbatu Selatan", ucap Bupati

Bupati berharap kepada official maupun pemain agar dapat memberikan yang terbaik untuk Kabupaten Labuhanbatu Selatan

"Kalah menang hal yang biasa, bersikap profesional hal yang utama, junjung tinggi sportifitas insyaallah piala akan dapat di bawah ke Kabupaten tercinta ini", ungkap Bupati
Bupati Labuhanbatu Selatan H. Edimin menghadiri acara penilaian lomba desain batik khas daerah Kabupaten Labuhanbatu Selatan di Aula Command Center, Senin (11/07/2022).

Dalam arahan dan bimbingannya, Bupati H. Edimin meminta kepada dewan juri agar melakukan penilaian secara profesional tanpa ada unsur nepotisme dalam memberikan nilai kepada peserta.

Penilaian lomba desain batik diikuti 10 finalis yang dimana sebelumnya telah mengikuti tahap seleksi awal dan memenuhi persyaratan ke tahap selanjutnya.

Pada tahapan ini, 10 finalis diwajibkan untuk mempersentasikan hasil karya desain batik masing-masing, penjelasan dalam persentasi mulai dari konsep batik, filosofis yang terkandung dalam motif batik tersebut dan lain-lain.

Sebagai bentuk apresiasi, 10 finalis mendapatkan bingkisan dan plakat atas partisipasi dan pencapaian ke tahap ini.
Pemkab Labuhanbatu Selatan melaksanakan penyembelihan hewan qurban Idul Adha 1443 H di halaman kantor dinas PUPR Desa Sosopan, Kec. Kotapinang, Senin (11/07/2022).

Pada kesempatan tersebut, Bupati H. Edimim mengatakan, Pemkab Labuhanbatu Selatan telah menyiapkan sebanyak 56 ekor lembu untuk disembelih. 

"Alhamdulillah Qurban tahun ini kita menyiapkan sebanyak 55 ekor, dan 1 ekor lembu dari bank Sumut untuk disembelih, "ungkap Bupati.

Bupati menjelaskan dari 56 ekor lembu yang di sembelih, 21 ekor hewan qurban  akan di salurkan pada tiap-tiap kecamatan yang ada di Kabupaten Labuhanbatu Selatan.

"Sebanyak 35 ekor lembu kita sembelih di sini, sedangkan 21 ekor lagi kita salurkan ke tiap-tiap Kecamatan di Labuhanbatu Selatan, "tandas Bupati.
Masyarakat Labuhanbatu Selatan Laksanakan sholat Idul Adha 1443 H Bersama Bupati di Lapangan SBBK, minggu (10/07/22) 

Adapun yang menjadi petugas pelaksanaan Idul Adha hari ini adalah imam ustaz  M. Bangkit Harahap dan khotib ustaz Khusoi Lubis serta bilal Jalalluddin Rambe. 

Sambutan Bupati diwakilkan H Ahmad Padli Tanjung mengatakan moment nabi Ibrahim sebagai inspirasi hari raya qurban sebagaimana perintah nabi. 

Begitu banyak berkah dan pelajaran yang didapatkan dari sejarah hari raya Qurban ini, semoga kita semua bisa dan mampu melakukan hal yang sama di tahun yang akan datang.

Harapan kita pelaksanakan Idul Adha bukan hanya serimonial saja namun kedepannya kita akan menjadi orang-orang yang taat pada perintahnya dan menjauhi segala larangnya, ungkap Wabup. 

"Intinya Idul Adha memperbaiki hubungan kita secara vertikal kepada Allah dan Horizontal dengan manusia, mulus dengan Allah thulus dengan masyarakat" katanya.

Saat khotbah khotib ustaz Khussoi menyatakan pedekatan kepada Allah SWT wajib dan harus kita lakukan karena segala isi didunia ini Allah yang menciptakan.

Dari itu ada tujuh anggota tubuh kita yang selalu bersama dan harus dijaga, Pertama Mata, penglihatan dari dua mata kita diberikan pandangan terhadap yang baik riwayat hadis mengatakan ada dua mata yang dihindarkan Allah dari siksa api neraka, yakni mata yang menangis ketakukan karena dosa dan mata yang terjaga demi jihat dijalan-nya (HR Tirmidzi). 

Kedua Telinga, pendengaran, kita harus selalu menjaga kedua telinga kita dari pendengaran yang baik dan tidak menyesatkan.

Ketiga Lidah, mulut dan lidah mari kita jaga dengan kata-kata yang benar dan menyenangkan, menjaga lidah agar tidak ghibah atau mengumpat "diam adalah emas".

Keempat perut, menjaga perut dari memakan makanan yang haram dan syubhat, maka manuasia diwajibkan berusaha mencari makanan yang halal.

Kelima menjaga kemaluan dari sesuatu yang diharamkan Allah SWT, manusia tidak dapat menjaga kemaluan kecuali dengan menjaga mata dari melihat yang haram dan menjaga hati agar berfikir yang bukan-bukan.

Keenam menjaga tangan, sering kali tangan kita berbuat kesalahan mengambil yang bukan hak kita mari kita bersihkan melalui kehormatan yang diberikan. 

Ketujuh diberi kedua kaki, begitu juga dengan kaki akan ditanyak Allah kepada kita kemana kita langkahkan kedua kaki kita selama didunia.

Disamping itu Bupati H Edimin mengatakan untuk moment sholat hary raya seperti Idul Adha ini kita lakukan berpindah-pindah disetiap Kecamatan yang ada dilabusel, insyah Allah hari ini diIdul Adha 1443 H ini kita laksanakan di Kotapinang ibu kota Labusel. 

Mungkin ditahun depan kita berpindah ke Kecamatan yang lain, kalaupun ada masyarakat saya meminta Bupati harus sholat di ibu kotanya Labusel setiap moment lebaran, ini wajar-wajar saja nanti kita pertimbangkan" kata Bupati.

Terpenting kita harus jaga keakraban sesama manusia serta jaga silahtuhrahmi kepada umat beragama karena kita adalah mahluk yang tak luput dari dosa, insyah Allah kemauan masyarakat yang baik adalah kemauan kita sebagai pemimpin.
Bupati Labuhanbatu Selatan H Edimin buka sosialisasi Sumut link di aula kantor BAPPEDALITBANG Labuhanbatu selatan, kamis (30/06/22).

Dalam arahannya Bupati H Edimin menyampaikan kepada seluruh peserta untuk dapat mengikuti sosialisasi ini dengan baik, mengingat Bank Sumut adalah mitra pemerintah dalam upaya membangun Labuhanbatu selatan.

Lebih lanjut Bupati berharap kiranya kepada Bank Sumut selaku penyelenggara kegiatan agar senantiasa dapat memberikan kemudahan kepada masyarakat Labuhanbatu Selatan khususnya  dalam hal simpan pinjam hal ini karena Bank Sumut adalah mitra pemkab.

Acara yang digelar di kantor BAPPEDALITBANG tersebut diikuti seluruh camat, lurah dan kepala desa se Labuhanbatu selatan.

Diakhir acara pimpinan Bank Sumut Alamsyah dipanegara memberikan kesempatan kepada peserta untuk turut serta menjadi agen Sumut link di wilayah kerjanya masing masing dalam memberikan kemudahan pelayanan bagi masyarakat dalam mewujudkan Labuhanbatu Selatan yang sejahtera dan bermartabat.
Kabupaten layak anak dilakukan untuk menjamin pemenuhan hak-hak anak. Pembangunan kabupaten layak anak juga telah terintegrasi ke dalam undang-undang nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah, bahwa urusan pemerintah di bidang perlindungan anak merupakan urusan wajib yang harus dilakukan oleh pemerintah didukung oleh masyarakat, media, dan dunia usaha sebagai empat pilar pembangunan anak.

Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu Selatan mengikuti tahapan verifikasi lapangan hybrid (VLH) evaluasi kabupaten layak anak (KLS) tahun 2022.

Agenda VLH ini digelar oleh kementerian Tim Evaluasi Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI.

Turut hadir mengikuti secara vitual Bupati H. Edimin, Unsur Forkopimda, Pimpinan OPD, TP. PKK Labusel, Camat, Kepala Desa, Dinas PPPA Provinsi Sumut, Kepala Cabang Bank Sumut, Ketua Lembaga perlindungan Anak dan insan pers di Aula Command Center, Kamis (23/06/2022).

Bupati H. Edimin dalam sambutannya mengatakan sangat berharap pada tahun 2022 Kabupaten Labuhanbatu Selatan dapat meraih predikat kabupaten layak anak tingkat pratama.

Bupati H. Edimin berharap kegiatan ini dapat dijadikan sebagai sarana untuk mendukung komitmen pemerintah daerah dalam upaya pengembangan kabupaten layak ana serta meningkatkan koordinasi semua pihak dalam upaya pemenuhan hak anak serta perlindungan anak yang dilakukan secara berkesinambungan dan berkelanjutan.

Dalam kegiatan ini dilakukan tanya jawab antara Tim Evaluasi Kementerian PPPA dengan berbagai unsur peserta yang mengikuti VLH.

Tim Evaluasi juga mengapresiasi penjelasan yang diberikan pertanyaan dan menyarankan agar disesuaikan dengan laporan lanjutan.
Dengan semangat kebersamaan dalam membangun Labuhanbatu Selatan yang sama kita cintai, Pemkab terus melakukan berbagai upaya untuk melaksanakan kewenangan yang lebih luas secara transparan, akuntabel dan tanggap pada setiap proses pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan.

Dengan demikian diharapkan pelayanan terhadap masyarakat akan semakin mudah terlayani dengan baik, mengutamakan motto Santun Berkata Bijak Berkarya untuk mempercepat dan mempermudah pelayanan publik, berkomitmen mempercepat penerapan e-government di Kab. Labuhanbatu Selatan.

Hal itu dikatakan Wakil Bupati Labuhanbatu Selatan, H. Ahmad Fadly Tanjung, S.Ag pada kunjungan DPRD Sumut dapil VI di Kotapinang Kab. Labuhanbatu Selatan, Rabu (22/06/2022)

Dikatakan, untuk yang ke sembilan kalinya secara berturut-turut, Kabupaten Labuhanbatu Selatan menerima penghargaan berupa pemberian opini wajar tanpa pengecualian dari BPK RI perwakilan Sumut atas LKPD tahun 2021.

"Opini WTP yang di raih merupakan hasil kita semua masyarakat Labuhanbatu Selatan, semoga opini WTP dari BPK RI ini dapat kita pertahankan dimasa yang akan datang," ungkap Wabup.

Lebih jauh dikatakan, Pada bidang pembangunan infrastruktur dan pengembangan wilayah, berkomitmen meningkatkan sarana dan prasarana,  menurut Wabup, pengembangan wilayah telah menunjukkan hasil yang lebih baik ditandai dengan semakin terbuka dan terjangkaunya akses di lima kecamatan.

"Semua gambaran keberhasilan bukanlah perjuangan pemerintah semata, melainkan sinergi antara masyarakat dengan pemerintah, terimakasih kepada seluruh komponen masyarakat yang telah bahu membahu membangun daerah yang kita cintai ini," papar Wabup.

Wabup berharap, dengan kunjungan DPRD Sumut dari dapil VI, sinergi antara Pemprov Sumut, DPRD Sumut dengan Pemkab. Labuhanbatu Selatan yang telah terjalin dengan baik dapat ditingkatkan di masa depan.

"Selamat bekerja, selamat berkarya dan memberikan yang terbaik bagi kemajuan Provinsi Sumatera Utara khususnya Kab. Labuhanbatu Selatan, saya mengucapkan permohonan maaf jika penyambutan dan penerimaan kami kurang berkenan selama berada di Kab. Labuhanbatu Selatan," tutup Wabup.

Turut hadir, Ketua DPRD Sumut beserta rombongan, Ketua dan Pimpinan DPRD Labuhanbatu Selatan, Sekda, Asisten dan staf ahli, Pimpinan OPD dan lainnya.
Wakil Bupati Labuhanbatu Selatan H Ahmad Padli Tanjung, S.Ag hadiri pelepasan 12 (dua belas) orang residen ke panti rehab BRSKPN dalam rangka hari Bhayangkara ke-76 di Lingkungan 4 Labuhan, Kelurahan Kotapinang, Kecamatan Kotapinang, selasa (21/06/22). 

Wakil Bupati Labuhanbatu Selatan H Ahmad Padli Tanjung S.Ag mengucapkan terimakasih kepada Kapolres Labuhanbatu dan jajaran nya yang telah bersinergi menangani Narkoba di Labuhanbatu Induk khususnya di Labuhanbatu Selatan. 

"Saya ucapkan ribuan terimakasih kepada bapak Kapolres Labuhanbatu beserta jajarannya yang telah bersinergi menangani Narkoba di Labuhanbatu Selatan" Ucap Wabup. 

Lebih lanjut Wabup mengatakan Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu Selatan siap membantu kepolisian dalam memerangi Narkoba

"Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu Selatan siap membantu kepolisian dalam memarangi Narkoba, karena Narkoba bukan hanya musuh Kepolisian saja tetapi musuh besar kita bersama". 

Wabup sangat mengapresiasi dengan adanya Posko Kampung Bersinar (Bersih Narkoba) peredaran Narkoba di Labuhanbatu Selatan menurun. 

Kapolres Labuhanbatu AKBP Anhar Arlia Rangkuti, S.I.K. dalam sambutannya mengajak warga daerah setempat untuk ikut Bersama-sama memerangi peredaran narkotika dan obat-obatan terlarang (narkoba). Salah satunya dukungan untuk membentuk kampung tangguh bersih narkoba.

“Bahwa Permasalahan Narkoba ini tidak pandang bulu, tua, muda menjadi korban dari penyalahgunaan Narkoba , Masalah Narkoba ini bukan hanya menjadi tanggung jawab POLRI,  tapi menjadi tanggung jawab Bersama, diperlukan kerja sama semua Lapisan untuk memberantas Narkoba” Kata AKBP Anhar.

Turut Hadir dalam kegiatan tersebut, Kapolres Labuhanbatu AKBP Anhar Arlia Rangkuti, S.I.K, Kasat Narkoba Polres Labuhanbatu, AKP MARTUALESI SITEPU, SH., MH., Danramil Kota Pinang, MAYOR INF P. SINAGA, Kapolsekta Kotapinang, KOMPOL BAMBANG G HUTABARAT SH, MH,  Kanit Bimmas Polsekta Kotapinang, AKP HENDRA SIAHAAN, KBO Sat Narkoba, IPTU ELIMAWAN SITORUS, SH, Kaban Kesbangpol Kab. Labusel, ZULKIFLI SIREGAR, Team Penilai dari Polda Sumut, AKP BUDI S. GINTING, BNN Kab. Labuhan Batu Raya, P. SIHOTANG, Camat Kotapinang, BUDI KUSUMA S.STP, Aktifis dan Pemerhati Narkoba Kab. Labusel Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat.
Bupati Labuhanbatu Selatan H Edimin Hibahkan Lahan 5.000 Meter kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut untuk Kantor Samsat, selasa (21/06). 

Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu Selatan (Labusel) menyerahkan sertifikat tanah hibah seluas 5.000 meter persegi kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut. Lahan ini akan digunakan untuk membangun Kantor Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) Kota Pinang, Kabupaten Labuhanbatu Selatan.

Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi berharap bisa tingkatkan pelayanan ke masyarakat. 

"Tujuan kita untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Dengan gedung baru nanti di atas lahan sendiri  kinerjanya juga harus meningkat," kata Edy Rahmayadi di Rumah Dinas Gubernur Sumatera Utara 

Edy Rahmayadi juga meminta agar penerimaan pajak kendaran di Labuhanbatu Selatan meningkat setelah pembangunan kantor baru Samsat.

"Mudah-mudahan PAD (Pendapatan Asli Daerah) kita meningkat khususnya di Labusel sehingga bisa membantu pembangunan di Sumut," ungkap Edy Rahmayadi.

Menurut keterangan Bupati Labuhanbatu Selatan H Edimin, lahan yang dihibahkan terletak di Komplek Perkantoran Pemerintah Kabupaten Labusel, di Desa Sosopan, Kecamatan Kota Pinang.

Bupati mengatakan pembangunan kantor Samsat ditargetkan akan selesai tahun ini.

"Tahun ini pembangunannya ditargetkan selesai dan mudah-mudahan awal tahun sudah dilaunching. Jadi kita bisa semakin cepat meningkatkan pelayanan kepada masyarakat," ungkap Bupati. 

Sebagaimana tertuang dalam Undang-Undang No. 16 Tahun 1997 tentang statistik, Badan Pusat Statistik (BPS) diamanatkan untuk melaksanakan sensus penduduk sekurang kurangnya sekali dalam sepuluh tahun.

Dalam perjalanannya, sensus penduduk di Indonesia sudah dilaksanakan sebanyak enam kali sejak Indonesia merdeka, yaitu pada tahun 1961, 1971, 1980, 1990, 2000, dan 2010. Sensus Penduduk 2020 (SP2020) merupakan sensus penduduk yang ketujuh.

Selain amanat undang-undang, penyelenggaraan sensus penduduk juga direkomendasikan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang dituangkan dalam "Principles and Recommendations for Population and Housing Censuses" (UN, 2008).

Kekuatan data sensus penduduk terletak pada kemampuannya menyediakan statistik dasar secara komprehensif dengan beragam kompleksitas perubahannya sampai wilayah administratif terkecil.

Data sensus penduduk juga bermanfaat sebagai dasar menghitung parameter-parameter kependudukan, pembentukan kerangka sampel, dan penyusunan proyeksi penduduk.

Selanjutnya, data SP2020 juga sangat bermanfaat bagi perencanaan pembangunan baik oleh pemerintah pusat maupun daerah. Sensus Penduduk 2020 merupakan upaya Indonesia untuk menuju satu data kependudukan.

Pelaksanaan SP2020 beralih menggunakan metode kombinasi melalui pemanfaatan data administrasi kependudukan dari Kementerian Dalam Negeri sebagai data dasar dalam pelaksanaan SP2020.

Rangkaian kegiatan SP2020 dilaksanakan ke dalam dua tahapan yaitu pendataan penduduk dengan menggunakan short form dan instrumen lainnya pada tahun 2020 kemudian akan dilanjutkan dengan dengan menggunakan long form pada tahun 2021.

Pada tahapan tahun 2020, pendataan dilakukan dengan Sensus Penduduk Online dan Sensus Penduduk September 2020. Sensus Penduduk September 2020 dilakukan membagi membagi tiga zona wilayah.

Zona 1 adalah wilayah PAPI yang kemudian dilakukan penyesuaian pengumpulan data dengan metode Drop Off Pick Up (DOPU).

Zona 2 adalah ayah CAPl yang pendataannya hanya menggunakan SP2020-DP tanpa pendataan dengan SP2020-C1.

Zona 3 adalah wilayah yang pendataannya tetap menggunakan mekanisme wawancara tatap muka yaitu wilayah Papua dan Papua Barat.

Output dari tahapan di tahun 2022 adalah jumlah penduduk Indonesia yang dirinci ke dalam beberapa variabel. Data data terkait parameter demografi seperti kelahiran, kematian, dan migrasi serta informasi penting lainnya dikumpulkan untuk menghasilkan indikator SDGs dan RPJMN bidang kependudukan.

Dalam rangka mendapatkan parameter demografi yang akurat perlu dilakukan kegiatan sensus penduduk lanjutan dimana pendataan dilaksanakan untuk mengumpulkan data-data yang lebih lengkap tidak hanya terkait parameter demografi, tetapi juga terkait pendidikan, disabilitas, ketenagakerjaan maupun perumahan. Oleh karenanya, dirancang adanya sensus sampel sebagai sensus penduduk lanjutan di tahun 2021 menggunakan kuesioner yang memuat pertanyaan yang lebih banyak dan lebih kompleks atau disebut sebagai pendataan long form SP2020. Kegiatan pendataan long form SP2020 dilakukan pada bulan Agustus hingga September. Kegiatan tersebut diawali dengan pemutakhiran rumah tangga dan pemilihan sampel diikuti dengan pendataan rumah tangga terpilih di seluruh wilayah sampel yang tersebar di Indonesia.

Selain itu, mengingat pentingnya hasil dari pendataan long form ini, maka akan dilakukan kegiatan Penjaminan Kualitas (PK) di dalam rangkaian kegiatan pendataan. Hal ini ditujukan sebagai upaya menjaga kualitas data hasil pendataan long form SP2020.

Pengurus Asosiasi Kabupaten Penghasil Kelapa Sawit Indonesia (APKPSI) menyurati Menteri Bidang Koordinator Kemaritiman dan Investasi Indonesia, Luhut Binsar Panjaitan, di Jakarta, Selasa (14/06/2022).

Asosiasi Kabupaten Penghasil Kelapa Sawit Indonesia (APKPSI) digagas dan didirikan Bupati Kabupaten penghasil kelapa sawit di Indonesia, yang beranggotakan 152 Kabupaten se Indonesia.

Surat bernomor 003/B/APKPSI/VI/2020 tersebut bertujuan permohonan audensi antara Pengurus Asosiasi Kabupaten Penghasil Kelapa Sawit Indonesia dengan Menko Maritim dan Investasi yang diagendakan pada 14 hingga 16/06/2022, (Selasa-Kamis).

Pengurus APKPSI mengharapkan Menko Maritim dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan bersedia menjadi Dewan Penasehat Organisasi serta memberikan masukan dan arahan akan keberadaan organisasi sebagai mitra strategis pemerintah dan perusahaan sawit.

Mendapatkan masukan dalam penataan regulasi mengenai tata kelola sawit nasional. sehingga keberadaan sawit sebagai komoditas strategis lebih maksimal menjadi sumber devisa negara.

Selain itu, Keberadaan sawit khususnya perkebunan sawit agar lebih dirasakan manfaatnya bagi pembangunan daerah dan guna peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Berikut daftar Pengurus Asosiasi Kabupaten Penghasil Kelapa Sawit Indonesia (APKPSI):

• Yus Haidar, Bupati Seruyan, Provisi Kalimantan Tengah, Ketua Umum APKPSI.
• DR. H. Kamsol, MM, Bupati Kampar, Provinsi Riau, Sekjen APKPSI.
• H. Windu Subagio, Bupati Suka Mara, Bendahara Umum.
• H. Mursil, Bupati Aceh Tamiang, Ketua I.
• H. Edimin, Bupati Labuhanbatu Selatan, Ketua II.
• H. Hamswardi, Bupati Pasaman Barat, Ketua III.
• H. Aspan, ST, Bupati Tebo, Ketua IV.
• dr. HM Zairullah Azhar, M.Sc, Bupati Tanah Bumbu, Ketua V.
• H. Malikinnor, SH, MM, Bupati Kota Waringin Timur, Ketua VI.
• Muhammad Asri Anas, Direktur Eksekutif.
• DR. Irsyawati Ayyus, SH, MH, Anggota MPR/DPD RI, Direktur kajian hukum dan advokasi.
• Adhian Noor, S.IP, MAP, Direktur Hubungan Daerah.