BERITA

Wakil Bupati Labuhanbatu Selatan Hadiri Sosialisasi Rencana Aksi Nasional HAM tahun 2015-2016 dan Sosialisasi Desa Sada...

Rabu, 01 Juni 2016

Untuk meningkatkan kesadaran Aparatur Pemerintah Kabupaten akan pentingnya penegakkan Hukum dan Hak Asasi Manusia, Bagian Hukum Setdakab Labuhanbatu Selatan mengadakan Sosialisasi Rencana Aksi  Nasional HAM Tahun 2015-2016 dan Sosialisasi Desa Sadar Hukum Kabupaten Labuhanbatu Selatan yang bertempat di Aula Pertemuan Kantor Bupati Labuhanbatu Selatan Korapinang, Rabu (01/06/2016).

Wakil Bupati Labuhanbatu Selatan Drs. Kholil Jupri Harahap dalam sambutannya menyampaikan bahwa persoalan Hak Asasi Manusia (HAM) bukanlah merupakan isu baru, pelaksanaan Hukum dan HAM ini menjadi persoalan yang serius bahkan di skala Internasional. Upaya penegakkan Hukum dan HAM bukan hanya menjadi tugas dan tanggung jawab Pemerintah Pusat saja dan bukan pula menjadi tugas dan tanggung jawab Pemerintah Daerah saja melainkan hal ini adalah tugas bersama, guna meningkatkan kesadaran akan Hukum dan HAM, perlu dikembangkan dan ditanamkan budaya sadar Hukum sehingga Aparatur Pemerintah lebih menghargai Hak dan kewajibannya sesuai dengan UUD 1945 dan Pancasila sehingga pada akhirnya akan tercipta ketertiban Hukum yang berasaskan kejujuran.

Masih lanjut Bupati bahwa Salah satu upaya untuk meningkatkan kesadaran Hukum dan adanya rasa tanggung jawab adalah dengan adanya dukungan mulai dari Pemerintahan Desa sampai Pemerintahan Pusat, diharapkan Aparatur Pemerintah menyadari kedudukannya dalam Hukum, adanya evaluasi Kinerja yang mengacu kepada prinsip prinsip Hukum, Koreksi dan juga mengimplementasikannya dalam kehidupan berbangsa sehingga Hukum tidak hanya sekedar tertulis saja.

Wakil Bupati juga berharap jangan ada satupun Aparatur Pemerintah termasuk Perangkat Desa yang tersangkut masalah hukum atas kelalaian dan penyalahgunaan wewenang dan keuangan Negara termasuk juga salah satu program nasional pemberian bantuan dana ADD dari pusat kepada Desa, karena untuk itulah diharapkan sosialisasi ini membawa mindset baru bahwa hukum harus ditegakkan dan dijalankan dengan sebaik baiknya.

“Dalam kesempatan ini saya berharap besar kepada Narasumber untuk memberikan informasi yang lengkap kepada perserta sehingga diharapkan dapat meningkatkan Komunikasi dan Sinergitas antara Pemerintah dan stake holder terkait dan tentunya dengan masyarakat juga”. Wakil Bupati menyampaikan rasa optimisnya bahwa nantinya akan ada Desa di Labuhanbatu Selatan yang mendapat penilaian terbaik memenuhi kriteria sebagai desa sadar Hukum dan menjunjung HAM, “saya berharap di tahun mendatang kita tidak lagi menjadi penonton dalam setiap kebijakan Pelaksanaan Hukum dan HAM ini melainkan ambil bagian langsung dalam upaya mewujudkan kesadaran Hukum”  pungkas Wakil Bupati mengakhiri sambutannya.

Sesuai laporan Panitia bahwa peserta adalah para Satuan kerja Perangkat Daerah, para camat, Lurah, kepala Desa dan jajarannya se-Kabupaten Labuhanbatu Selatan. Panitia Sosialisasi mendatangkan Narasumber dari Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Kementrian Hukum dan HAM (Kemenkunham) Sumatera Utara bapak Yunus, dan juga dari Biro Hukum Setdapropsu Mangihut Nadeak SH, Staf Kepala Pusat Studi Hukum dan HAM dari Universitas Negeri Medan.

Rapat Koordinasi Verifikasi dan Finalisasi Data Pemkab dan BPS ...

Senin, 16 Mei 2016

Kotapinang. Pembangunan tanpa data yang akurat tentu akan menghasilkan sesuatu yang tidak efektif dan efisien, hal tersebut disampaikan oleh Wakil Bupati Labuhanbatu Selatan saat menyampaikan bimbingan dan arahan pada kegiatan Rapat Koordinasi Verifikasi dan Finalisasi Data Kabupaten Labuhanbatu Selatan 2016 yang bertempat di Aula rapat Kantor Bappeda Rabu, 28 April 2016

“Karena itulah sinkronisasi dan kecocokan data antar SKPD ini sangat dibutuhkan untuk mendapatkan data yang akurat guna mendukung visi pembangunan Kabupaten Labuhanbatu Selatan dan Visi Pemerintah Republik Indonesia. Kami selaku Pemerintah Kabupaten sangat berharap dengan adanya Rapat Koordinasi ini bisa mengumpulkan dan menyajikan data dasar seluruh informasi yang dibutuhkan Badan Pusat Statistik sebagai landasan bagi penyusun kebijakan, perencanaan, dan evaluasi pembangunan,” kata wakil Bupati.

“Lebih lanjut katanya, mudah-mudahan dengan adanya pertemuan ini dapat menyatukan persepsi dalam mengumpulkan berbagai data yang diperlukan” pungkas Wakil Bupati..

Sementara itu, Kepala Badan Pusat Statistik Labuhanbatu Ir. Gloria Ebenhaezer, M.si. menyampaikan bahwa rapat koordinasi ini sangat penting untuk menjadi perhatian SKPD, dia berharap informasi data yang benar akan menghasilkan tindak lanjut yang benar, BPS sebagai Badan resmi yang ditunjuk Negara dalam hal pengolahan data meminta kerja sama dengan pemerintah Kabupaten, dengan adanya koordinasi yang baik maka akan memudahkan Badan Pusat Statistik dalam proses pengumpulan Data di kabupaten Labuhanbatu Selatan.

Turut hadir Sekretaris Daerah Kabupaten Zulkifli, SIP, MM, para Asisten Sekdakab dari pihak Badan Pusat Statistik Labuhanbatu, para Kepala SKPD yang keseluruhannya berjumlah 70 peserta.

Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) di Kabupaten Labuhanbatu Selatan Berlangsung Hikmat...

Selasa, 03 Mei 2016

Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) di Kabupaten Labuhanbatu Selatan dihadiri pelajar dari tingkat SD, SMP dan SMA/SMK, para tenaga pendidik, PNS dan TNI/Polri, Senin (2/5), di Lapangan Santun Berkata Bijak Berkarya Kotapinang dengan pemimpin upacara Bupati Labuhanbatu Selatan H.Wildan Aswan Tanjung, SH, MM.

Dalam sambutan tertulis yang dibacakan Bupati Labuhanbatu Selatan Menteri Pendidikan Nasional Anies Baswedan, mengajak setiap warga Negara memberi dukungan kepada anak-anak Indonesia dan memastikan bahwa apa yang mereka pelajari saat ini adalah apa yang memang mereka butuhkan untuk menjawab tantangan jamannya. Keterampilan utuh yang dibutuhkan oleh anak-anak Indonesia di abad 21 ini mencakup tiga komponen yaitu kualitas karakter, kemampuan Literasi, dan Kompetensi.

Dikatakannya, Hari Pendidikan Nasional ini kita rayakan karena kita termasuk di antara yang sudah merasakan dampaknya. Maka pada bulan Mei ini, di mana Hari Pendidikan Nasional terletak, ayo kita ikut bergerak, ikut terlibat dalam memperluas dampak pendidikan terhadap saudara-saudara sebangsa yang belum sepenuhnya merasakan kesempatan itu

Melalui peringatan Hardiknas kali ini yang mengambil tema: “Ayo Kerja, Inovatif dan Kompetitif”. Pemerintah menekankan Literasi dasar menjadi komponen kemampuan abad 21 yang perlu kita perhatikan berikutnya. Literasi dasar memungkinkan anak-anak meraih ilmu dan kemampuan yang lebih tinggi serta menerapkannya kepada kehidupan hariannya. Bila selama ini kita berfokus pada literasi baca-tulis dan berhitung yang masih harus kita perkuat, maka kini kita perlu pula memperhatikan literasi Sains, Literasi Teknologi, Literasi Finansial dan Literasi Budaya.

Dikatakan juga, Kepada semua yang telah merasakan manfaat pendidikan dan di bulan pendidikan ini, sapalah para pendidik kita dulu. Tanyakan kabarnya, ucapkan terima kasih dan tunjukkan apreasiasi pada mereka, para pendidik dan pejuang pendidikan. Lalu mari sama-sama kita tetapkan bahwa ikhtiar memajukan pendidikan akan kita lanjutkan dan kembangkan.

Pada upacara Hardiknas ini, Pemkab Labuhanbatu Selatan menyerahkan penghargaan kepada 75 siswa pemenang kegiatan Seleksi Olimpiade Sains Nasional (OSN) SMA dan pemenang Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) Tingkat SD/SMP Kabupaten Labuhanbatu Selatan. sekaligus pemberian Beasiswa siswa berprestasi kelas unggulan/Primer SMA N 1 Kotapinang Sebanyak 138 Siswa yang diwakili oleh 3 Pelajar.

 

 

 

 

Bupati Labuhanbatu Selatan lepas petugas Sensus Ekonomi 2016...

Rabu, 20 April 2016

          Bupati Labuhanbatu Selatan H. Wildan Aswan Tanjung, SH, MM lepas Petugas Sensus Ekonomi 2016 di Aula Santun Berkata Bijak Berkarya Kotapinang, Selasa (19/4). Turut hadir pada Apel Siaga dan Pelepasan Petugas Sensus Ekonomi 2016 tersebut, Kepala BPS Provsu Ir. Wien Kusdiatmono, MM yang diwakili Kepala IPDS Thomas Wunang Tjahyo, M.Si, M.Eng, Sekda Zulkifli, Kepala BPS Labuhanbatu Ir. Gloria Ebenhaezer, M.Si, Unsur Muspida, Kepala SKPD dan Pimpinan Perusahaan/Perbankan.
          Dalam sambutannya, H. Wildan Aswan Tanjung, SH, MM  menginstruksikan kepada seluruh jajaran SKPD di Lingkungan Pemkab Labuhanbatu Selatan agar mendukung pelaksanaan dan kegiatan Sensus Ekonomi 2016 serta mendorong mitra-mitra usaha agar bersedia membantu memberikan data kepada petugas sensus.
          H. Wildan Aswan Tanjung, SH, MM juga menekankan kepada para pengusaha yang nantinya akan menjadi responden dalam sensus ekonomi untuk memberikan jawaban yang jujur dan sesuai dengan kondisi yang sebenar-benarnya, karena hasil dari sensus ekonomi ini akan menghasilkan data dasar seluruh kegiatan ekonomi yang nantinya akan dijadikan sebagai landasan bagi penyusunan kebijakan, perencanaan dan evaluasi pembangunan.
          Pada kesempatan itu juga, H. WIldan Aswan Tanjung, SH, MM berharap kepada petugas sensus untuk menjalankan tugas dengan sebaik baiknya, Petugas sensus harus menjalankan tugasnya sesuai dengan SOP yang telah ditetapkan, kesalahan dalam melakukan pendataan akan berakibat salahnya kebijakan yang disusun.
          Sementara itu, Kepala BPS Provsu yang diwakili Kepala Bidang IPDS Thomas Wunang Tjahyo, M.Si, M. Eng dalam sambutannya menjelaskan bahwa kunci keberhasilan dalam sensus ekonomi 2016 ini adalah kesediaan responden untuk menerima dan memberi jawaban dengan sejujur-jujurnya. "BPS menjamin kerahasiaan data responden", ujarnya.
          Kepala BPS Labuhanbatu Ir. Gloria Ebenhaezer, M.Si dalam laporannya menjelaskan bahwa pelaksanaan Sensus Ekonomi 2016 akan dilaksanakan serentak dari tanggal 1 s/d 31 Mei 2016.
          Adapun jumlah petugas Sensus Ekonomi 2016 se-Kabupaten Labuhanbatu Selatan sebanyak 235 orang.

ANGGOTA KOMISI E DPRD PROPINSI SUMATERA UTARA MELAKUKAN KUNJUNGAN KERJA KE LABUHANBATU SELATAN ...

Rabu, 13 April 2016

Bertempat di ruangan Aula Pertemuan Kantor Bupati, Bupati Labuhanbatu Selatan yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Kabupaten didampingi Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Menerima Kunjungan Kerja Ketua dan Anggota Komisi E DPRD Propinsi Bidang Kesra (13 April 2016).

Bupati Labuhanbatu Selatan dalam sambutannya yang disampaikan oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Zulkifli, S.IP, MM menyampaikan selamat datang kepada Komisi E DPRD Propinsi, saat ini Kabupaten Labuhanbatu Selatan terus membangun, namun perlu disampaikan bahwa pajak yang diserahkan oleh perusahaan yang ada di labuhanbatu Selatan masih merupakan pajak untuk pemerintah Pusat, sementara di Kabupaten kita ada 24 PKS dan Pabrik karet, artinya Kabupaten Labuhanbatu Selatan kaya akan Sumber Daya Alam, hal ini perlu menjadi atensi dari kita bersama dan diminta kerja samanya dari pihak pihak terkait dan stake holder dalam membangun Kabupaten Labuhanbatu Selatan”.

 “Demikianpun patut disyukuri bahwa Pemerintah Kabupaten bekerja sama dengan perusahaan yang ada sejauh ini sudah membangun jalan di beberapa titik dengan system Cor beton, untuk desain dilaksanakan oleh Dinas PU dan hasilnya disampaikan ke Perusahaan untuk selanjutnya ditindaklanjuti oleh pihak Perusahaan. Keterbatasan dana APBD meminta dukungan dari pihak pihak lain dan Stake Holder sehingga tercapai pembangunan berkesinambungan, Bupati juga menyampaikan apresiasinya kepada Anggota DPRD Komisi E yang sudah menyempatkan waktu untuk berkunjung di Kabupaten Labuhanbatu Selatan, kiranya pertemuan ini memberikan pencerahan bagi kita semua” tutup beliau.

Ketua Komisi E DPRD Quadri Marpaung menyampaikan “Kunker ini bertujuan menjalin Koordinasi yang baik dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial dan Perusahaan Perusahaan yang ada di Kabupaten Labuhanbatu Selatan untuk mengetahui sejauh mana BPJS dilaksanakan sekaligus kendala yang dihadapi

“Kunjungan kerja ini juga merupakan tindak lanjut dari banyaknya keluhan dan laporan yang masuk ke komisi  E DPRD Bahwa masih ada perusahaan yang belum mendaftarkan para karyawannya pada program Jaminan Sosial, selain itu masih banyak pula persoalan persoalan yang menyangkut sengketa karyawan dengan perusahaan, bagaiamana hak hak karyawan dijalankan” ujar beliau.

Beliau menambahkan “sering Komisi E DPRD menyurati perusahaan terkait persoalan yang ada, terkadang menemui titik terang namun sebagian lagi belum mendapat respon yang positif dari perusahaan dimaksud, hal tersebut mendorong Komisi E DPRD Propinsi Sumatera Utara untuk terjun langsung ke Kabupaten/Kota untuk mencari tahu dan memberikan solusi dari setiap sengketa dan permasalahan yang ada, secara Nasional ada 4 Program Jaminan Sosial namun sangat disayangkan masih saja ada pihak perusahaan yang hanya mendaftarkan karyawannya untuk 2 atau 3 program saja,  hal ini tentunya belum sesuai dengan idealnya 4 program Jaminan Sosial yang diamanatkan oleh Undang Undang, adapun 4 program Jaminan tersebut meliputi program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JK), Jaminan Pensiun dan Jaminan Hari Tua (JHT)”

“Oleh karenanya komisi E yang membidangi masalah terkait perlu mengajak serta perusahaan perusahaan khususnya yang ada di kabupaten Labuhanbatu Selatan untuk duduk bersama membahas pelaksanaan dan kendala yang dihadapi di dalam penerapan program Jaminan Sosial tersebut bersama BPJS, “pertemuan ini juga berguna untuk mengambil sampling bagaimana sinkronisasi antara program dan kenyataan di lapangan” ujar Ketua Komisi E DPRD bapak Qadri Marpaung,.

Pada sesi Ekspose Bapak Heri salah satu pimpinan Perusahaan Milano menjelaskan bahwa untuk pelaksanaan BPJS perusahaannya sudah memenuhi ketentuan berlaku, selain itu mendapat pengawasan secara rutin dari Dinsosnakertrans, untuk system pengupahan Perusahaan menerapkan Upah Sektor Kabupaten, adapun jumlah tenaga kerja yang terdaftar di Perusahaan Milano berjumlah 849 karyawan.

Harapan Lumbantobing selaku Human Resources Development (HRD) Pt. Nubika Jaya menjelaskan Karyawan Pt Nubika berjumlah 1037 karyawan dan keseluruhan sudah masuk program Jaminan Sosial BPJS, “kita sudah melakukannya sesuai dengan ketentuan bahkan sudah menerima piagam-piagam atas partisipasi perusahaan dalam mendukung Program Nasional, menurutnya, perusahaan juga intensif diawasi oleh NGO, Dinsosnakertrans Kabupaten. untuk pengupahan pihaknya menerapkan Upah Minimum Regional Rp.2200.000

Pihak BPJS dalam paparannya yang disampaikan oleh Bapak Bambang bahwa ada sedikit data yang Perlu diklarifikasi dan diperbaiki bersama, sebab menurut data yang ada pada BPJS Kanwil Sumatera Utara masih ditemukan belum semua karyawan Perusahaan terdaftar pada 4 Program Jaminan Sosial, dan tentunya ada sedikit perbedaan data antara pihak perusahaan dimaksud dengan data BPJS Kanwil Sumatera Utara untuk itu dihimbau kepada setiap Perusahaan untuk menindaklanjuti dengan mendaftarkan seluruh Karyawan kedalam 4 Program BPJS ini, Hal ini penting sekali sebab dengan hanya mendaftarkan karyawan pada 1 atau 2 Program Jaminan Sosial saja belum bisa menjamin hari Tua dan akhirnya ini akan menimbulkan masalah baru ketika karyawan tersebut berhenti bekerja”  pungkasnya.

Hadir pada Kunjungan kerja tersebut Sekretaris Daerah Kabupaten Labuhanbatu Selatan yang diwakili oleh Zulkifli, SIP, MM, ketua Komisi E Bapak Quadri Marpaung, Wakil Ketua Komisi E Ir. Zahir  dan Anggota, Kepala Kantor wilayah Sumbagut bapak Bambang, Kepala Cabang Wilayah Padang Sidimpuan, Kepala Cabang Wilayah Kisaran dan Kepala Cabang BPJS Labuhanbatu Selatan, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Zuhri, Kepala Dinas sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi, para pimpinan Perusahaan Se-Labuhanbatu Selatan.

 

 

 

humas

Supervisi Tim PKK Provinsi ke Labuhanbatu Selatan...

Selasa, 05 April 2016
Sesuai dengan program Nawacita Bapak Presiden Joko Widodo yang salah satunya adalah membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat Daerah dan Desa, PKK memiliki peran penting dalam mensejahterakan masyarakat dengan program programnya yang bersentuhan langsung dengan masyarakat”.

 Hal ini dikemukakan Wakil Bupati Labuhanbatu Selatan Drs. Kholil Jufri Harahap, dalam arahannya pada acara kunjungan kerja Tim Supervisi TP PKK Provinsi Sumatera Utara (Provsu) dalam rangka Supervisi 5 Desa percontohan PKK Tahun 2016 yang dilaksanakan di Aula Pertemuan Kantor Bupati, Senin (4/4/2016). Turut hadir Wakil Ketua III PKK Provsu Ny. Herawati O K Nazaruddin beserta Tim Supervisi Provsu, Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (Bapemas) Bapak Arsan, Ketua TP PKK Labuhanbatu Selatan Ny. Hj. Hasnah Wildan Aswan Tanjung, Wakil Ketua TP PKK Labuhanbatu Selatan Ny.

Siti Rabiatun Kholil Jufri Harahap, Kepala SKPD, Ketua TP PKK Kecamatan serta para kader PKK se-Labuhanbatu Selatan. Lebih lanjut Wakil Bupati Drs. Kholil Jufri Harahap menghimbau kepada desa untuk mengikuti kegiatan desa pelaksana terbaik PKK ini agar nanti dapat belajar dari desa desa yang terpilih ini bila mana terpilih menjadi desa pelaksana terbaik PKK.

Kepada Warga Desa binaan, Wakil Bupati menghimbau “kiranya supervisi ini membawa dampak positif bagi pengetahuan dan pemahaman warga untuk menjalankan setiap program program di desa sehingga dampaknya bermanfaat bagi masyarakat” ujarnya. “Saya berharap tim supervisi TP. PKK beserta SKPD dari Propinsi Sumatera Utara dapat melakukan pembinaan, penilaian mengarahkan dan mengevaluasi PKK di Kabupaten Labuhanbatu Selatan sehingga nantinya TP PKK dan SKPD terkait di Kabupaten Labuhanbatu selatan dapat menindaklanjuti serta menyempurnakan pada aspek Adminstrasi, teknis pembinaan dan penyediaan data yang perlu dilengkapi, beliau juga berharap pelaksanaan supervisi yang akan dilaksanakan oleh TP PKK di Desa-desa percontohan dalam rangka melakukan pembinaan dan evaluasi diharapkan dapat meningkatkan kondisi masyarakat melalui 10 Program Pokok PKK sekaligus dapat memberdayakan keluarga dalam menciptakan ketahanan keluarga”, harap Wakil Bupati. “Akhirnya saya mengucapkan terima kasih kepada bapak, ibu Tim Supervisi desa pelaksana terbaik PKK Provinsi Sumatera Utara, semoga hasil kunjungan ini berkesan dan berkenan di hati bapak, ibu Tim. Mungkin dalam penyambutan ini ada kesalahan atau kekhilafan yang tidak sengaja diperbuat, kami mohon dimaafkan” tutup Wakil Bupati.

Dalam kesempatan yang sama Wakil Ketua III TP PKK Provsu Ny. Herawati O K Nazaruddin dalam sambutannya mengemukakan pembinaan Desa tersebut diambil lima kegitan prioritas yang akan dilombakan mulai tingkat Kabupaten sampai dengan ke tingkat pusat. Antara lain lomba Desa tertib Administrasi PKK, Pencegahan Kekerasan Dalam Rumah Tangga (PKDRT), Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K), pemanfaatan tanah pekarangan hatinya PKK, pemanfaatan Hasil Tanaman Obat Keluarga (Toga) dan Program Terpadu Peningkatan Peranan Wanita menuju Keluarga Sehat Sejahtera (PTP2W-KSS). Tujuan diadakannya lomba ini agar terlaksananya tertib administrasi PKK, berkurangnya KDRT untuk mendukung terwujudnya keluarga sejahtera dan mengoptimalkan usaha-usaha keluarga dalam upaya peningakatan pendapatan keluarga.

Kemudian untuk meningkatkan kesadaran masyarakat untuk memanfaatkan lahan pekarangan dengan memanfaatkan warung hidup dan Toga serta untuk mewujudkan ketahanan keluarga”, jelas TP PKK Provsu. Sebelumnya Ketua TP PKK Labuhanbatu Selatan Ny. Hj. Hasnah Wildan Aswan Tanjung dalam sambutannya menyampaikan ucapan terimakasih kepada tim supervisi yang berkenan hadir di Kabupaten Labuhanbatu Selatan dan mengharapkan dapat memberikan pembinaan dan pembekalan agar pengurus TP PKK Desa terpilih agar lebih meningkatkan kinerja dan menjalankan program PKK secara maksimal. Adapun Kelima Desa percontohan PKK Kabupaten Labuhanbatu Selatan yakni Desa Hadundung Kecamatan Kotapinang, Desa Aek Raso Kecamatan Torgamba, Desa Suka Dame Kecamatan Silangkitang, Desa Tanjung Medan Kecamatan Kampung Rakyat, Desa Teluk Panji II Kecamatan Kampung Rakyat.

WAKIL BUPATI LABUHANBATU SELATAN TINJAU PELAKSANAAN UN SLTA SEDERAJAT ...

Selasa, 05 April 2016
Wakil Bupati Labuhanbatu Selatan Drs. Kholil Jufri Harahap didampingi Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten labuhanbatu Selatan Drs. Abdul Manan Ritonga, SE, MAP, Ketua Dewan Pendidikan dan Kabag Humas dan Infokom Muhammad Irsan, SSTP,MM tinjau pelaksanaan Ujian Nasional (UN) tingkat SMA Sederajat di SMAN 1 Kotapinang, Senin (4/4/2016). Drs. Kholil Jufri Harahap disela sela peninjauan berharap semua siswa-siswi peserta UN dapat lulus 100 persen.

Selain itu, Kholil Jufri Harahap berharap agar siswa-siswa yang lulus UN dapat meneruskan pendidikan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Drs. Kholil Jufri menjelaskan dari hasil peninjauan, dinilai pelaksanaan UN tingkat SMA Sederajat di Kabupaten Labuhanbatu Selatan berjalan cukup baik.

Hal senada juga disampaikan Kepala Dinas Pendidikan Labuhanbatu Selatan Drs. Abdul Manan Ritonga, SE, MAP yang juga berharap agar tingkat kelulusan siswa dapat mencapai 100 persen seperti tahun tahun sebelumnya. Pada kesempatan itu juga, Drs. Abdul Manan Ritonga, SE, MAP menjelaskan, UN tingkat SMA Sederajat ini dilaksanakan serentak secara nasional. "UN berlangsung selama 4 (empat) hari dari tanggal 4 s/d 7 April 2016.

 Lebih lanjut, Drs. Abdul Manan Ritonga, SE, MAP menjelaskan jumlah peserta yang mengikuti UN SMA sebanyak 1.315 dengan rincian 589 siwa dan 726 siswi. Untuk MA jumlah peserta sebanyak 816 orang dengan rincian 419 Siswa dan 397 Siswi serta SMK sebanyak 1099 orang dengan rincian 568 Siswa dan 531 Siswi. Setelah melakukan peninjauan di SMAN 1 Kotapinang, Wakil Bupati Labuhanbatu Selatan beserta rombongan juga meninjau pelaksanaan UN di MA Ponpes Ahmadul Jariah Kotapinang, SMAN 2 Torgamba dan MA Ponpes Irsyadul Islamiyah Pinang Awan.

Bupati Labuhanbatu Selatan Kembali melaksanakan Kunjungan Kerja dan Gelar Syukuran Pelantikan di Kec. Torgamba...

Jumat, 01 April 2016
Bupati Labuhanbatu Selatan H.Wildan Aswan Tanjung, SH, MM dan Wakil Bupati Labuhanbatu Selatan Drs.Kholil Jufri Harahap kembali melaksanakan kunjungan kerja serta menggelar acara syukuran pelantikan bersama masyarakat Kecamatan Torgamba.

Acara syukuran pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Labuhanbatu Selatan oleh Plt. Gubsu  H.T. Erry Nuradi di Lapangan Merdeka Medan beberapa bulan yang lalu tersebut, Rabu (30/3), dilaksanakan di halaman kantor Camat Torgamba.

Bupati Labuhanbatu Selatan H.Wildan Aswan Tanjung, SH, MM dalam sambutannya, menyampaikan kedatangannya bersama Wakil Bupati Labuhanbatu Selatan dalam rangka kunjungan kerja dan sekaligus menggelar silahturahmi dan syukuran atas dilantiknya pasangan Wil-Khoir oleh Plt. Gubsu  H.T. Erry Nuradi bersama 21 Kepala Daerah Tingkat II Kab/Kota di Lapangan Merdeka Medan beberapa bulan lalu. 

Sebelumnya, lanjut Bapak Bupati, kunjungan kerja dan syukuran telah dilaksanakan di Kecamatan Sungai Kanan sedangkan pada hari ini di Kec Torgamba, Kab Labuhanbatu Selatan.

"Iya, jadi agenda lainnya, untuk kunjungan kerja dan acara syukuran akan dilanjutkan di Kec. Silangkitang, Kec Kampung Rakyat dan terakhir di Kec Kotapinang", paparnya.

Menurutnya, bahwa kebersamaan ini mari kita sempurnakan mengenai segala hal kesalahan mari kita saling memaafkan. "Saya sangat mengapresiasi kerja Camat Torgamba sekaligus agar kita semua bisa menyatukan persepsi, artinya kita menyatukan seluruh masyarakat di Kecamatan Torgamba", ujarnya

Diakhir sambutanya, Bapak Bupati pun merasa bangga dan apresiasi kepada seluruh panitia atas pelaksanaan kunjungan kerja sekaligus syukuran bersama masyarakat Kecamatan Torgamba.

Pada acara kegiatan ini turut hadir yaitu, Ketua Penggerak PKK Kabupaten Labuhanbatu Selatan Ibu Hj.Hasnah Harahap, Bapak Sekda Labuhanbatu Selatan Zulkifli, S.IP, MM, Muspika Torgamba, para Kepala SKPD dan Pimpinan Perusahaan, Ormas, OKP dan ribuan warga Kecamatan Torgamba. Sementara
acara juga dimeriahkan dengan berbagai hiburan rakyat yang telah dipersiapkan oleh panitia.

Humas.

Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu Selatan bekerja sama dengan Pemerintah Propinsi dan PT. KAI adakan sosialisasi dan Kons...

Jumat, 01 April 2016

Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu Selatan adakan sosialisasi dan Konsultasi Publik terkait rencana pengadaan Jaringan Rel Kereta Api penghubung Kabupaten Labuhan Batu dan Kabupaten Labuhanbatu Selatan. Acara bertempat di Aula Santun Berkata Bijak Berkarya (SBBK). Konsultasi Publik pembahasan Proyek Nasional Pembangunan jaringan rel Kereta Api penghubung dua Kabupaten ini merupakan langkah awal yang diambil pemerintah untuk memberikan Sosialisasi kepada warga yang tanahnya terkena dampak pembangunan jalur transportasi Kereta Api,

Hadir pada acara tersebut Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Zuhri,SE yang mewakili Bupati Labuhanbatu Selatan, Drs. Robertson yang merupakan Staf Ahli Bidang Pertanahan dan Aset yang mewakili Gubernur Sumatera Utara, hadir Perwakilan Dari Badan Pertanahan Nasional (BPN) Joko Sutari SH, Kepala Bagian Kawasan Khusus Pemerintah Propinsi Parlin Hutagaol, Sukemi mewakili dari PT Kereta Api Indonesia PT.KAI Wilayah Barat, Joko Kepala Bagian Pertanahan Pemerintah Propinsi Sumatera utara, hadir juga segenap jajaran Pejabat Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu Selatan antara lain Kepala Bagian Humas dan Infokom Muhammad Irsan SSTP, Kepala Bagian Hukum, Ketua MUI, para Camat, Kepala Desa, Lurah dan ratusan Warga dari berbagai Kelurahan Desa yang tanahnya terkena dampak dari pembangunan Jaringan Rel Kereta Api tersebut.

Bupati dalam kata sambutanya menyampaikan "Konsultasi Publik ini adalah wadah untuk menyatukan persepsi antara Pemerintah dan warga dalam upaya jaringan pengadaan Kereta Api di Kabupaten Labuhanbatu Selatan, mari diskusi secara transparan, sampaikan Aspirasi kepada pemerintah apa yang menjadi kendala, warga memiliki Hak juga memiliki kewajiban sebagai Warga Negara Indonesia yang baik atas Tanah, oleh karenanya jangan ada dusta diantara kita" ujar Bupati Bupati juga menambahkan bahwa “Program pengadaan Kereta Api di Kabupaten Labuhanbatu Selatan ini merupakan Proyek Nasional untuk kesejahteraan sosial, namun tetap mekanisme dalam setiap proses termasuk ganti rugi harus mengacu kepada ketentuan keentuan yang berlaku sehingga tidak ada permasalahan dikemudian hari, dan semata mata output yang ditargetkan dari beroperasinya transportasi ini adalah untuk kemaslahatan masyarakat Labuhanbatu Selatan.

Gubernur Sumatera Utara dalam sambutannya yang diwakili oleh Staf Gubernur Sumatera Utara menyampaikan Drs. Robertson "Apabila pengadaan tanah meliputi dua Kabupaten Kota,maka tim persiapan dibentuk oleh tim dari Propinsi, namun tetap juga Kabupaten Kota membentuk tim persiapan, tim persiapan Propinsi dan Kabupaten bekerja sama melakukan serangkaian mekanisme seperti Konsultasi Publik ini untuk menginventarisir tanah warga yg terkena dampak Proyek Nasional Rel Kereta Api dimaksud guna diberikan ganti Rugi, jaringan Rel Kereta Api ini merupakan bagian dari Program Nasional Nawacita Presiden sehingga dibutuhkan atensi seluruh Lapisan Masyarakat untuk turut bersama sama mensukseskannya demi terciptanya kemudahan Akses antar Kabupaten" paparnya.

Senada dengan hal itu Kepala Bagian Kawasan Khusus Pemerintah Propinsi Parlin Hutagaol menyampaikan "ganti rugi adalah masalah krusial, Apresial adalah Instansi yang ditunjuk untuk menilai Harga Tanah masyarakat, Peran serta apresial yang dalam hal ini merupakan lembaga independent yang tidak terikat dengan pihak manapun dalam menilai ganti rugi sangat penting, apresial memiliki integritas dan kapabilitas dalam menaksir nilai dari tanah, kami harap warga jangan takut mendapat perlakuan tidak adil terkait Nilai tanah yang dimiliki, Pemerintah tidak bisa melakukan Intervensi dalam menentukan nilai ganti rugi Tanah sebab sudah ada Instansi profesional apresial yang akan menaksir nilai tanah" dia menyebutkan bahwa "ini bahkan bukan merupakan     Ganti Rugi lagi melainkan Ganti untung, sebab Apresial didalam menentukan harga Tanah masyarakat memikirkan beberapa aspek antara lain aspek psikologis yang dirasakan warga, aspek value atau Potensi tanah dan segala Sumber Daya yang ada di dalam tanah, kesemua aspek itu menjadi dasar Apresial dalam menaksir nilai Tanah, jadi kepada warga untuk tidak terpengaruh dengan hal hal negatif yang bersumber dari pihak pihak tidak bertanggung jawab" kata dia.

"Sesuai dengan Perpres No. 36 Tahun 2005 tentang pengadaan Tanah untuk pelaksanaan Pembangunan untuk kepentingan Umum, bahwa dengan meningkatnya Pembangunan untuk kepentingan Umum yang memerlukan tanah, maka pengadaannya perlu dilakukan secara cepat dan transparan dengan tetap memperhatikan prinsip penghormatan terhadap hak hak yang sah atas tanah, bagi warga yang merasa diperlakukan tidak adil dalam ganti rugi, boleh menggugat Pemerintah asalkan Gugatan dilakukan oleh kelompok masyarakat yang merasa dirugikan bukan orang per orang karena setiap mekanisme harus dilaksanakan dengan memenuhi aspek Hukum yang berlaku" paparnya.

Jalur Kereta Api yang menghubungkan dua Kabupaten Ini sesuai rencana akan terbentang sepanjang 29 KM yang akan melalui Tiga Kecamatan dan 4 Desa di Kabupaten Labuhanbatu Selatan adapun kecamatan yang akan dilalui adalah Kecamatan Silangkitang, Kecamatan Kotapinang dan Kecamatan Torgamba. Jika Proyek Rel Kereta Api Tahap Pertama ini telah rampung selanjutnya direncanakan pembangunn Rel Kereta Api Tahap kedua yang menghubungkan Kabupaten Labuhanbatu Selatan Menuju beberapa kota seperti Riau, Dumai di Propinsi Riau

Acara juga dibuka sesi diskusi, tanya jawab antara masyarakat dan Pemerintah Propinsi dan Pihak PT. Kereta Api Indonesia PT. KAI, untuk menindaklanjuti sosialisasi Konsultasi Publik maka akan dilakukan tahapan pendataan dan pengukuran Lahan oleh BPN, namun sampai pada Proses itu masyarakat tidak semerta merta sudah setuju karena masih ada beberapa mekanisme yang harus diperjelas supaya tidak ada timbul permasalahan dikemudian hari sebagai akibat tidak dipenuhinya tata prosedur dari awal sampai akhir

Pekan Imunisasi Nasional, Puluhan Ribu Balita se-Kabupaten Labuhanbatu Selatan Divaksin Polio...

Rabu, 23 Maret 2016

Sebanyak puluhan ribu balita di Labuhanbatu Selatan diberikan secara gratis vaksin polio pada pencanangan Pekan Imunisasi Nasional (PIN) yang dipusatkan di kantor lurah Kotapinang dan selanjutnya akan dilaksanakan di seluruh Kecamatan se-Labuhanbatu Selatan mulai tanggal 8 Maret s/d 15 Maret 2016.

Pekan Imunisasi Nasional tersebut dihadiri oleh Wakil Ketua PKK Labuhanbatu Selatan Siti Rabiatun, Kepala Dinas Kesehatan Tinur Bulan, S.KM, M,Kes, Camat Kotapinang Hasyim SE, Lurah Kotapinang Ali Hasan Hasibuan.

Dalam pidato Presiden yang dibacakan Wakil Ketua PKK Labuhanbatu Selatan Siti Rabiatun menyampaikan program imunisasi merupakan salah satu program kesehatan yang paling efektif dalam pembangunan kesehatan. Terutama dalam pengendalian penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi yang mencakup sasaran 5 juta orang bayi di seluruh Indonesia.

Pencapaian target program imunisasi memerlukan dukungan para pakar dari berbagai disiplin ilmu, termasuk para dokter spesialis ahli kesehatan masyarakat, dan ahli hukum serta wakil-wakil dari jajaran lintas sektor serta organisasi profesi bidang kesehatan.

Tujuan utama pelaksanaan PIN yaitu mencapai penghapusan penyakit polio secara bertahap dengan mengurangi risiko penularan terhadap virus polio, memastikan tingkat kekebalan tubuh terhadap polio khususnya P2 di populasi (herd immunity) cukup tinggi dengan cakupan 95 % dan memberikan perlindungan secara optimal dan merata pada kelompok umur 0-59 bulan terhadap kemungkinan munculnya kasus polio yang disebabkan oleh virus polio.

Berdasarkan data Dinas Kesehatan Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu Selatan Jumlah balita anak usia 0 s/d 59 bulan yang terdata dan yang mengikuti Pekan Imunisasi Nasional (PIN) di Labuhanbatu Selatan meliputi Kecamatan Kotapinang sebanyak 6992 Balita, Torgamba sebanyak 11062 balita, Silangkitang sebanyak 6807 balita, Kampung Rakyat sebanyak 5804 balita dan Sungai Kanan sebanyak 6807 balita.

Dihari yang sama Puskesmas Cikampak Kecamatan Torgamba Kabupaten Labuhanbatu Selatan mengadakan sosialisasi Pekan Imunisasi Nasional (PIN) di Balai Pertemuan Kantor Kepala Desa Aek Batu Jalan Mutiara Cikampak. Acara tersebut dihadiri sejumlah tenaga medis termasuk diantaranya Bidan, Perawat, Dokter dan Kepala Puskesmas.

Turut hadir Camat Torgamba, Kepala Desa Aek Batu, para Kepala Dusun dan
Kader-kader Posyandu perwakilan masing-masing Dusun sejumlah 13 Pos.

Mewakili Camat Torgamba, Rohim Siregar menyampaikan Kepada Kepala Desa untuk turut serta berperan aktif membantu suksesnya kegiatan yang akan dilaksanakan. "Kepada Kepala Puskesmas, kiranya dapat menyusun jadwal kegiatan dan datanya akan saya sampaikan kepada pak Camat demi terselenggaranya acara ini dengan baik. Mengingat atensi pemerintah dibidang kesehatan begitu besar". Papar Staf Kantor Camat Torgamba.

Pelaksanaan kegiatan Pekan Imunisasi Nasional ini berlangsung sejak tanggal 8 s/d 15 Maret 2016. Dari pukul 09.00 hingga jam 12.00 Wib. Karena jam 14.00 Wib petugas akan menyampaikan laporan. "Diharapkan kepada masyarakat luas agar membawa bayinya usia 0 sampai 59 bulan ke Posyandu yang telah disiapkan untuk mendapatkan tetes Vaksin Polio". Ajak drg. Nurbayti, Kepala Puskesmas Cikampak.
Nurbayti mengatakan, selain Polio beberapa penyakit seprti DBD, Virus Cika
dan Kaki Gajah juga perlu mendapatkan perhatian serius. "Datang dan bawa
balita anda, semua pelayanan dan prasarana tidak dipungut biaya alias
gratis". Katanya.

Menurut dr. Nurhayati PIN diselenggarakan kembali karena adanya temuan
kasus terjangkitnya Polio. Sehingga program sebelumnya dinyatakan belum
berhasil dan harus dilaksanakan kembali. Demam berdarah mewabah "Kesadaran diri untuk tetap menjaga kebersihan lingkungan adalah bagian dari sebuah pencegahan. Lakukan gerakan 3 M: Menimbun, Menguras dan Mengubur. Sehingga sampah dan barang-barang bekas seperti kaleng tidak menjadi genangan air yang dapat mengundang tempat berkembang biaknya Nyamuk", kata Dokter yang bertugas di Puskesmas Cikampak ini.

Usai Dilantik, Bupati Labuhanbatu Selatan Gelar Syukuran Sebagai Bentuk Dengar Aspirasi Dengan Masyarakat...

Rabu, 23 Maret 2016

Usai dilantik beberapa pekan lalu oleh Plt. Gubernur Sumatera Utara H. Tengku Erry  Nuradi di Medan, Bupati Labuhanbatu Selatan H. Wildan Aswan Tanjung, SH, MM dan Wakil Bupati Labuhanbatu Selatan Drs. Kholil Jupri Harahap menggelar acara syukuran. Kamis (10/3/2016).

Acara syukuran yang digelar di Dusun Rantau Jior Desa Hajoran Kecamatan Sungai Kanan ini merupakan bentuk ucapan terimakasih kepada seluruh lapisan masyarakat dan semua pihak terkait yang telah berpartisipasi di dalam mensukseskan pesta demokrasi Pemilihan Kepala Daerah sehingga pasangan H. Wildan Aswan Tanjung, SH, MM dan Drs. Kholil Jupri Harahap diberikan kepercayaan oleh masyarakat untuk mengemban amanah membangun Kabupaten Labuhanbatu Selatan pada pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak yang dilaksanakan pada tanggal 9 Desember 2015 lalu.

Bupati H. Wildan Aswan Tanjung, SH, MM dan Wakil Bupati Drs. Kholil Jupri Harahap diupah-upah dan di ulosi secara adat Tapanuli Selatan. ribuan masyarakat yang hadir secara antusias memberi salam dan ucapan selamat bagi pasangan Bupati dan Wakil Bupati Labuhanbatu Selatan, turut hadir Sekretaris Daerah Kabupaten Labuhanbatu Selatan  Zulkifli, S.IP, MM, para Asisten , para Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), Anggota DPRD, Muspida dan Muspika, serta dimeriahkan dengan performa Seniman-Seniman Lokal Labuhanbatu Selatan.

Bupati Labuhanbatu Selatan H. Wildan Aswan Tanjung, SH, MM dalam sambutannya, mengucapkan terimakasih kepada seluruh masyarakat se-Labuhanbatu Selatan. “Sekarang ini saatnya bagi kita untuk bersama-sama membangun Labuhanbatu Selatan selangkah lebih maju, buang segala perbedaan di masa-masa pesta demokrasi yamg telah berlalu. Sebab, pilkada telah usai dan saatnya bersama sama membangun Labuhanbatu Selatan demi menyongsong kehidupan masyarakat yang lebih baik”.ujarnya.

Lebih lanjut, H. Wildan Aswan Tanjung, SH, MM menyampaikan kedepannya jangan ada lagi perselisihan antara sesama masyarakat oleh karena perbedaan persepsi terdahulu, perbedaan pendapat dan persepsi adalah ciri khas masyarakat demokrasi indonesia namun semuanya demi menciptakan kebaikan bersama, bukan untuk ajang perpecahan, kini saatnya bersatu bahu membahu memberikan kontribusi nyata bagi masyarakat Labuhanbatu Selatan yang kita cintai  ini, mari kita bersatu membangun Kabupaten Labuhanbatu Selatan ini menjadi lebih maju dari Kabupaten maupun Kota yang ada di Provinsi Sumatera utara” ujar Bupati.

Diakhir Sambutannya, H. Wildan Aswan Tanjung, SH, MM mengatakan bahwa acara syukuran pelantikan juga akan dilaksanakan di masing-masing Kecamatan yang ada di Kabupaten Labuhanbatu Selatan seperti di empat Kecamatan lain yaitu Kotapinang, Torgamba, Silangkitang dan Kampung Rakyat.     

Terpisah, Kepala Bagian Humas Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu Selatan Muhammad Irsan, S.STP membenarkan bahwa acara syukuran pelantikan di kecamatan lainnya. dilakukan sebagai bentuk kunjungan kerja untuk melihat keadaan dan kebutuhan masyarakat dan mendengarkan aspirasi masyarakat di masing-masing Kecamatan demi upaya evaluasi kearah yang lebih baik.

 

humas

BUPATI LABUHANBATU SELATAN TINJAU LOKASI PERSIAPAN PELAKSANAAN MTQ VII dan FSN VIII TAHUN 2016 ...

Selasa, 22 Maret 2016
Bupati Labuhanbatu Selatan, H. Wildan Aswan Tanjung, SH, MM didampingi Wakil Bupati Drs. Kholil Jufri Harahap, Ketua DPRD Labuhanbatu Selatan H.Edimin, Sekda Zulkifli, S.IP, MM, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Zuhri, SE, M.Si, Kadis Sosnakertrans Sutrisno, SH, Kadis PU Nurdin Siregar, ST, MM, Ka. BPBD Drs. Fuadi, M.AP dan Camat Kampung Rakyat Marasakti , S.IP tinjau lokasi persiapan pelaksanaan MTQ Ke VII dan FSN Ke VIII Labuhanbatu Selatan, Senin (21/3) di lapangan Teladan Tanjung Medan Kecamatan Kampung Rakyat.

Disela sela peninjauan, H. Wildan Aswan Tanjung, SH, MM berpesan kepada panitia pelaksana agar dapat melaksanakan kegiatan dengan sebaik-baiknya.
  "Lakukan persiapan dengan sebaik baiknya agar kegiatan dapat berjalan sesuai dengan yg kita harapkan", ujar H. Wildan Aswan Tanjung, SH, MM.
Pada kesempatan itu, H. Wildan Aswan Tanjung, SH, MM juga menyempatkan diri melihat para pelajar yang sedang latihan tari kolosal untuk memeriahkan MTQ Ke VII dan FSN Ke VIII.

Sementara itu, Kabag Humasy dan Infokom, Muhammad Irsan menjelaskan bahwa MTQ VII dan FSN VIII tahun 2016 direncanakan dilaksanakan di Lapangan Teladan Tanjung Medan Kecamatan Kampung  Rakyat.
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15