BERITA

Bupati Labuhanbatu Selatan, H. WIldan Aswan Tanjung, SH, MM menerima penghargaan Dwija Praja Nugraha yang diserahkan ole...

Selasa, 29 November 2016
Bupati Labuhanbatu Selatan, H. Wildan Aswan Tanjung, SH, MM menerima penghargaan Dwija Praja Nugraha dari Pengurus Besar Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI), Minggu (27/11) di Sentul International Convention Center (SICC) Bogor.
Penghargaan Dwija Praja Nugraha tersebut diberikan langsung oleh Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin didampingi Plt Ketua Umum Pengurus Besar PGRI Unifa Rosyidi pada puncak peringatan Hari Guru Nasional (HGN) 2016 dan Hari Ulang Tahun (HUT) PGRI Ke-71 yang dihadiri oleh Presiden RI Ir. Joko widodo beserta Ibu Negara Iriana Joko Widodo.
Penghargaan Dwidja Praja Nugraha yang diterima H. Wildan Aswan tanjung, SH, MM merupakan bentuk penghormatan atas perhatian dan komitmen yang tinggi terhadap peningkatan mutu pendidikan, guru dan PGRI di Kabupaten Labuhanbatu Selatan.
Ada 17 Kepala Daerah yang menerima penghargaan, meliputi 4 Gubernur, 3 wali kota dan 10 Bupati. H. Widan Aswan Tanjung, SH, MM merupakan satu-satunya kepala daerah di Sumatera Utara yang meraih penghargaan Dwija Praja Nugraha tahun 2016.

882 peserta dari unsur Kesehatan dan undangan ramaikan rangkaian kegiatan peringatan Hari Kesadaran Nasional (HKN) ke-52...

Rabu, 16 November 2016

Panitia pelaksana kegiatan adalah Dinas Kesehatan Kabupaten Labuhanbatu Selatan Ketua Panitia dalam hal ini Kepala Dinas Kesehatan menyampaikan laporannya, bahwa peringatan HKN tahun ini Dinas Kesehatan sudah mengadakan beberapa kegiatan kesehatan, antara lain sunat massal, penyuluhan Lansia dan kegiatan kesehatan lainnya.

Ketua panitia juga menyampaikan Dari 882 peserta yang hadir tersebut, keseluruhannya berasal dari Staf Dinas Kesehatan, Staf Puskesmas dan Rumah Sakit se - Kab. Labuhanbatu Selatan.

Bupati Labuhanbatu Selatan dalam pembacaan pidato Menteri Kesehatan Republik Indonesia menyampaikan Program prioritas Pembangunan Kesehatan pada periode 2015 – 2019 dilaksanakan melalui Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga, sekaligus sebagai tindak lanjutnya telah terbit Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 39 Tahun 2016 tentang Pedoman Penyelenggaraan Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga.

Dalam rangka penyelenggaraan Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga, ditetapkan 12 indikator utama sebagai penanda status kesehatan sebuah keluarga, yaitu (1) Keluarga mengikuti program Keluarga Berencana (KB); (2) Ibu melakukan persalinan di fasilitas kesehatan; (3) Bayi mendapat imunisasi dasar lengkap; (4) Bayi mendapat Air Susu Ibu (ASI) eksklusif; (5) Balita mendapatkan pemantauan pertumbuhan; (6) Penderita tuberculosis paru mendapatkan pengobatan sesuai standar; (7) Penderita hipertensi melakukan pengobatan secara teratur; (8) Penderita gangguan jiwa mendapatkan pengobatan dan tidak ditelantarkan; (9) Anggota keluarga tidak ada yang merokok; (10) Keluarga sudah menjadi anggota Jaminan Kesehatan Nasional (JKN); (11) Keluarga 5 mempunyai akses sarana air bersih; dan (12) Keluarga menggunakan jamban sehat.

Lebih lanjut Bupati menyampaikan harapannya menuju masyarakat Labuhanbatu Selatan yang sehat secara merata dan adil, beliau meminta segenap stake holder memainkan peranannya didalam menciptakan masyarakat yang sehat, terkhusus kepada Dinas Kesehatan diminta untuk memberi laporan pemetaan atau mapping jumlah tenaga kesehatan se Labuhanbatu Selatan untuk pemberdayaan dan pengawasan demi terciptanya masyarakat yang sehat.

Pada kesempatan tersebut Bupati juga memberi penghargaan kepada salah satu dokter yakni dr. Khairul Manurung yang sudah memasuki purna bakti atas jasa jasa dan pengabdiannya selama ini, Bupati juga berharap yang bersangkutan supaya tidak jemu jemu dalam memberikan kontribusinya bagi Negara khususnya bagi Kabupaten Labuhanbatu Selatan.dan acara dilanjutkan dengan penyematan tanda kepada dokter dokter kecil sebagai calon generasi penerus bangsa.

Hadir pada peringatan HKN tersebut Wakil Bupati, Sekretaris Daerah Kabupaten, Para Asisten, Kepala SKPD, Kapolsek Kotapinang, Danramil Kotapinang, Kalapas Kotapinang, FKUB, IPHI, FKDM, Kakankemanag dan undangan.

Bupati Labuhanbatu Selatan, H. Wildan Aswan Tanjung, SH, MM buka pencanangan Bulan Bhakti Gotong Royong (BBGRM) XIII dan...

Selasa, 08 November 2016
Bupati Labuhanbatu Selatan, H. Wildan Aswan Tanjung, SH, MM buka pencanangan Bulan Bhakti Gotong Royong (BBGRM) XIII dan Peringatan  Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK Ke- 44 di Lapangan Bola Kaki Sidodadi Teluk Panji, Kamis (3/11).
H. Wildan Aswan Tanjung, SH, MM dalam sambutannya menjelaskan gotong royong mempunyai makna yang sangat besar baik dari sisi tujuan maupun manfaatnya. Untuk membangun bangsa, diperlukan semangat kebersamaan, kesetiaan, toleransi, saling bantu-membantu yang kesemuanya menjadi dasar semangat gotong royong.
Pada kesempatan itu juga, H. Wildan Aswan Tanjung, SH, MM menegaskan bahwa desa harus terus diperkuat perananya, agar senantiasa kreatif dan inovatif, karena di desalah terletak berbagai potensi sumber daya pembangunan.
Sementara itu, Ketua TP. PKK Kabupaten Labuhanbatu Selatan Ny. Hasnah Wildan Aswan Tanjung saat membacakan sambutan Ketua Umum TP. PKK, dr. Erni Guntarti Tjahjo Kumolo menjelaskan bahwa peringatan hari Kesatuan Gerak PKK merupakan ungkapan rasa syukur atas kiprah dan karya nyata gerakan PKK dalam usaha memberdayakan dan mensejahterakan keluarga.
Ny. Hasnah Wildan Aswan Tanjung juga berharap dukungan dari pemerintah daerah agar gerakan PKK dapat memberikan andil dan turut serta ambil bagian dalam upaya meningkatkan dan mensejahterakan para keluarga menuju masyarakat maju dan mandiri guna mewujudkan hari esok yang lebih baik.
Pencanangan BBGRM XII dan Peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK Ke-44 di Kabupaten Labuhanbatu Selatan Tahun 2016 ditandai dengan pemukulan gong dan pemotongan tumpeng oleh Bupati Labuhanbatu Selatan.
Pada kesempatan itu juga, turut diserahkan bantuan stimulan berupa alat-alat kebersihan kepada 6 desa, bantuan bahan bangunan dan bantuan peralatan masak kepada warga binaan PT. P2WKSS desa Teluk Panji. Turut diserahkan trophy dan hadiah perlombaan tertib administrasi PKK, UP2 PKK, Hatinya PKK dan Posyandu.

Pemkab Labuhanbatu Selatan Gelar Rapat pembentukan Forum Lalu Lintas dan Angkutan Jalan dan dimulainya Pengutipan Retri...

Kamis, 27 Oktober 2016

Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu Selatan melalui dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi menggelar rapat pembentukan forum Lalu Lintas dan Angkutan Jalan dan dimulainya Pengutipan Retribusi Terminal Penumpang di Kabupaten Labuhanbatu Selatan, Bupati dalam arahannya menyampaikan bahwa Palayanan lalu lintas merupakan pelayanan langsung kepada masyarakat maupun pengangkutan barang, pengaturan lalu lintas angkutan darat diharapkan tertata dgn baik, teranalisa, terkoordinasi guna kepentingan masyarakat sesuai dgn Tugas Pokok dan Fungsi ( Tupoksi)

Sehingga lalu lintas dan angkutan darat memberikan kontribusi terhadap Kesejahteraan Sosial.
Pegutipan retribusi diharapkan menunjang Pembangunan di Labuhanbatu Selatan tercinta ini, "saya berharap Supaya Sumber Daya Manusia diperhatikan, seperti yang kita ketahui bersama bahwa atensi Presiden RI terhadap maraknya berbagai pungli sangat besar, ini dibuktikan dengan langkah pemberantasan dan pencegahan pungli yang sedang digalakkan Pemerintah Pusat, oleh karenanya saya meminta kepada kita semua supaya tidak terjadi pelanggaran dalam proses retribusi dan terminal ini, mari untuk benar-benar mempelajari kondisi dan tata letak kabupaten Labuhanbatu Selatan.

Seperti kita ketahui juga bahwa Labuhanbatu
Selatan berada pada titik strategis kota transit yang menghubungkan dari Kabupatan Tapanuli Selatan menuju Riau dan dari Medan menuju Riau , diharapkan kepada pihak yang terkait langsung supaya mencermati lokasi pengutipan ini dengan begitu tidak mengakibatkan kemacetan atau mengganggu aktivitas lalu lintas, kita berharap supaya sinergi tetap terjalin terus" ucap Bupati mengakhiri sambutannya,

Kepala Dinas Perhubungan Abrar, Spd, MP dalam paparannya menyampaikan bahwa keberadaan terminal sangat penting untuk manajemen dan Rekayasa Lalu lintas, oleh karenanya pembentukannya harus se segera mungkin, selain itu terminal dan pengutipan Retribusi efektif untuk menambah PAD Kabupaten. Dalam kesempatan tersebut Kepala Dinas membacakan struktur kepengurusan terhadap pihak pihak yang trkait dalam pembahasan retribusi dan terminal itu

Dalam rapat tersebut turut hadir perwakilan Kapolres, Perwakilan Dandim, Ketua DPRD Labuhanbatu Selatan, perwakilan Kajari, Kapolsek Kotapinang, Danramil, Sekdakab, Kepala Badan, Dinas dan Kantor.

Sebanyak 113 ibu ibu dari lima Kecamatan se- Kabupaten Labuhanbatu Selatan mengikuti pelaksanaan KB dalam rangka Pelaksa...

Minggu, 16 Oktober 2016

Sebanyak 113 ibu ibu dari lima Kecamatan se- Kabupaten Labuhanbatu Selatan mengikuti pelaksanaan KB dalam rangka Pelaksanaan Bulan Bakti Sosial TNI KB Kesehatan dan Pencanangan Kampung KB di Kabupaten Labuhanbatu Selatan Tahun 2016 di halaman RSUD Kotapinang. Acara dibuka Bupati Labuhanbatu Selatan H Wildan Aswan Tanjung SH MM, Acara turut dimeriahkan performa dari teater siswa SMAN 1 Silangkitang, pertunjukan Teater Para Siswa Siswi ini cukup cukup menarik perhatian segenap undangan. Acara juga dihadiri Wakil Bupati Labuhanbatu Selatan Drs. Kholil Jupri Harahap, Ketua DPRD Labuhanbatu Selatan H. Jaballuddin Dasopang, Kepala BKKBN PPA Provsu Drs. Temazaro Zega M.Kes, Wakapolres Labuhanbatu Kompol Raisya, Sekretaris Daerah Zulkifli S.IP, MM, para kepala SKPD, MUI, FKUB, FKDM, Tim Penggerak PPK, Tokoh Agama, Ketua Persit dan pengurus, Tokoh Masyarakat, dan Tokoh Pemuda.

Bupati dalam arahan dan sambutannya menyampaikan bahwa program kependudukan merupakan Program Nasional yang efeknya bisa dirasakan masyarakat untuk penguatan dan pencapaian sasaran pembangunan keluarga. "Kerjasama dijalin untuk sasaran pendewasaan program perkawinan, pengendalian kelahiran, pembinaan ketahanan keluarga yang mewujudkan keluarga berkualitas," ucap Bupati. Disampaikan juga bahwa "pertumbuhan penduduk yang tidak terkontrol akan menimbulkan masalah Nasional Tahun 2016 ini, pencanangan kampung Keluarga Berencana di setiap Kabupaten pada dasarnya bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup keluarga kecil” ujarnya.

Dandim O209 Labuhanbatu Letkol Inf. Berkim Sitompul mengatakan, kegiatan ini diselenggarakan bertujuan mendukung program Keluarga Berencana. Kerjasama revitalisasi ini dilaksanakan secara terpadu antar TNI, BKKBN. Menurutnya, apabila KB tidak berhasil, maka untuk menata kesehatan akan semakin sulit. Ujarnya "Di satu sisi, usaha peningkatan lapangan pekerjaan masih dirasa sulit karena banyak faktor. Saya harap Bulan Bakti Sosial TNI KB Kesehatan dan Pencanangan Kampung KB dapat diwujudkan supaya memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat, apapun aktifitas dan profesinya harus berawal dari kesehatan, saya mengajak masyarakat kabupaten Labuhanbatu Selatan menjadi masyarakat yang sehat sejahtera" ajaknya,

Selanjutnya, Kepala BKKBN Provsu Drs Temazaro Zega M.Kes menjelaskan, tahun 2017 kampung KB tidak hanya Satu per Kabupaten. Namun Satu per Kecamatan. Ditingkat Provinsi kata dia, pihaknya juga mempersiapkan kampung KB. Karena kampung KB merupakan salah satu visi nawacita Presiden yakni membangun dari pinggiran, atau dari desa.

"Di kampung KB, nantinya tidak ada yang tertingal, tidak ada yang tidak ada yang putus sekolah ataupun narkoba. Kami dari BKKBN juga mengucapkan terimakasih kepada TNI yang turut serta membangun dalam segala bidang, padahal mereka sudah mengemban tugas yang berat membela Tanah airr," katanya.

Disampaikan juga, Kampung KB ini nantinya diisi dengan lintas sektor pembangunan, pariwisata, lingkungan dan lain lain. Kalau di Sumatera Utara, kampung KB berada di Kabupaten Deli Serdang Desa Percut. Di Labuhanbatu Selatan di Desa Asam Jawa. Kampung KB ini difokuskan di kampung tertinggal, Kita ingin membentuk orangtua-orangtua yang hebat, karena dibalik karakter orang tua sangat menentukan keberhasilan anak," katanya.

Ketua Panitia pelaksanaan Bulan Bakti Sosial TNI KB Kesehatan dan Pencanangan Kampung KB, Pasiter Kodim 0209/LB Kapten Badi Siagian menyampaikan, kegiatan ini mewujudkan pertumbuhan penduduk keluarga sejahtera, serta mensejahterakan kehidupan masyarakat. Bulan Bakti Sosial TNI KB Kesehatan dilaksanakan selama 6 bulan yang dimulai dari bulan Mei 2016.

"Pelayanan setiap Kecamatan bekerjasama dengan anggota Koramil.
Untuk Saat ini operasi medis untuk wanita sudah mencapai 113 peserta KB Kontap dari 5 kecamatan. Yang meliputi metode MOP, Implan, Suntik, Pil KB dan Kondom juga tersedia," akhir beliau

 


DPRD Kabupaten Labuhanbatu Selatan Serahkan Hasil Laporan Reses II Kepada Eksekutif pada Sidang Paripurna 2016...

Jumat, 30 September 2016

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Labuhanbatu Selatan menggelar Sidang Paripurna dengan Agenda Laporan Reses II Tahun 2016, di Ruang Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Labuhanbatu Selatan, Jalan Lintas Sumatera, Kotapinang, Jumat (30/9).

Dalam rapat Paripurna yang dipimpin Wakil Ketua DPRD Kabupaten Labuhanbatu Selatan, Khairil Harahap, sebanyak 24 anggota DPRD Labuhanbatu Selatan hadir. Jumlah tersebut dinyatakan sudah memenuhi korum berdasarkan Tata Tertib Rapat Paripurna, sehingga sidang bisa dilanjutkan.

Turut hadir dalam rapat paripurna tersebut Wakil Bupati Labuhanbatu Selatan Drs. Kholil Jupri Harahap Sekretaris Daerah Kabupaten, para pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu Selatan, Muspida, Insan Pers dan para tamu undangan lainnya.

Dalam rapat Paripurna tersebut, setiap fraksi di DPRD Kabupaten Labuhanbatu Selatan menyampaikan Laporan tertulis baik laporan perkelompok maupun secara Pribadi laporan diserahkan oleh Ketua Kelompok adapun isi dari laporan ini adalah menyangkut aspirasi dari Konsituen dari Daerah Pemilihan Anggota Dewan terpilih yang dilaksanakan melalui sarana Reses II. Laporan disampaikan dalam bentuk dokumen tertulis, Dokumen diserahkan langsung kepada Wakil Ketua DPRD Khairil Harahap untuk selanjutnya akan diserahkan kepada pihak Eksekutif.

Wakil Ketua DPRD menyampaikan “Laporan selanjutnya akan diserahakan kepada Bupati dan segenap jajarannya sebagai bahan untuk melakukan pembangunan. Secara garis besar sesuai Hasil reses DPRD bahwa kesehatan perlu menjadi prioritas Pembangunan, kami berharap agar Kesehatan dan pelaksanaan BPJS menjadi hal yang perlu lebih ditingkatkan lagi, hal ini sesuai dengan Visi Misi Bupati Labuhanbatu Selatan, Membangun Tanah Kelahiran” kata beliau.

Wakil Bupati Labuhanbatu dalam pidatonya menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada Anggota DPRD yang telah melakukan reses “kami sampaikan rasa terima kasih kepada DPRD, Reses adalah Sarana Komunikasi Politik yang Efektif antara DPRD dengan Konstituennya,  Komunikasi yang dititikberatkan kepada menampung Aspirasi masyarakat yang berada di daerah Pemilihan masing masing, selanjutnya aspirasi Masyarakat ini akan disampaikan kepada Pemerintah Kabupaten dalam hal ini eksekutif untuk dibahas bersama SKPD, Pemerintah Kabupaten akan menjadikan aspirasi masyarakat ini sebagai referensi pembangunan di Labuhanbatu Selatan sesuai dengan urgensi dan Kapasitas Pemerintah Kabupaten tentunya”.

“Kami berharap kerja sama antara Eksekutif dengan Legislatif tetap terjalin kuat, yang mana semuanya dilakukan untuk pembangunan semata mata untuk Kesejahteraan Masyarakat Labuhanbatu Selatan” tutup wakil Bupati.

 

 

Pemkab Labuhanbatu Selatan Gelar Rapat Pembahasan tapal batas antara Kabupaten Labuhanbatu Selatan Propinsi Sumatera Uta...

Selasa, 20 September 2016

Bertempat di ruang pertemuan Kantor Bupati Sosopan, Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu selatan melalui bagian Tata Pemerintahan menggelar rapat pembahasan persoalan tapal batas Kabupaten Labuhanbatu Selatan - Kabupaten Rokan Hilir Propinsi Sumatera Utara,  Wakil Bupati Labuhanbatu Selatan Drs. Kholil Jupri Harahap  hadir pada pertemuan tersebut, pertemuan turut juga dihadiri oleh rombongan Komisi A DPRD Sumatera Utara yang diketuai oleh Sarma Hutajulu, hadir Dandim Labuhanbatu yang diwakili oleh Danramil Kotapinang, Kapolres yang diwakili oleh Kapolsek Kampung Rakyat, perwakilan dari BPN Labuhanbatu dan SKPD terkait.

 

Dari beberapa Ekspose yang paparkan oleh beberapa kepala desa ada sejumlah persoalan yang acap kali terjadi terkait tapal batas ini salah satunya adalah telah terjadi perpindahan status kependudukan dari wilayah Adminstrasi Kabupaten Labuhanbatu Selatan menjadi status kependudukan rokan hilir Propinsi Riau, ini terjadi pada desa antara lain desa beringin Jaya Dusun Beringin Makmur Kecamatan Torgamba, dan ada beberapa dusun di Kecamatan Kampung Rakyat . para Kepala Desa menyatakan tidak bisa berbuat banyak atas hal itu.

 

Wakil Bupati dalam penyampaiannya berharap supaya DPRD Sumatera Utara dalam hal ini Komisi A membantu dalam mempercepat penyelesaian permasalahan ini, karena persoalan tapal batas ini sudah lama terjadi dan sampai saat ini belum juga mendapat titik terang, beliau menambahkan bahwa untuk persoalan tapal batas sesungguhnya bukan wewenang Kabupaten, sebab ini menyangkut Propinsi, jadi Pemerintah Kabupaten berharap ada percepatan penegasan tapal batas ini, oleh karenanya beliau berharap kedatangan Komisi A DPRD sumatera Utara merupakan langkah yang baik untuk mendorong permasalahan tapal batas ini ke Propinsi bahkan ke Menteri Dalam Negeri,

 

 “Persoalan Tapal batas berimplikasi kepada terhambatnya proses pembangunan di Daerah perbatasan, padahal Pemerintah Kabupaten melalui Dinas Pekerjaan Umum sangat ingin membenahi infrastruktur di wilayah perbatasan, kami tidak ingin membangun di suatu tempat yang tidak memiliki status payung hukum, karena hal itu adalah pelanggaran hukum” ujar Wakil Bupati

 

Ketua Komisi A DPRD Sarma Hutajulu melalui kesempatan ini menyatakan atensi Komisi A DPRD atas masalah ini sangat besar, “hal ini akan menjadi konsen kami di Komisi A DPRD, persoalan tapal batas memang adalah  tugas pemerintah propinsi dan pusat sehingga perlu kita agendakan untuk membawa persoalan ini ke propinsi bahkan sampai ke pusat, namun kami tetap harus mengumpulkan informasi langsung dari Kabupaten yang bersangkutan untuk melihat lebih jelas persoalan persoalan yang timbul sebagai akibat dari ketidakjelasan tapal batas di beberapa titik di wilayah kabupaten Sumatera Utara, pihaknya juga memberikan apresiasi tinggi kepada unsur unsur Pemerintah Kabupaten termasuk Dandim, Kapolsek  sebab mereka adalah garda terdepan dalam menghadapi situasi ini, dan kekondusifan sampai hari ini tak lepas dari kehadiran mereka. 

 

Kapolsek kampung Rakyat dalam eksposenya dalam hal keamanan  menyampaikan bahwa akibat dari tapal batas ini sering ada laporan peristiwa Kriminal dari wilayah yang batasnya belum jelas, sebagai Polsek terkadang bingung untuk memproses Laporan korban perkara delik karena secara Adminstratif kependudukan si pelapor tidak jelas, kami menyikapi secara sederhana saja dengan memanggil kepala Desa, Kepala Dusun  sampai Camat untuk mengklarifikasi apakah pelapor adalah benar penduduk wilayahnya, jadi Klarifikasi itu menjadi referensi bagi Kepolisian untuk memproses laporan warga tersebut, bahkan ada bebera kasus, tempat kejadian perkara berada di wilayah hukum Polsek Kampung Rakyat namun warga tersebut membuat laporan ke Polsek Rokan Hilir, hal ini tentunya mengganggu penegakan hukum. Sehingga pihaknya berharap supaya persoalan tapal batas secepatnya selesai.

 

BERTEMPAT DI HALAMAN PERKANTORAN BUPATI, WAKIL BUPATI LEPAS JEMAAH CALON HAJI 2016...

Rabu, 17 Agustus 2016

Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu Selatan lepas keberangkatan Calon Jamaah Haji di Halaman komplek perkantoran Bupati tepatnya di halaman kantor bupati jalan Jintas Sumatera (Jalinsum), Desa Sosopan Kotapinang pada hari Selasa 9 Agustus 2016.

Turut hadir Wakil Bupati Labuhanbatu Selatan Drs.Kholil Jufri Harahap, Ketua DPRD H.Edimin beserta anggota Dewan, Sekdakab Zulkifli, SIP, MM dan Jajaranya, hadir pula Muspida Plus, Ketua MUI, FKUD, FKDN, IPHI, tokoh agama, Tokoh Masyarakat, para ketua organisasi Pemuda dan Ormas serta ribuan masyarakat dari kerabat sanak famili pengantar.

Ketua Panitia Zuhri, SE Assisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan melaporkan, “pada tahun ini jumlah jamaah calon haji yang berangkat dari Kabupaten Labuhanbatu Selatan berjumlah 415 orang terdiri dari 186 laki laki dan 229 perempuan, adapun jamaah calon Haji tertua laki laki adalah Baginda Rokaya Rambe (80) dan yang termuda Riszki (19)”. Sementara jamaah calon Haji perempuan tertua berusia 78 tahun dan yang termuda perempuan berusia 27 tahun”, Kabupaten Labuhanbatu Selatan tergabung dalam Kloter III adapun sumber dana pada acara pelepasan Pemberangkatan jamaah calon Haji Labuhanbatu Selatan bersumber dari APBD T.A 2016”. Tutup Zuhri.

H. Edimin Ketua DPRD pada pidatonya menyampaikan, mengerjakan Haji adalah rukun islam dan wajib dikerjakan bagi ummat muslim yang mampu, beliau berpesan. “Untuk seluruh jamaah Calon Haji jangan pernah lupa bersyukur atas kurnia yang diberikan Allah SWT sehingga kita diberi rezeki mampu melaksanakan rukun islam mengerjakan Haji,” ujarnya.

Ketua DPRD juga berpesan kepada seluruh petugas Kepala Regu dan Kepala rombongan agar memperhatikan jamaah selama di tanah suci, pada tahun ini ada 2 orang anggota DPRD berangkat yakni Fattahunur Ritonga dan Ir. Husni Rizal, pintanya kepada kedua anggota DPRD agar dapat bekerja sama dan saling membantu jika ada kesulitan para jamaah Calon Haji nantinya di Tanah Suci, diharapkan agar kiranya Jamaah Calon haji agar bisa menjaga kesehatan dan tetap berserah diri kepada Allah SWT”.tutup beliau

Wakil Bupati Drs. Kholil Jufri pada pidatonya atas nama pemerintah Kabupaten meminta kepada seluruh Jamaah Calon Haji agar dapat berserah diri dan ikhlas selama melaksanakan ibadah di tanah suci, demikian juga dipesankan Wakil Bupati kepada kepada petugas yang telah di tunjuk bisa bekerja sama dan saling membantu selama menjadi tamu Allah, tetap jaga Nama baik Indonesia dan Labuhanbatu Selatan khususnya, kita berharap seluruh Calon Haji bisa kembali ke tanah Air dengan sehat Walafiat dan menjadi Haji yang Mabrur, Wakil Bupati menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu Selatan ikut andil dalam mengakomodir proses Pemberangkatan Calon Haji menuju Asrama di Medan sebelum bertolak ke Madinah, termasuk manasik Haji, dana sudah ditampung Dalam APBD sehingga masyarakat yang ingin melaksanakan Ibadah Haji pada saat manasik tidak dipungut biaya. Tutup Wakil Bupati

Usai sambutan kemudian seluruh rombongan jamaah calon haji diberangkatkan dengan menggunakan 11 unit Bus Parawisata dilepas oleh Wakil Bupati didampingi Ketua DPRD, Muspida Plus dan undangan lainya, pelepasan ditandai dengan mengangkat bendera bercorak kotak kotak.

Wakil Bupati hadiri Rapat Paripurna Istimewa Pengambilan Sumpah serta melantik Toga Simarmata Sebagai Anggota DPRD Labuh...

Selasa, 26 Juli 2016

Ketua DPRD Kabupaten Labuhanbatu Selatan H. Edimin melalui Rapat Paripurna Istimewa mengambil sumpah/janji serta melantik Toga Simarmata sebagai Anggota DPRD Kabupaten Labuhanbatu Selatan Pengganti Antar Waktu PAW Masa Jabatan 2014-2019 menggantikan Arwi Winata yang ditandai dengan pembacaan Surat Keputusan Gubernur Sumatera Utara oleh Sekwan DPRD Labuhanbatu Selatan Riswanto.

          Pengambilan Sumpah/Janji serta Pelantikan Toga Simarmata tersebut adalah Berdasarkan Keputusan Gubernur Sumatera Utara Nomor 188.44/439/KPTS/2015 Tanggal 18 September 2015 Tentang Peresmian Pemberhentian dan Pengangkatan Pengganti Antar Waktu Anggota DPRD Kabupaten Labuhanbatu Selatan dan Hasil Rapat Badan Musyawarah tanggal 12 Juli 2016 Tentang Penetapan Jadwal Rapat Paripurna Istimewa DPRD Kabupaten Labuhanbatu Selatan Pengganti Antar Waktu An. Toga Simarmata masa jabatan 2014-2019 yang berlangsung dalam Rapat Paripurna DPRD, Selasa (26/7) dan dihadiri Wakil Bupati Labuhanbatu Selatan Drs. Kholil Jufri Harahap, para Muspida, LSM, Rohaniawan, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama serta para Kepala SKPD dan undangan lainnya.

            Ketua DPRD Labuhanbatu Selatan dalam pidato singkatnya menyampaikan, terima kasih kepada anggota Dewan yang diganti Arwi Winata atas dedikasinya selama mengemban tugas yang diberikan sebagai wakil rakyat, dan kepada anggota Dewan yang baru semoga kepercayaan dan amanah yang diberikan oleh rakyat dapat dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab, “oleh karenanya selamat bekerja, bekerja untuk mensejahterakan masyarakat Kabupaten Labuhanbatu Selatan sesuai dengan motto Labuhanbatu Selatan yaitu Santun berkata bijak berkarya”, katanya.

            Sementara itu, Wakil Bupati Labuhanbatu Selatan Drs. Kholil Jufri Harahap dalam pidato singkatnya menyampaikan rasa terima kasihnya kepada anggota Dewan yang diganti Arwi Winata yang telah bekerja sama dengan rakyat dan eksekutif dalam mengemban tugas rakyat meskipun dalam waktu yang relatif singkat, dan kepada anggota DPRD yang menggantikan diharapkan cepat menyesuaikan diri dan memajukan DPRD Kabupaten Labuhanbatu Selatan semakin baik ke depan, “tempo hari saudara Toga Simarmata memang kalah dalam Pemilihan Legislatif, Namun sekarang saudara menang dan itu adalah kemenangan yang perlu disyukuri untuk motivasi melayani rakyat sepenuh hati”, “laksanakan tujuan kita bersama mewujudkan kabupaten yang berdaya saing, berusaha meraih prediket kabupaten terbaik, saya juga menyampaikan rasa terima kasih kepada anggota DPRD seluruhnya atas pengabdian sampai saat ini”. Tutup beliau

 

Wakil Bupati Drs. Kholil Jufri harahap serahkan piagam penghargaan sekolah dengan indeks integritas penyelenggaraan ujia...

Selasa, 26 Juli 2016
Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu Selatan Peringati Hari Jadi ke 8 di Aula Santun Berkata Bijak Berkarya Kotapinang (21/7). Hadir pada acara tersebut, Wakil Bupati Labuhanbatu Selatan Drs. Kholil Jufri Harahap, Ketua DPRD Labuhanbatu Selatan, Kapolres Labuhanbatu AKBP. Teguh Yuswardhie, SIK, SH, Pabung Kodim 0209 LB Mayor Prienaldi, Wakil Ketua DPRD Rohil Suyadi, Pimpinan SKPD, Pimpinan perusahaan, Ormas, OKP dan Masyarakat Labuhanbatu Selatan.
 
Wakil Bupati Drs. Kholil Jufri Harahap dalam sambutannya menjelaskan peringatan hari jadi merupakan perwujudan masyarakat Labuhanbatu Selatan yang bermartabat dan menghargai sejarah perjalanan kabupaten Labuhanbatu Selatan, mulai dari proses pembentukannya, peresmian sampai dengan perjalanannya saat ini.
 
Drs. Kholil Jufri Harahap juga mengajak semua pihak untuk menjadikan peringatan Hari Jadi Labuhanbatu selatan sebagai  momentum untuk introspeksi dengan mengevaluasi dan mengkaji kembali langkah-langkah yang telah ditempuh selama ini, dengan berbagai keberhasilan maupun kekurangan yang dialami serta menjadikannya sebagai sumber motivasi bagi untuk bersama-sama membangun Labuhanbatu Selatan yang sejahtera, mandiri dan berdaya saing.
Diakhir sambutannya, Drs. Kholil Jufri Harahap mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh komponen masyarakat yang telah bekerja sama, bahu membahu dengan pemerintah daerah menyatukan langkah membangun Kabupaten Labuhanbatu Selatan.
 
Peringatan Hari Jadi Kabupaten Labuhanbatu Selatan Ke-8 Tahun 2016 diawali dengan Sidang Paripurna Istimewa DPRD Labuhanbatu Selatan dan pembacaan sejarah singkat terbentuknya Kabupaten Labuhanbatu Selatan.
 
Pada rangkaian acara tersebut turut diserahkan piagam penghargaan kepada tokoh pemekaran yang diberikan kepada keluarga besar Alm. H. Rustam Efendi Nasution, penyerahan tunggul kecamatan terbaik tingkat Kabupaten, Penyerahan Satya Lencana Karya Satya X, XX dan XXX, Penyerahan penghargaan sekolah dengan indeks integritas penyelenggaraan ujian nasional yang tinggi dari Mendiknas kepada SMAN 1 Kotapinang, penyerahan Beasiswa program pendidikan menengah serta penyerahan piagam penghargaan kepada juara Olimpiade Sains Terapan (OST) dan Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN).
 
Peringatan Hari Jadi Kabupaten Labuhanbatu Selatan ke- 8 juga dimeriahkan dengan lomba kuliner khas Labuhanbatu Selatan dengan peserta TP. PKK desa/kelurahan se-kabupaten Labuhanbatu Selatan.
 

Untuk Ketiga Kalinya Secara Berturut Turut Pemkab Labuhanbatu Selatan Kembali Raih Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) ...

Selasa, 12 Juli 2016

Pemkab Labuhanbatu Selatan kembali raih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Sumatera Utara atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu Selatan Tahun Anggaran 2015.


Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) tersebut diserahkan Kepala BPK RI Perwakilan Sumatera Utara, Dra. V. M. Ambar Wahyuni, MM. Ak kepada Wakil Bupati Labuhanbatu Selatan, Drs. Kholil Jufri Harahap dan Ketua DPRD Kabupaten Labuhanbatu Selatan, H. Edimin di Auditorium BPK RI Perwakilan Sumatera Utara jalan Imam Bonjol Medan, Senin (11/7).

Kepala BPK RI Perwakilan Sumatera Utara, Dra. V. M. Ambar Wahyuni, MM. Ak pada penyerahan LHP LKPD Labuhanbatu Selatan Tahun 2015 tersebut memberikan apresiasi kepada pemkab Labuhanbatu Selatan yang telah memperoleh opini WTP tiga kali berturut-turut atau kedua kedua kalinya dengan basis akrual yaitu untuk LK TA 2013, 2014 dan 2015.
Dra. V. M. Ambar Wahyuni, MM, Ak berharap agar opini Laporan Keuangan Tahun Anggaran 2016 dapat dipertahankan. "Hal yang lebih penting lagi adalah pengelolaan dan pertanggungjawaban keuangan daerah semakin baik serta opini yang telah dicapai dapat diwujudnyatakan dalam peningkatan kesejahteraan seluruh masyarakat Kabupaten Labuhanbatu Selatan Dengan Adil dan merata” ujarnya

Ketua DPRD Labuhanbatu Selatan, H. Edimin dalam sambutannya  memberikan apresiasi atas opini WTP LKPD Pemkab Labuhanbatu Selatan untuk ketiga kalinya secara berturut turut. “Saya berharap Opini WTP dari BPK RI Perwakilan Sumatera Utara atas LKPD Pemkab Labuhanbatu Selatan dapat semakin meningkatkan kinerja Pemkab Labuhanbatu Selatan", ujarnya.

Wakil Bupati Labuhanbatu Selatan, Drs. Kholil Jufri Harahap usai  menerima opini WTP mengucapkan rasa syukur atas predikat WTP yang diterima Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu Selatan.


Drs. Kholil Jufri Harahap juga meminta jajarannya agar dapat terus mempertahankan opini WTP ditahun tahun mendatang. Drs. Kholil Jufri Harahap juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran SKPD Labuhanbatu Selatan yang telah bekerja keras sehingga memperoleh Opini WTP dari BPK RI.


Turut hadir pada  penyerahan LHP BPK RI Perwakilan atas LKPD Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu Utara dan  Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu Selatan Tahun 2015, Bupati Labuhanbatu Utara H.Kharuddin Syah, SE, Ketua DPRD Labura, Sekda Labura, Sekda Labusel dan kepala SKPD di jajaran Pemkab Labura dan Labusel.

 

Jaga Stabilitas Harga Bahan Pangan, Pemkab Gelar Operasi Pasar...

Rabu, 15 Juni 2016

Seperti tahun-tahun sebelumnya, untuk mengantisipasi melonjaknya harga harga pangan di pasaran pada bulan suci Ramadhan, Pemkab Labuhanbatu Selatan melalui tim monitoring gabungan dari beberapa SKPD terkait seperti Disperindagkop, Dinas Kesehatan, Kesbang, Dinas Pasar, Bagian Perekonomian Setdakab yang diketuai Asisten Perekonomian Ir. Ralikhul Rahman bersama beberapa anggota melakukan operasi disejumlah pasar tradisional dan toko toko yang ada

Operasi ini digelar untuk memastikan kepada para pedagang agar konsisten dengan melakukan penjualan sesuai dengan standar harga yang telah ditentukan, “tetap jaga harga kebutuhan sesuai dengan harga yang pantas tanpa berspekulasi” ujar Asisten Perekonomian saat memimpin secara langsung Operasi pasar di Pasar Inpres Kotapinang Kecamatan Kotapinang, pada Rabu (08/06/2016)

Selain itu operasi juga digelar untuk mengetahui sejauh mana stok ketersediaan bahan pangan di Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu Selatan pada bulan Suci Ramadhan dan menjelang lebaran  sekaligus mengetahui stabilitas harga bahan pokok tersebut. Operasi pasar juga menggandeng Tim kesehatan dari unsur Dokter, Medis Dinkes Kabupaten yang kompeten dibidangnya guna memeriksa kesterilan, kebersihan beberapa bahan pangan strategis seperti Daging, makanan dan minuman.

Dari hasil operasi yang dilakukan Tim, dipasar Inpres ditemukan bahwa stok bahan pokok masih dalam keadaan  aman memasuki hari ke-3 di bulan ramadhan sedangkan untuk harga bahan-bahan pokok tersebut tidak terjadi peningkatan yang signifikan. Berdasarkan informasi dilapangan sejumlah kecil pedagang terpaksa menaikkan bahan pangan tertentu di awal ramadhan, menurut beberapa pedagang, salah satunya adalah Ibu siregar yang merupakan pedagang ayam boiler pajak Inpres mengatakan kenaikan daging ayam saat memasuki bulan puasa terpaksa harus ia lakukan sebab mengingat tingginya permintaan konsumen pada saat itu memaksa mereka harus menambah jam kerja sehingga berimplikasi penambahan upah pekerja juga.  

Operasi serupa akan terus digelar Pemerintah guna mengantisipasi Kenaikan harga harga bahan pangan, sekaligus menjamin ketersediaan bahan bahan pokok.

 

 

Humas

 

 

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15