BERITA

Wakil Bupati Labuhanbatu Selatan Drs. Kholil Jupri Harahap Membuka Secara Resmi Musrembang Kecamatan Silangkitang,...

Kamis, 16 Februari 2017

Wakil Bupati Labuhanbatu Selatan Drs. Kholil Jupri Harahap membuka secara resmi musrembang kecamatan Silangkitang, Kamis (16/2) di Aula Kantor camat Silangkitang. Musyawarah ini merupakan wadah bersama para pelaku pembangunan dan Stake Holder untuk menyusun dokumen perencanaan yang memuat arah kebijakan, sasaran program dan kegiatan yang akan dilaksanakan pada tahun 2018 nantinya.

Hadir pada acara tersebut Anggota DPRD Dapil Kecamatan Silangkitang Damuri dan Satiman, Kepala Bappeda Ali Hotman Hasibuan, S.Sos, MM, Pimpinan SKPD, Kepala Bagian, pimpinan perusahaan, Camat dan Unsur Pimpinan Kecamatan Silangkitang.

Kholil Jupri Harahap dalam sambutannya berharap partisipasi aktif dari seluruh peserta musrembang Kecamatan dengan memberikan masukan terhadap jabaran arah dan kebijakan pembangunan yang akan dibahas dan dimusyawarahkan. Selain itu sasaran yang ditetapkan sedapat mungkin secara riil mampu mengatasi permasalahan yang ada.

Kholil Jupri  juga mengajak seluruh peserta musrembang untuk memanfaatkan musrembang sebagai proses perencanaan pembangunan yang menghasilkan kesepakatan antara pelaku pembangunan yang nantinya akan dilanjutkan pada forum SKPD dan Musrenbang Kabupaten.

Pada kesempatan itu juga Drs. Kholil Jupri Harahap meminta supaya terjalin hubungan baik antara camat dengan masyarakat, dengan begitu partisipasi warga akan pembangunan dapat terjadi, juga diharapkan kepada para pejabat yang lebih dulu pernah memangku jabatan sebagai camat di Silangkitang supaya bersedia berkoordinasi dengan camat silangkitang yang menjabat, Wakil Bupati menambahkan bahwa jalan menuju Kabupaten tetangga Labuhanbatu perlu mendapat prioritas dari Pembangunan di Kecamatan Silangkitang “jalan alternatif yang melalui beberapa desa di kecamatan silangkitang ini memiliki peranan yang sangat vital untuk menghubungkan kabupaten Labuhanbatu Selatan menuju Kabupaten Labuhanbatu, oleh karenanya kepada Camat diharapkan untuk pro aktif dalam membahas persoalan jalan ini termasuk pembebasan lahan jika diperlukan adanya pelebaran jalan”, tegas Wakil Bupati  

Sementara itu, Kepala Bappeda Ali Hotman Hasibuan, S.Sos, MM dalam paparannya menjelaskan arah kebijakan pembangunan ketiga (2018) RPJMD Kabupaten Labuhanbatu meliputi peningkatan pelayanan publik yang bersentuhan kepada masyarakat di bidang pendidikan, kesehatan dan infrastruktur, kemudian pengembangan aspek kesejahteraan masyarakat, pemerataan pembangunan dan daya saing daerah serta menggambarkan daya saing daerah berdasarkan ketersediaan infrastruktur, kemampuan ekonomi daerah dan iklim investasi.

 

Bupati Labuhanbatu Selatan buka secara resmi musrenbang Kecamatan Kampung Rakyat,...

Selasa, 14 Februari 2017
Bupati Labuhanbatu Selatan H. Wildan Aswan Tanjung, SH, MM membuka secara resmi musrenbang kecamatan Kampung Rakyat, Selasa (14/2) di Aula Kantor camat Kampung Rakyat. Hadir pada acara tersebut Anggota DPRD Dapil Kecamatan Kampung Rakyat, Kepala Bappeda Ali Hotman Hasibuan, S.Sos, MM, Pimpinan SKPD, pimpinan perusahaan, Camat dan Unsur Pimpinan kecamatan Kampung Rakyat, Kepala Desa dan delegasi musrenbang se-Kecamatan Kampung Rakyat.
 
H. Wildan Aswan Tanjung, SH, MM dalam sambutannya berharap partisipasi aktif dari seluruh peserta musrenbang kecamatan dengan memberikan masukan terhadap jabaran arah dan kebijakan pembangunan yang akan dibahas dan dimusyawarahkan. Selain itu sasaran yang ditetapkan sedapat mungkin secara riil mampu mengatasi permasalahan yang ada.
H. Wildan Aswan Tanjung, SH, MM juga mengajak seluruh peserta musrenbang untuk memanfaatkan musrenbang sebagai proses perencanaan pembangunan yang menghasilkan kesepakatan antara pelaku pembangunan yang nantinya akan dilanjutkan pada forum SKPD dan Musrenbang Kabupaten.
 
Pada kesempatan itu juga, H. Wildan Aswan Tanjung, SH, MM mengajak seluruh pimpinan perusahaan yang ada di Kecamatan Kampung Rakyat untuk meningkatkan kerjasama dan kepeduliannya. “kerjasama pembangunan jalan di kluster 1, Alhamdulillah sudah hampir selesai, saya berharap agar perusahaan-perusahaan yang ada di wilayah kecamatan Kampung Rakyat dapat merealisasikan kerjasama pembangunan di kluster 2 yang berada di wilayah kecamatan Kampung Rakyat”, tegas H. Wildan Aswan Tanjung, SH, MM.
 
Sementara itu, Kepala Bappeda Ali Hotman Hasibuan, S.Sos, MM dalam paparannya menjelaskan arah kebijakan pembangunan ketiga (2018) RPJMD Kabupaten Labuhanbatu meliputi peningkatan pelayanan publik yang bersentuhan kepada masyarakat di bidang pendidikan, kesehatan dan infrastruktur, kemudian pengembangan aspek kesejahteraan masyarakat, pemerataan pembangunan dan daya saing daerah serta menggambarkan daya saing daerah berdasarkan ketersediaan infrastruktur, kemampuan ekonomi daerah dan iklim investasi.

Wakil Bupati Pimpin Rapat Persiapan PRSU 2017...

Selasa, 14 Februari 2017

Bertempat di Aula Kantor Bupati Labuhanbatu Selatan, Wakil Bupati Drs. Kholil Jufri Harahap pimpin rapat persiapan Kabupaten Labuhanbatu Selatan dalam rangka memeriahkan Pekan Raya Sumatera Utara (PRSU) yang akan dilaksanakan mulai tanggal 17 Maret s/d 17 April di Medan.

Wakil Bupati dalam bimbingannya menyampaikan beberapa hal penting yang harus diperhatikan untuk memeriahkan perhelatan PRSU ini antara lain harapannya supaya pada PRSU tahun 2017 ini Stand Labuhanbatu Selatan lebih baik lagi dibanding dengan PRSU tahun-tahun sebelumnya, beliau mendorong setiap SKPD terkait berkoordinasi semaksimal mungkin demi Menciptakan Paviliun Labuhanbatu Selatan menarik antusiasme pengunjung.

Sekretaris Daerah yang turut hadir pada rapat tersebut mengingatkan kepada SKPD yang terlibat langsung supaya nantinya produk produk yang dipamerkan di Stand PRSU memiliki kreatifitas yang tinggi, dan terlebih lagi lanjut Sekda bahwa setiap Produk yang dipamerkan seyogiayanya memiliki Added Value atau nilai tambah bagi si pengrajin itu sendiri, “pengrajin harus merasakan efek positif secara ekonomi dari momentum PRSU ini, oleh karenanya diharapkan kepada Dinas terkait untuk merangkul para pengrajin-pengrajin yang ada, termasuk PKK dan kelompok kelompok masyarakat lainnya”. Tegas Sekda.

Sesuai laporan Dinas perindustrian Selaku Panitia yang disampaikan oleh Skretaris Dinas, Bapak Berutu bahwa PRSU akan dimulai pada 17 maret s/d 17 April 2017 mendatang yang pesertanya dari 33 Kabupaten/Kota Se-Sumatera Utara, beberapa produk yang akan dipamerkan di paviliun Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu Selatan ada Kerajinan Tangan, Kreatifitas, Koleksi Kuliner Khas Labuhanbatu Selatan, Profil Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu Selatan dll.

 Pada tanggal 09 April 2017 malam hari akan diadakan Pagelaran malam seni Budaya Labuhanbatu Selatan yang akan di isi dengan berbagai pertunjukan Budaya labuhanbatu Selatan.

Turut hadir dalam rapat tersebut Asisten III, Staf Ahli, Kepala Bagian Perekonomian dan peserta dari Badan, Dinas dan Kantor.

MUSRENBANG TINGKAT KECAMATAN DI SEI KANAN 2017 DITANDAI DENGAN LAUNCHING PATEN...

Senin, 13 Februari 2017
Wakil Bupati Labuhanbatu Selatan Drs. Kholil Jufri Harahap secara resmi melaunching Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan se-Kabupaten Labuhanbatu Selatan di Kecamatan Sungai Kanan, senin (13/2). Hadir pada acara tersebut Ketua DPRD H. Jabaluddin Dasopang, Sekda Zulkifli, SIP, MM, Muspida, Pimpinan SKPD, pimpinan perusahaan dan camat se-Kabupaten Labuhanbatu Selatan.
 
Drs. Kholil Jufri Harahap dalam pidatonya menjelaskan Pelayanan Administrasi Kecamatan atau PATEN merupakan suatu sistem pelayanan berstandar nasional terhadap masyarakat pada lingkup pemerintah kecamatan yang dilaksanakan di seluruh Indonesia.
Penyelenggaraan PATEN dimaksudkan untuk mewujudkan pemerintah kecamatan sebagai pusat pelayanan masyarakat serta menjadi simpul bagi kantor/badan/dinas pelayanan terpadu di Kabupaten/Kota.
 
Tujuan utamanya untuk meningkatkan kualitas serta mendekatkan pelayanan kepada masyarakat dibawah koordinasi dan binaan camat selaku penanggung jawab penyelenggaraan PATEN.
 
Diakhir sambutannya Drs. Kholil Jufri Harahap berpesan kepada Camat agar mampu berinovasi untuk meningkatkan kinerjanya termasuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.
 
Drs. Kholil Jufri Harahap juga berpesan kepada aparatur di kecamatan agar dapat memberikan pelayanan terbaik, murah, cepat, tepat, efisien dan transparan kepada masyarakat. “Bekerjalah sesuai dengan tugas, waktu kerja dan aturan yang telah ditetapkan, tuntas dan akurat atas dasar kompetensi terbaik, penuh tanggung jawab serta komitmen yang tinggi”, pesannya.
 
PATEN meliputi pelayanan perizinan berupa izin mendirikan bangunan (IMB) dengan kriteria rumah tempat tinggal perorangan non komersil, tidak bertingkat, luas maksimal 100 m2 dan pagar rumah perorangan non komersil panjang maskimum 100 m, izin SIUP mikro, izin TDP mikro, IUMK, izin reklame insidentil, izin tanda daftar industri kecil, izin pertunjukan/hiburan yang bersifat temporer/insidentil, izin usaha rumah makan dan minuman, izin usaha penggilingan padi/ubi dan penampungan beras, izin usaha penginapan 5 kamar, izin usaha penyewaan lapangan/tempat olahraga milik perorangan, izin usaha kolam pancing dan izin usaha salon kecantikan, potong rambut, cuci rambut dan rias pengantin.
LAUNCHING 
Launching PATEN ditandai dengan penandatanganan komitmen bersama camat se-kabupaten Labuhanbatu Selatan siap melaksanakan penerapan PATEN di seluruh kecamatan dan pengguntingan pita sebagai simbol penerapan PATEN oleh Wakil Bupati Labuhanbatu Selatan.

Pemkab Labuhanbatu Selatan Bentuk Tim Teknis Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN)...

Rabu, 08 Februari 2017

Sekda Kabupaten Labuhanbatu Selatan Zulkifli, SIP, MM pimpin Rapat Koordinasi Pembentukan Tim Teknis Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN) di Kabupaten Labuhanbatu Selatan, hal ini dalam rangka implementasi Permendagri Nomor 4 Tahun 2010 tentang Pedoman Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan, rapat koordinasi dilaksanakan di Ruang Rapat Sekda Kabupaten Labuhanbatu Selatan Rabu (08/02). Selain Sekretaris Daerah Kabupaten Rapat juga diikuti oleh seluruh Camat Se-Kabupaten Labuhanbatu Selatan dan SKPD terkait.

PATEN Merupakan manajemen modern dalam upaya mendekatkan, mempermudah, dan mempercepat pelayanan administrasi perijinan/non perijinan di tingkat Kecamatan mengingat faktor jarak Kecamatan ke Kabupaten yg relatif jauh sehingga sulit dijangkau ditambah lagi adanya faktor kondisi geografis dan infrastruktur jalan yg belum memadai.

PATEN Mempunyai Maksud yaitu Mewujudkan Kecamatan sebagai pusat pelayanan masyarakat dan menjadi simpul pelayanan bagi Kantor/Badan Pelayanan Terpadu di Kabupaten/Kota.

Kemudian PATEN bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan mendekatkan pelayanan kepada masyarakat.

Adapun susunan Tim Teknis PATEN yang ditetapkan dengan SK Bupati. Susunan Tim Teknis PATEN tersebut akan mengacu pada Permendagri Nomor 4 Tahun 2010. Ketua adalah Sekretaris Daerah dan Wakil Ketua adalah Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan, Sekretaris adalah Kepala Bagian Tata Pemerintahan Setdakab. Kemudian untuk anggotanya dari Bapeda dan instansi yang terkait.

Sedangkan tugas tim teknis PATEN adalah Mengidentifikasi kewenangan Bupati berkaitan dengan pelayanan yang dilimpahkan kepada Camat, kemudian mempersiapkan rancangan kebijakan dan petunjuk umum / teknis yang dibutuhkan dalam penerapan PATEN. Tim teknis PATEN juga harus memfasilitasi terselenggaranya PATEN dengan merekomendasikan kepada Bupati. Kecamatan yang telah memenuhi syarat ditetapkan sebagai penyelenggara PATEN Dan melaporkan hasil pelaksanaan tugas Tim Teknis PATEN kepada Bupati Labuhanbatu Selatan.




BPK RI Perwakilan Sumut Kunjungan Kerja ke Kabupaten Labuhanbatu Selatan...

Rabu, 25 Januari 2017

Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI) Perwakilan Sumatera Utara mengunjungi Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu Selatan , Kamis 19/1/2017.

Kunjungan ini merupakan kunjungan kerja dalam rangka meningkatkan silaturahmi antara Badan Pemeriksaan Keuangan Republik Indonesia (BPK RI) perwakilan Sumatera Utara dengan Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu Selatan.

Dra. V. M. Ambar Wahyuni MM, AK, CA Kepala BPK RI Perwakilan Sumut menyampaikan adapun maksud kedatangannya hanya kunjungan kerja biasa dalam rangka meningkatkan silaturahmi antara Badan Pemeriksaan Keuangan Republik Indonesia Republik Indonesia (BPK RI) perwakilan Sumatera Utara dengan Pemkab Labuhanbatu Selatan dan Kabupaten/Kota lainnnya

Kedatangan Ambar Wahyuni juga didampingi oleh pejabat BKP RI perwakilan Sumut lainnya.

Ia menambahkan sebelum ke Kabupaten Labuhanbatu Selatan, BPK RI juga telah melakukan kunjungan kerja ke wilayah Tapteng, Tapsel, Kota Padangsidimpuan, Padang Lawas dan untuk selanjutnya akan melaksanakan kunjungan kerja ke wilayah Labuhan Batu.

Sementara itu Bupati Labuhanbatu Selatan H. Wildan Aswan Tanjung, SH, MM, mengatakan pertemuan, ini merupakan kunjungan biasa saja, dalam rangka peningkatan pengawasan pemeriksaan pendahuluan pemerintah daerah Kabupaten/Kota se sumatera utara. dan harapan saya pertemuan ini menambah wawasan dan pemahaman para ASN di dalam melaksanakan tugas tugas yang demban sesuai dengan aturan yang berlaku dan kepada BPK Perwakilan Sumatera Utara Bupati berharap menyampaikan wejangan dan transfer ilmu kepada ASN supaya setiap Pekerjaan dilakukan sesuai pada koridor semestinya.
turut hadir juga dalam pertemuan tersebut Kepala Inspektorat Labuhanbatu Selatan, Kadispenda dan para ASN dilingkungan Pemkab Labuhanbatu Selatan

 

 

 

 

 

 

 

 

Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI) Perwakilan Sumatera Utara mengunjungi Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu Selatan , Kamis 19/1/2017.

Kunjungan ini merupakan kunjungan kerja dalam rangka meningkatkan silaturahmi antara Badan Pemeriksaan Keuangan Republik Indonesia (BPK RI) perwakilan Sumatera Utara dengan Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu Selatan.

Dra.V.M.Ambar Wahyuni MM, AK, CA Kepala BPK RI Perwakilan Sumut menyampaikan adapun maksud kedatangannya hanya kunjungan kerja biasa dalam rangka meningkatkan silaturahmi antara Badan Pemeriksaan Keuangan Republik Indonesia Republik Indonesia (BPK RI) perwakilan Sumatera Utara dengan Pemkab Labuhanbatu Selatan dan Kabupaten/Kota lainnnya

Kedatangan Ambar Wahyuni juga didampingi oleh pejabat BKP RI perwakilan Sumut lainnya diterima langsung Oleh Bupati dikantor Bupati Labuhanbatu Selatan Sosopan

Ia menambahkan sebelum ke Kabupaten Labuhanbatu Selatan, BPK RI juga telah melakukan kunjungan kerja ke wilayah Tapteng, Tapsel, Kota Padangsidimpuan, Padang Lawas dan untuk selanjutnya akan melaksanakan kunjungan kerja ke wilayah Labuhan Batu.

Sementara itu Bupati Labuhanbatu Selatan H. Wildan Aswan Tanjung, SH, MM, mengatakan pertemuan, ini merupakan kunjungan biasa, dalam rangka peningkatan pengawasan pemeriksaan pendahuluan kepada Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota se Sumatera Utara.


turut hadir juga dalam pertemuan tersebut Kepala Inspektorat Labuhanbatu Selatan, Kadispenda dan para ASN dilingkungan Pemkab Labuhanbatu Selatan

Sebanyak 52 ASN Eselon III dan IV di lingkup Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu Selatan dilantik...

Rabu, 25 Januari 2017

Sebanyak 52 ASN Eselon III dan IV di lingkup Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu Selatan dilantik dan diambil sumpahnya

Acara pelantikan dipimpin oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Labuhanbatu Selatan di Aula pertemuan Kantor Bupati Sosopan, Rabu pagi (25/1).

Bupati Labuhanbatu Selatan dalam sambutan tertulis yang dibacakan oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Labuhanbatu Selatan mengatakan bahwa proses pelantikan dan mutasi bagi Aparatur Birokrasi Pemerintah merupakan hal yang lumrah seiring tuntutan dan dinamika Organisasi.

Pelantikan dan mutasi adalah bagian dari kebutuhan organisasi dalam rangka peningkatan kapasitas karier Pegawai.

Pertimbangan utama yang digunakan dalam menentukan jabatan bagi setiap Aparatur Sipil Negara adalah sesuai dengan Kompetensi, pengabdian dan komitmen terhadap tugas serta tanggung jawab kepada Negara. Oleh karenanya, setiap pejabat hendaknya mempunyai kemauan yang kuat untuk memiliki wawasan yang luas dan siap membantu pimpinan dalam merumuskan dan melaksanakan kebijakan. Dengan demikian , diharapkan para pejabat dapat menjadi roda penggerak organisasi. ujarnya.

Adapaun rincian ASN yang dilantik adalah Eselon III berjumlah 6 orang diantaranya Drs. Daham menjabat sebagai Sekretaris pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Labuhanbatu Selatan, Roslela Hayati Harianja, SKM menjabat sebagai Kepala Bidang Distribusi Pangan pada Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Labuhanbatu Selatan, Samwel Efendi. S.Kep Ners menjabat sebagai Kepala Bidang Keperawatan pada RSUD Kotapinang Kabupaten Labuhanbatu Selatan, sedangkan Eselon IV berjumlah 46 orang.

Turut hadir pada pelantikan tersebut Muspida, Para Asisten, Kepala Dinas, Badan dan kantor di lingkungan Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu Selatan/

 

Bupati Labuhanbatu Selatan dan Ketua DPRD Teken MoU KUA PPAS APBD Tahun 2017...

Rabu, 21 Desember 2016

Bupati Labuhanbatu Selatan H. Wildan Aswan Tanjung, SH, MM dan Ketua DPRD Kabupaten Labuhanbatu Selatan, dalam Rapat Paripurna DPRD Labuhanbatu Selatan Rabu (21/12/2016) meneken atau menandatangani Nota Kesepakatan Bersama atau Memory of Understanding (MoU) Kebijakan Umum Anggaran dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA dan PPAS) Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Labuhanbatu Selatan 2017.

Penandatanganan kesepakatan bersama KUA dan PPAS APBD 2017 dilakukan setelah DPRD Labuhanbatu Selatan menyetujui KUA dan PPAS APBD Labuhanbatu selatan 2017 yang disampaikan Badan Anggaran DPRD.

Ketua Badan Anggaran Abdul Zubir Siregar dalam penyampaian Hasil laporannya menyampaikan bahwa pembahasan Rancangan Kebijakan Umum Anggaran dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) Tahun Anggaran 2017 dilakukan secara Komprehensif dan Responsibility antara Badan Anggaran Dewan dengan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Labuhanbatu Selatan dengan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) beserta SKPD akan dituangkan dalam Kebijakan Umum Anggaran dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) Tahun Anggaran 2017, dan menghasilkan beberapa butir kesepakatan yakni Skala Prioritas Kebijakan Umum APBD (KUA) Tahun Anggaran 2017 serta Prioritas dan Plafon Anggaran Sementara (PPAS) Tahun Anggaran 2017 telah disesuaikan dengan kondisi saat ini dan berdasarkan pada isu isu yang berkembang  di masyarakat, kemudian Disepakati penyempurnaan dan perbaikan terhadap Kebijakan Umum APBD (KUA) Tahun Anggaran 2017.  

Pendapatan Daerah diproyeksikan sebesar Rp. 849.742.956.847,00 (849 MILYAR  742 JUTA 956 RIBU 847 RUPIAH) dengan rincian Pendapatan Asli Daerah sebesar RP. 41.196.542.000,00 (41 MILYARD 169 JUTA 542 RIBU RUPIAH)

Dana perimbangan yang berasal dari bagi hasil pajak dan bagi hasil bukan pajak, dana alokasi UMUM (DAU) dan Dana Alokasi Khusus (DAK) sebesar RP. 741.734.194.000,00 (741 MILYARD 734 JUTA 194 RIBU RUPIAH)

Lain lain Pendapatan Daerah yang sah yang berasal dari pendapatan hibah, Bagi Hasil Pajak dari Provinsi, dana penyesuaian dan Otonomi Khusus pada KUA PPAS RAPBD Tahun Anggaran 2017  sebesar RP. 66.839.220.847,00 (66 MILYARD 839 JUTA 220 RIBU 847 RUPIAH)

Selanjutnya tentang Belanja Daerah yang terdiri dari Belanja Langsung dan Belanja tidak Langsung pada KUA PPAS RAPBD Tahun Anggaran 2017 sebesar RP. 877.264.129.947,00 (877 MILYARD 264 JUTA 129 RIBU 947 RUPIAH) setelah dilakukan pembahasan bertambah menjadi Rp. 878.764.129.947,00 (878 MILYAR 764 JUTA 129 RIBU 947 RUPIAH

Dengan telah dilakukannya koreksi dan penyempurnaan, maka Rancangan Kebijakan Umum APBD KUA Tahun Anggaran 2017 serta Prioritas dan Plafon Anggaran Sementara PPAS Tahun Anggaran 2017 telah disesuaikan dengan ketentuan perundang undangan yang berlaku dengan mempertimbangkan kondisi Daerah.

Bupati Labuhanbatu Selatan dalam sambutannya menyampaikan Apresiasi setinggi tingginya atas kerja keras Tim Anggaran baik dari Badan Anggaran DPRD maupun Tim Anggaran Pemerintah Kabupaten, bebarapa koreksi menjadi kritik yang membangun bagi Pemerintah Kabupaten untuk penyempurnaan demi terwujudnya pembangunan merata di Labuhanbatu Selatan.

Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Labuhanbatu Selatan dipimpin Wakil Ketua DPRD Labuhanbatu Selatan chairul didampingi anggota DPRD lainnya. Selain dihadiri Bupati turut juga hadir Wakil Bupati Labuhanbatu Selatan Drs. Kholil Jupri Harahap, MUSPIDA, Sekda Labuhanbatu Selatan Zulkifli, SIP, MM dan Para Kepala SKPD di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu Selatan.

 

 

Pemkab Labuhanbatu Selatan peringati Maulid Nabi Muhammad SAW 1438 H/2016 M...

Rabu, 21 Desember 2016
Pemkab Labuhanbatu Selatan peringati Maulid Nabi Muhammad SAW 1438 H/2016 M di Pendopo Santun Berkata Bijak Berkarya Kotapinang, Selasa (27/12). Hadir pada acara tersebut Bupati H. Wildan Aswan Tanjung, SH, MM,  Ketua DPRD H. Jabaluddin Dasopang, FKPD, Sekda, Pimpinan SKPD, Pimpinan Perbankan, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat dan PNS dilingkungan Pemkab Labuhanbatu Selatan.
Bupati Labuhanbatu Selatan H. Wildan Aswan Tanjung, SH, MM dalam sambutannya mengajak masyarakat Labuhanbatu Selatan untuk memetik mutiara hikmah dari peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dengan menjadikan Nabi Muhammad SAW sebagai suri tauladan dala segala aspek kehidupan di dunia.
H. Wildan Aswan Tanjung, SH, MM juga mengajak seluruh masyarakat untuk mencontoh dan meneladani kepribadian dan perjuangan Nabi Muhammad SAW  dalam membangun solidaritas dan berjuang membangun Labuhanbatu Selatan.
Diakhir sambutannya H. Wildan Aswan Tanjung, SH, MM berpesan kepada para alim ulama dan tokoh masyarakat agar meningkatkan upaya-upaya pendalaman kajian yang terkandung dalam Al-Qur’an dan Hadist guna membentengi diri dari berbagai tantangan global.
Hal senada juga disampaikan Ketua DPRD H. Jabaluddin Dasopang yang mengajak masyarakat untuk menjadikan akhlak Rasulullah SAW sebagai teladan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara demi terwujudnya Kabupaten Labuhanbatu Selatan yang santun berkata bijak berkarya.
H. Jabaluddin Dasopang mengajak dan mengingatkan kaum muslimin di Labuhanbatu Selatan untuk menanamkan nilai-nilai ajaran Islam yang penuh kedamaian.
“Jauhkan saudara-saudara kita dari ajaran islam yang menyimpang, sesat dan menyesatkan, cegah saudar-saudara kita melakukan tindakan radikalisme, terorisme dan pemahaman jihad yang tidak pada tempatnya yang mengatasnamakan ajaran Islam”, ujar H. Jabaluddin Dasopang.
Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1438 H/2016 M juga diisi dengan pemberian bingkisan kepada tokoh masyarakat se Kabupaten Labuhanbatu Selatan. Tausyiah seputar maulid Nabi Muhammad SAW disampaikan oleh Ust. H. Sutan Sahril Dalimunthe, M.Ag, MA

DPRD Kabupaten Labuhanbatu Selatan gelar paripurna penyampaian nota pengantar Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Priorita...

Senin, 19 Desember 2016
Paripurna Nota Pengantar KUA PPAS 2017 dipimpin ketua DPRD Labuhanbatu Selatan, H. Jabaluddin Dasopang, hadir dalam paripurna tersebut Bupati Labuhanbatu Selatan H. Wildan Aswan Tanjung, SH, MM, wakil Bupati Drs. Kholil Jufri Harahap, Sekda Zulkifli, SIP, MM, Muspida dan kepala SKPD dilingkungan Pemkab Labuhanbatu Selatan. 
H. Wildan Aswan Tanjung, SH, MM dalam sambutannya menjelaskan KUA-PPAS RAPBD 2017 disusun berdasarkan permendagri nomor 13 tahun 2006 tentang Pedoman Pengelolaan Keuangan Daerah dan Permendagri Nomor 31 Tahun 2016 tentang Pedoman Penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Tahun 2017.
Lebih lanjut H. Wildan Aswan Tanjung, SH, MM menjelaskan Pemkab Labuhanbatu Selatan melalui KUA-PPAS RAPBD 2017 berupaya mensinergikan prioritas pembangunan nasional dengan prioritas pembangunan Kabupaten Labuhanbatu Selatan, antara lain peningkatan kualitas pendidikan, peningkatan kualitas dan pelayanan kesehatan, peningkatan pembangunan infrastruktur, perhubungan, pertanian dan ketahanan pangan serta pemberdayaan ekonomi kerakyatan.
Pada kesempatan itu juga, H. Wildan Aswan Tanjung, SH, MM mengatakan berdasarkan PP 18 tahun 2016 tentang Perangkat Daerah, Pemkab Labuhanbatu Selatan telah menetapkan Perda tentang Perangkat Daerah, dengan ditetapkannya Perda tersebut terdapat beberapa perubahan atas jumlah maupun nama SKPD.
“Atas perubahan tersebut, tentu berpengaruh terhadap pembiayaan daerah, dimana pada tahun 2016 jumlah SKPD hanya 33, sedangkan untuk tahun 2017 telah berjumlah sebanyak 36 SKPD”, jelas H. Wildan Aswan Tanjung, SH, MM. 
Dalam KUA PPAS RAPBD 2017, pendapatan daerah diproyeksikan sebesar Rp. 849 milyar lebih atau berkurang 0,63% bila dibandingkan dengan APBD Tahun Anggaran 2016 sebesar Rp. 855 milyar lebih, sedangkan belanja daerah diproyeksikan sebesar Rp. 877 milyar lebih atau berkurang 1,48 % bila dibandingkan dengan APBD Tahun Anggaran 2016 yaitu sebesar Rp. 890 milyar lebih. 
Diakhir sambutannya, H. Wildan Aswan Tanjung, SH, MM berharap agar dilakukan pengkajian dan pembahasan bersama agar anggaran tersebut benar-benar dapat memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi seluruh masyarakat Labuhanbatu Selatan.

dihadiri ratusan guru se-Kabupaten,Resepsi Hari Guru Nasional dan HUT Persatuan Guru Republik Indonesia Ke-71 di Kabupat...

Rabu, 14 Desember 2016

Puncak Peringatan dan Resepsi Hari Guru Nasional dan HUT Persatuan Guru Republik Indonesia Ke-71 di Kabupaten Labuhanbatu Selatan digelar di Aula Santun Berkata Bijak Berkarya SBBK, Rabu (14/12). Dalam peringatan tersebut dihadiri oleh H.Wildan Aswan Tanjung, SH, MM dan, Sekda Kabupaten Labuhanbatu Selatan Zulkifli, SIP, MM, Danramil Kotapinang, Kapolsek Kotapinang yang mewakili, Para Kepala Dinas, Badan dan Kantor, Ibu Ketua MTN, Ketua Dharma Wanita serta para guru se-Kabupaten Labuhanbatu Selatan.

Sesuai dengan laporan Ketua Panitia Resepsi HUT PGRI tingkat Kabupaten yang disampaikan bapak Mangayat Jago Ritonga, S.pd, SE bahwa untuk memeriahkan HUT PGRI ini telah dilaksanakan berbagai kegiatan diantaranya kegiatan Seminar di Lima Kecamatan Se Labuhanbatu Selatan, kemudian lomba jalan sehat yang di ikuti oleh PGRI diakhiri dengan pengundian lucky draw dengan hadiah menarik.  

Pada kesempatan tersebut, Bupati Labuhanbatu Selatan menyampaikan arahannya. Dalam Pidatonya Bupati menyampaikan apresiasi kepada PGRI Se-Kabupaten Labuhanbatu Selatan atas pengabdiannya selama ini, Guru merupakan pahlawan yang mencerdaskan anak bangsa sehingga kita semua termasuk saya bisa menjadi seperti sekarang itu tidak akan mungkin terjadi kalau tidak karena Guru, itu semua berkat Guru, “saya meminta secara khusus kepada Tim Anggaran Labuhanbatu Selatan untuk memperhatikan anggaran terkait peningkatan pendidikan termasuk kesejahteraan Guru dan pelajar, kabupaten Labuhanbatu Selatan di tahun mendatang”.

“Kita patut bangga baru baru ini Kabupaten Labuhanbatu Selatan baru mendapat sebuah penghargaan Praja Nugraha, suatu penghargaan terbesar sejak Zaman Orde Baru dengan kriteria Kepedulian Kepala Daerah terhadap Pendidikan termasuk kepada PGRI di daerah masing-masing, hal ini tentu sangat membanggakan mengingat Labuhanbatu Selatan terbilang Kabupaten relatif baru berdiri, selain itu ada ratusan Kepala Daerah se-indonesia yang mengikuti Penilaian itu namun kita bisa keluar menjadi pemenang, ini semua tentu tidak lepas dari kerja sama yang baik di antara kita semua” ujarnya.

Ditambahkan lagi “memang harus kita akui masih ada sebagian kecil para pendidik kita yang bersedia mengajar tapi tidak bersedia untuk diajar, hal ini tidak baik untuk pendidikan karena mengejar ilmu itu tidak terbatas, selain itu hierarki dan penghormatan perlu kita tanamkan bersama agar kita menghormati para pendidik pendidik kita termasuk pendidik yang lebih senior termasuk pendidik yang sudah memasuki masa pensiun. Untuk itu marilah kita bersama sama memajukan pendidikan di kabupaten Labuhanbatu Selatan

Pada kesempatan tersebut diberikan bantuan tali asih kepada para anak didik yatim yang merupakan putra putri PGRI dan dilanjutkan dengan pemberian penghargaan kepada para Guru dari perwakilan.

.

Pemerintah Kabupaten beserta Muspida dan ratusan masyarakat dari berbagai unsur hadiri Apel Nusantara...

Kamis, 01 Desember 2016

Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu Selatan dari berbagai unsur menggelar Apel Nusantara Bersatu. Turut hadir Muspida dari TNI, Polri, Kajari, MUI, FKUB, Tokoh Agama, Ormas dan OKP, Pelajar yang bertempat di Aula gedung SBBK Kotapinang, Rabu (30/12).

Bupati Labuhanbatu Selatan H.Wildan Aswan Tanjung ,SH,MM menyampaikan bahwa Apel Nusantara Bersatu ini dilaksanakan diseluruh Indonesia dan bertujuan mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk menjaga kesatuan dan persatuan bangsa yang berasaskan Bhineka Tunggal Ika. “Artinya agar kita dalam bernegara tidak membedakan satu sama lainya,”paparnya.

Bupati juga menyampaikan harapannya kepada para pemuka agama untuk membimbing jemaatnya supaya tercipta perdamaian, “sejak berdirinya Indonesia di masa masa penjajahan dulu segala suku, Ras, Agama memiliki semangat juang yang sama untuk mengusir penjajahan diatas bumi pertiwi, NKRI dikenal dengan Negara yang unik skaligus istimewa dikarenakan walau berbeda beda suku, Agama dan Ras tetapi bisa hidup berdampingan secara rukun.

Bupati juga menyampaikan rasa terima kasih kepada masyarakat Lauhanbatu Selatan karena telah menjaga perdamaian dan perdamaian ini sangat perlu demi pembangunan berkelanjutan, hal itu sangat sejalan dengan Motto Labuhanbatu Selatan Santun Berkata Bijak Berkarya 

Dalam acara Apel Nusantara ini sekaligus dilakukan penandatanganan pernyataan sikap bersama untuk menjaga kesatuan dan persatuan bangsa Republik Indonesia yang Berbhineka Tunggal Ika, dan menjaga keutuhan NKRI.

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15