BERITA

Bank Sumut bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu Selatan menggelar acara Sosialisasi Penerapan Aplikasi E...

Selasa, 23 Mei 2017

Dalam rangka mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik (good governance) dan pemerintahan yang bersih (Clean Government), Bank Sumut bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu Selatan menggelar acara Sosialisasi Penerapan Aplikasi E-Government menuju pemerintahan Good Governance dan Clean Governance melalui pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi berbasis Elektronik di Kabupaten Labuhanbatu Selatan.

Bertempat di ruang aula Pertemuan Kantor Bupati Sosopan Kecamatan Kotapinang, acara Sosialisasi dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kabupaten, Zulkifli, SIP, MM, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Ir. Ralikul Rahman, unsur pimpinan Bank Sumut Pusat maupun Bank Sumut cabang Kotapinang, perwakilan dari BPKP Propinsi Sumatera Utara, para kepala SKPD, Adminstrator Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu Selatan.

Bupati dalam kata sambutan yang disampaikan oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Labuhanbatu Selatan menyampaikan bahwa inti dari E- Government adalah pemanfaatan Teknologi Informasi yang berbasis Internet untuk mendukung penyelenggaraan Pemerintahan terutama terkait penyediaan pelayanan kepada masyarakat.

Disampaikan juga bahwa penerapan E-Government diharapkan dapat meningkatkan efisiensi, meningkatkan proses, mengotomatisasi tugas tugas yang sebelumnya dilakukan oleh Pegawai Pemerintah serta mempermudah dan mempercepat Pelayanan Publik. Menurutnya E-Government ini bukanlah hal yang baru melainkan keharusan yang harus di terapkan dalam mengelola pemerintahan oleh karenanya diminta supaya setiap jajaran Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu Selatan harus siap beradaptasi, bersaing di Era Teknologi dan Informasi dewasa ini. Ujarnya.

Lebih lanjut disampaikan Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu Selatan berkomitmen untuk mempercepat penerapan E- Government guna terwujudnya konsep Smart City di Kabupaten Labuhanbatu Selatan, dan kunci dari suksesnya penerapan E- Government di Kabupaten Labuhanbatu Selatan adalah dukungan dari para pemangku jabatan Stake Holder untuk benar benar berkomitmen menerapkan konsep E- Government dan bukan hanya sekedar mengikuti trend, Bupati berharap kegiatan Sosialisasi oleh Bank Sumut ini membawa dampak positif bagi Peserta dalam mengelola Pemerintah, dan kepada narasumber beliau juga berharap untuk bersedia mentransformasikan ilmu kepada peserta sosialisasi, tutup beliau

Dalam kesempatan itu Ketua Panitia Ali Akbar yang merupakan Kepala Cabang Bank Sumut Kotapinang menyampaikan bahwa peningkatan Pelayanan Publik (Public Service) melalui penerapan E- Government saat ini mutlak diperlukan dalam upaya untuk peningkatan transparansi pengelolaan uang Daerah yang berasal dari penerimaan Daerah yang bersumber dari Pajak/Retribusi Daerah dan seluruh penerimaan Asli Daerah yang sah sesuai perundang undangan

Pemaparan materi Sosialisasi E-Government disampaikan oleh narasumber perwakilan dari BPKP Propinsi Sumatera Utara, bapak Rustam dan dari pihak Bank Sumut Pusat Medan, di akhir acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab peserta dengan pemateri.

Pemkab Labuhanbatu Selatan laksanakan Upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional Ke- 109 ...

Selasa, 23 Mei 2017
Pemkab Labuhanbatu Selatan laksanakan Upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional Ke- 109 Tahun 2017 dengan penuh khidmat, Senin (22/5) di Lapangan Santun Berkata Bijak Berkarya Kotapinang. Bertindak selaku Inspektur Upacara Wakil Bupati Labuhanbatu Selatan Drs. Kholil Jufri Harahap.
Turut hadir pada acara tersebut Unsur Muspida, Sekda Zulkifli, SIP, MM, Pimpinan SKPD dilingkungan Pemkab Labuhanbatu Selatan, Tokoh Agama, Tokoh Pemuda dan Tokoh masyarakat.
Menkominfo Rudiantara dalam pidatonya yang dibacakan Wakil Bupati Labuhanbatu Selatan Drs. Kholil Jufri Harahap menyampaikan semangat kebangkitan nasional tidak pernah memudar, namun justru semakin menunjukkan urgensinya bagi kehidupan berbangsa. Padahal semangat itu tercetus setidaknya 109 tahun yang lalu, ditandai dengan berdirinya Boedi Oetomo, namun sampai sekarang tetap sangat ampuh menyatukan dan menyemangati gerak kita sebagai bangsa.
Betapa tak mudahnya para pendahulu merajut angan keindonesiaan saat itu, ketika infrastruktur transportasi dan komunikasi masih terbatas, ketika sumber daya insani yang teguh dengan pemikiran keindonesiaan masih dapat dihitung dengan jari, ketika acuan untuk memperkokoh dasar-dasar kesamaan suku bangsa dan adat masih belum mengakar kuat, ketika semuanya itu berada dalam konteks ketakutan akan kekejaman kolonialis yang siaga memberangus setiap pemikiran yang memantik hasrat lepas dari belenggu penjajahan.
Lebih lanjut Rudiantara menjelaskan bahwa Presiden Joko Widodo pada awal tahun ini telah mencanangkan penekanan khusus pada aspek pemerataan dalam semua bidang pembangunan. Bukan berarti sebelumnya kita abai terhadap aspek ini, malah sejak awal, dalam program Nawacita yang disusun pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla, aspek pemerataan mendapat porsi perhatian yang sangat tinggi. Pemerataan pembangunan antarwilayah hendak diwujudkan dengan membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka negara kesatuan.
Rudiantara juga menjelaskan bahwa persoalan pemerataan hampir merupakan masalah semua bangsa. Bahkan negara-negara maju pun berkutat dengan isu kesenjangan yang sama. Beberapa bahkan mencatatkan indeks yang lebih tinggi, lebih senjang dibanding Indonesia. Namun bagi kita mewujudkan pemerataan yang berkeadilan sosial adalah juga menjadi penghormatan terhadap cita-cita para peletak dasar bangunan kebangsaan yang menginginkan tidak ada jurang yang membatasi peyebaran kesejahteraan bagi seluruh penduduk Indonesia. Bagi kita, kebangkitan nasional hanya berarti jika tidak ada satu anak bangsa pun yang tercecer dari gerbong kebangkitan tersebut.
Rudiantara berharap “Pemerataan Pembangunan Indonesia yang Berkeadilan sebagai Wujud Kebangkitan Nasional” yang menjadi tema peringatan Hari Kebangkitan Nasional Tahun 2017 ini adalah pesan yang tepat dan seyogyanya tidak hanya tertanam di dalam hati, namun juga segera diwujudkan melalui strategi, kebijakan dan implementasi dalam pelayanan kita kepada masyarakat dan bangsa.

Wakil Bupati Labuhanbatu Selatan Membuka acara Pelatihan Aparatur Pemerintah Desa dalam bidang Pengadaan Barang dan Jasa...

Kamis, 18 Mei 2017

Penerimaan dana untuk pembangunan Desa melalui DD Dana Desa dan ADD Alokasi Dana Desa diharapkan bisa tepat guna, tepat sasaran dan tepat hasil.

Hal itu disampaikan Wakil Bupati Labuhanbatu Selatan Drs. Kholil Jupri Harahap dalam sambutannya di acara Pelatihan Aparatur Pemerintah Desa dalam bidang Pengadaan Barang dan Jasa di Desa Kabupaten Labuhanbatu Selatan Tahun 2017 di balai Pertemuan Kantor Camat Kotapinang, Jln HM. Yamin  Kotapinang (Kamis 18/05/17), Pelatihan ini di ikuti 108 peserta meliputi Kades dan Sekretaris Desa Se-Kabupaten Labuhanbatu Selatan, Narasumber berasal dari Dinas Pengadaan Barang dan Jasa Provinsi Sumatera Utara.

“Prinsip dan etika Pengadaan Barang dan Jasa di Desa diusahakan Se Efisien mungkin dengan menggunakan dana dan daya yang minimum untuk mencapai kualitas dan sasaran dalam waktu yang ditetapkan dengan kuantitas yang Maksimum” ujar Wakil Bupati.

Lebih lanjut Wakil Bupati juga mengajak para Kepala Desa dan Sekretaris Desa untuk bekerja secara Profesional dengan mengenyampingkan Ego dan Kepentingan individu melainkan bekerjalah dengan dedikasi penuh dan keikhlasan.

“Jangan pilih kasih terhadap warga yang hendak mengurus segala sesuatu di Desa, ubah pola lama yang sudah usang seperti mempersulit segala urusan warga padahal urusan bisa dilakukan secara cepat, tepat dan transparan. dan yang tidak kalah penting adalah jauhkan perilaku Pungutan Liar (pungli) kepada warga jika tidak ingin berurusan dengan hukum” tegas Wakil Bupati mengakhiri sambutannya.

Kepala Bidang Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat Hj. Nurlela SE, MM menyampaikan laporannya bahwa peserta di ikuti oleh 108 orang dari unsur Desa baik Kepala Desa maupun Sekretaris Desa.

Adapun tujuan dari Pelatihan Aparatur Pemerintah Desa dalam Bidang Pengadaan Barang dan Jasa ini adalah untuk mempedomani para kepala desa, Sekretaris Desa bagaimana melaksanakan pengadaan barang dan jasa dengan baik, akuntabel dan transparan sesuai dengan peraturan yang ada.

Bupati Labuhanbatu Selatan H. Wildan Aswan Tanjung, SH, MM menghadiri peletakan batu pertama pembangunan gedung kantor K...

Kamis, 18 Mei 2017
Bupati Labuhanbatu Selatan H. Wildan Aswan Tanjung, SH, MM menghadiri peletakan batu pertama pembangunan gedung kantor Kementerian Agama kabupaten Labuhanbatu Selatan di desa Hadundung, Selasa (16/5). Turut hadir pada acara tersebut Mewakili Kakanwil Kemenag Provinsi Sumatera Utara Kabid Urusan Agama Islam Drs. H. Dahman Hasibuan, MA, Wakil Bupati Labuhanbatu Selatan Drs. Kholil Jufri Harahap, Sekda Zulkifli, Kakan Kemenag Labuhanbatu Selatan Drs. Chairul Syam, Pimpinan SKPD dilingkungan Pemkab Labuhanbatu Selatan, Tokoh Agama dan Tokoh masyarakat. Kakanwil Kemenag Provinsi Sumatera Utara yang diwakili Kabid Urusan Agama Islam Drs. H. Dahman Hasibuan, MA dalam pidatonya mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada Pemkab Labuhanbatu Selatan yang telah membantu terwujudnya pembangunan gedung kantor Kementerian Agama Kabupaten Labuhanbatu Selatan. “Merupakan lembaran pertama dalam sejarah di Sumatera Utara dan secara Nasional Pembangunan kantor kemenag yang dianggarkan dalam APBD, yaitu di Kabupaten Labuhanbatu Selatan”, ujarnya. Drs. H. Dahman Hasibuan, MA berharap agar jajaran Kemenag Kabupaten Labuhanbatu Selatan dapat meningkatkan sinergitas dan mendukung seluruh program Pemkab Labuhanbatu Selatan. Sementara itu, Bupati Labuhanbatu Selatan H. Wildan Aswan Tanjung, SH, MM dalam sambutannya mengajak jajaran Kementerian Agama Kabupaten Labuhanbatu Selatan untuk terus meningkatkan pelayanannya kepada masyarakat dan pembinaan kerukunan umat beragama. H. Wildan Aswan Tanjung, SH, MM menjelaskan bahwa pembangunan gedung kantor kemenag dapat terlaksana karena dukungan seluruh komponen masyarakat kabupaten Labuhanbatu Selatan.

Wakil Bupati Labuhanbatu Selatan Drs. Kholil Jufri Harahap Melantik 2 Kepala Desa Terpilih...

Rabu, 03 Mei 2017
Wakil Bupati Labuhanbatu Selatan Drs. Kholil Jufri Harahap melantik 2 Kepala Desa Terpilih di Aula Kantor Bupati Labuhanbatu Selatan, Jum’at (28/4). Turut hadir dalam acara tersebut, Sekda Zulkifli, SIP, MM, Danramil 11 Kotapinang Mayor. Czi. Baginda Siregar, SH, Kapolsekta Kotapinang Kompol Adi Santri Sanjaya, S.Sos, mewakili Kajari Labuhanbatu Selatan, Kepala SKPD, Camat dan Lurah/Kades se Kabupaten Labuhanbatu Selatan.
Drs. Kholil Jufri Harahap saat membacakan pidato Bupati Labuhanbatu Selatan menegaskan agar Kades yang baru dilantik segera menyusun RPJM-Desa dan ditetapkan dengan peraturan desa yang memuat visi, misi, tujuan, strategi dan kebijakan paling lambat 3 (tiga) bulan setelah dilantik.
“Penyusunan perencanaan pembangunan tersebut harus dilaksanakan secara partisipatif oleh pemerintah desa dengan melibatkan BPD, lembaga kemasyarakatan di desa dan disusun secara sistematis, terarah, terpadu, menyeluruh dan tanggap terhadap perubahan”, tegas Drs. Kholil Jufri Harahap.
Pada kesempatan itu, Drs. Kholil Jufri Harahap mengajak seluruh jajaran pemerintah baik ditingkat desa/kelurahan, kecamatan dan kabupaten untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.
Diakhir sambutannya, Drs. Kholil Jufri Harahap mengajak kades yang baru dilantik untuk merangkul seluruh masyarakat yang terkotak-kotak pada saat pelaksanaan pilkades. “Rangkul semua masyarakat agar kembali sebagaimana biasanya seperti sebelum pilkades”, ujarnya.
2 Kades yang dilantik adalah Ponijan sebagai Kades Perkebunan Batang Saponggol Kecamatan Kampung Rakyat dan Ali Amran Nasution Kades Perkebunan Normark Kecamatan Kotapinang.
Ke-2 Kades tersebut merupakan hasil Pilkades serentak yang berjalan dengan aman dan lancar pada tanggal 8 Maret 2017 yang lalu.

Bupati Labuhanbatu Selatan Resmikan Jembatan Rambin yang Menghubungkan Lingkungan Janji Manahan Menuju Lingkungan Sabung...

Rabu, 26 April 2017
Bupati Labuhanbatu Selatan H. Wildan Aswan Tanjung, SH, MM meresmikan jembatan rambin yang menghubungkan lingkungan Janji Manahan menuju lingkungan Sabungan Simpang Torpa Kelurahan Langgapayung Kecamatan Sungai Kanan, Rabu (26/4).
Peresmian jembatan rambin ditandai dengan pemotongan pita oleh Bupati Labuhanbatu Selatan H. Wildan Aswan Tanjung, SH, MM bersama Ketua DPRD H. Jabaluddin, S.Sos, Wakil Ketua DPRD Chairul Harahap, Sekda Zulkifli, Unsur Muspida Labuhanbatu Selatan dan Camat Sungai Kanan M. Reza Fahlevi SSTP.
Bupati Labuhanbatu Selatan H. Wildan Aswan Tanjung, SH, MM dalam sambutannya menjelaskan bahwa jembatan rambin di Janji Manahan dibangun Pemerintah Daerah atas usulan masyarakat melalui musrenbang.
H. Wildan Aswan Tanjung, SH, MM berharap Jembatan rambin yang dibangun dapat meningkatkan produksi perkebunan masyarakat sekaligus meningkatkan perekonomian masyarakat.
Diakhir sambutannya H. Wildan Aswan Tanjung, SH, MM juga mengajak masyarakat untuk meningkatkan semangat kegotong royongan dan meningkatkan partisipasinya dalam mendukung pembangunan di Labuhanbatu Selatan.
Hal senada disampaikan Ketua DPRD H. Jabaluddin, S.Sos yang mengajak masyarakat untuk mengikhlaskan sebahagian lahannya untuk kepentingan pembangunan diwilayahnya.
“harapan saya, sama-sama kita mengikhlaskan menghibahkan sebagian lahan kita untuk kepentingan umum” ujarnya.
Jembatan Rambin yang diberikan nama Jembatan Rambin JANJI MANAHAN oleh Bupati Labuhanbatu Selatan tersebut menggunakan konstruksi Rangka Baja Pabrikan.
Jembatan Rambin JANJI MANAHAN memiliki bentang utama sepangjang 96 m, tinggi rangka jembatan 1,88 m dan lebar 2,5 m sehingga bisa dilalui kendaraan roda 4.
Jembatan Rambin yang menghubungkan dua lingkungan tersebut berfungsi untuk akses hasil pertanian masyarakat berupa sawit dan karet  dan mengembangkan daerah kelurahan langgapayung

Pemerintah Kabupaten melalui Dinas Pariwisata Adakan Perlombaan Kuliner Lokal dan Fashion Show...

Kamis, 20 April 2017

Dalam rangka program pengembangan pemasaran Pariwisata Kabupaten Labuhanbatu Selatan, serta memeriahkan Hari Kartini 2017, Pemerintah Kabupaten melalui Dinas Pariwisata mengadakan perlombaan kuliner dan Fashion Show di aula Pendopo SBBK Kotapinang Kamis, (20/04).

Berdasarkan laporan dari Ketua Panita penyelenggara yang juga Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pariwisata Balyan, S.Sos, disampaikan bahwa kegiatan ini dilaksanakan sebagai upaya untuk menarik animo wisatawan berkunjung ke Labuhanbatu Selatan, kegiatan ini juga dipandang sangat efektif merangsang para pelaku pelaku usaha Kuliner lokal untuk lebih berinovasi  pada sektor Kuliner lokal, sehingga nantinya produk lokal Kuliner khas Daerah bisa dipasarkan yang bernilai ekonomi, fashion show merupakan kegiatan positif yang bisa mengajak para ibu dan kawula muda khususnya wanita untuk berlomba lomba berprestasi khususnya di bidang fashion.

Sementara Bupati Labuhanbatu Selatan yang diwakili oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Ir. Ralikhul Rahman dalam pidatonya menyampaikan apresiasinya atas terselenggaranya acara ini, beliau berharap kegiatan ini bisa melahirkan para pelaku pelaku kuliner lokal yang dikenal  di labuhanbatu selatan bahkan apa yang ditawarkan dari pelaku pelaku usaha rumahan maupun no rumahan kuliner lokal ini bisa merambah hinggah ke kancah nasional, menurut Bupati kegiatan seperti ini sejalan dengan program kerja Pemerintah Pusat di sektor pariwisata, “saya  harap kegiatan seperti ini lebih ditingkatkan secara kualitas dan dilaksanakan secara berkesinambungan, supaya tidak berkesan seremoni belaka, dan kepada peserta saya mengucapkan Selamat Berkompetisi secara fair” tandas Bupati mengakhiri.

Kegiatan kuliner ini di ikuti oleh 41 regu yang berasal dari 5 kecamatan Se-Kabupaten Labuhanbatu Selatan dan 30 peserta Fashion show dari ibu ibu Dharma Wanita  Kabupaten Labuhanbatu Selatan, dengan mendatangkan Juri Lokal maupun luar Kabupaten yang berkompeten dibidangnya. Di Akhir acara diumumkan pemenang lomba, yang keluar sebagai juara I untuk lomba memasak adalah Grup Kampung Baru Kecamatan Kotapinang.

 

malam silaturrahmi Pemkab Labuhanbatu Selatan dengan Komisaris Utama dan Direksi PT. Bank Sumut ditandai Penyerahan dan ...

Selasa, 18 April 2017
Komisaris Utama PT. Bank Sumut H. Rizal Fahlevi Hasibuan serahkan secara simbolis bantuan CSR pembangunan tugu simpang tiga Kotapinang senilai Rp. 481 juta kepada Bupati Labuhanbatu Selatan H. Wildan Aswan Tanjung, SH, MM. Bantuan CSR PT. Bank Sumut tersebut diserahkan pada acara malam silaturrahmi Pemkab Labuhanbatu Selatan dengan komisaris utama dan direksi PT. Bank Sumut, Kamis (13/4) di Pendopo Rumah Dinas Bupati Labuhanbatu Selatan.
Bupati Labuhanbatu Selatan H. Wildan Aswan Tanjung, SH, MM dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada PT. Bank Sumut dan berharap kedepannya CSR yang diberikan dapat lebih ditingkatkan. “Tidak hanya membangun tugu, saya berharap PT. Bank Sumut juga menyalurkan CSR nya berupa bantuan peralatan elektronik seperti laptop kepada para pelajar di Labuhanbatu Selatan”’ ujarnya.
H. Wildan Aswan Tanjung, SH, MM juga meminta PT. Bank Sumut untuk lebih memperhatikan Kabupaten Labuhanbatu Selatan.
“Mudah-mudahan, di 5 kecamatan se Kabupaten Labuhanbatu Selatan dapat segera didirikan kantor-kantor cabang pembantu Bank Sumut agar dapat membantu meningkatkan perekonomian dan memudahkan masyarakat dalam melakukan transaksi perbankan”, harapnya.
Sementara itu, Komisaris Utama PT. Bank Sumut H. Rizal Fahlevi Hasibuan berjanji akan meningkatkan CSR Pt. Bank Sumut di Kabupaten Labuhanbatu Selatan.
H. Rizal Fahlevi Hasibuan juga berharap agar Kabupaten Labuhanbatu Selatan dapat selangkah lebih maju dari Kabupaten/Kota lain yang ada di provinsi Sumatera Utara. H. Rizal Fahevi Hasibuan juga mengajak jajarannya untuk lebih banyak bersosialisasi dengan Pemkab Labuhanbatu Selatan sehingga kerjasama yang telah terjalin dapat lebih ditingkatkan.
Acara Malam Silaturrahmi Pemkab Labuhanbatu Selatan dengan komisaris utama dan direksi PT. Bank Sumut turut dihadiri Direktur Utama PT. Bank Sumut Edy Rizliyanto, Direktur Operasional Didi Duharsa, Direktur Bisnis dan Syariah T.M. Jeffri, Direktur Kepatuhan Zulianto Maris, Wabup Drs. Kholil Jufri Harahap, Sekda Zulkifli, SIP, MM, Pimpinan SKPD Pemkab Labusel dan jajaran PT. Bank Sumut.

Pemeriantah Kabupaten Labuhanbatu Selatan Gelar Sosialisasi Pemberian Dana Hibah Dan Bansos yang bersumber dari APBD Pem...

Rabu, 12 April 2017

Tujuan pemberian dana hibah adalah agar bisa memperbaiki atau memberdayakan organisasi, Lembaga lembaga kemasyarakatan serta partai politik maupun bantuan kepada mahasiswa mahasiswi berprestasi kurang mampu namun, bagi penerima bansos dan hibah haruslah penggunaannya mempedomani aturan aturan yang berlaku.

Demikian disampaikan Sekretaris Daerah Kabupaten Labuhanbatu Selatan Zulkifli, SIP, MM saat memberikan sambutannya pada pembukaan kegiatan Sosialisasi Dana Hibah Dan Bansos yang bersumber dari APBD Pemerintah, bertempat di Aula Pertemuan Kantor Bupati Labuhanbatu Selatan Sosopan, Rabu (12/04/2017).

Dikatakan Sekda, "Semua stake holder yang mengajukan permohonan bantuan hibah dan Bansos harus memahami dengan benar pengelolaan bantuan dengan tepat dan benar," kata Sekda .

Melalui sosialisasi ini diharapkan para peserta termotivasi untuk melakukan transformasi pengetahuan, agar mampu menggunakan dana yang ada secara efektif dan efisien, sesuai peraturan perundang-undangan.

Sekda juga berharap, agar perencanaan dan pelaksanaan pemberian hibah dan bantuan sosial tepat sasaran. “ kami harap hibah dan bansos ini betul betul digunakan dengan baik”, harapnya.

Sementara itu, Kepala Bagian Kesejahteraan Sosial Setda Labuhanbatu Selatan, Ali Bosar Hsb, S.Ag mengatakan, dasar hukum dari kegiatan sosialisasi Dana Hibah dan Bansos ini yakni, peraturan Menteri Dalam Negeri nomor 14 tahun 2016, tentang perubahan kedua atas peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia nomor 32 tahun 2011, tentang Pedoman pemberian hibah dan bantuan sosial yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah, Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 21 tahun 2011 tentang Pedoman Pengelolaan Keuangan Daerah.

“Bagian Kesos bertugas melakukan sosialisasi, untuk pengajuan hibah dan bansos,” jelas Ali Bosar Hasibuan, S,Ag dalam sambutannya.

Sedangkan tujuan dari kegiatan sosialisasi ini, Ali Bosar Hasibuan, S.Ag, mengatakan, “Aturan yang disampaikan dalam sosialisasi ini sebagai pedoman pemberian hibah dan bantuan sosial agar tidak terjadi kesalahan di dalam pemberian dana hibah dan bansos guna mengantisipasi lebih lanjut penyimpangan penggunaan APBD yang bisa berakibat temuan penyimpangan Penggunaan dana,” tutupnya.

Sementara persyaratan untuk bisa mendapatkan hibah dan bantuan, yakni pihak Lembaga lembaga Kemasyarakatan, lembaga atau badan tersebut harus sudah berbadan hukum, Surat Keterangan Terdaftar (SKT) dari instansi terkait, sedangkan pelajar yang berhak atas bantuan syarat utamanya adalah pelajar kurang mampu berprestasi dan itu dibuktikan adanya Surat Keterangan dan pihak terkait.

Peserta sosialisasi tersebut berjumlah 80 an orang yang berasal dari unsur lembaga kemasyarakatan, partai politik, pelajar. Narasumber Sosialisasi tersebut yakni Edy Budianto yang merupakan Kasi Intelijen, SH, dan Kasi Pidsus Bondan Subrata, SH Dari Kejaksaan Negeri Labuhanbatu Selatan, hadir juga Staf Ahli Bupati dan Kepala Badan Perencana Daerah Labuhanbatu Selatan.

 

Bupati Labuhanbatu Selatan H. Wildan Aswan Tanjung, SH, MM membuka secara resmi Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) VIII ...

Selasa, 11 April 2017
Bupati Labuhanbatu Selatan H. Wildan Aswan Tanjung, SH, MM membuka secara resmi Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) VIII dan Festival Seni Qasidah (FSQ) IX Kabupaten Labuhanbatu Selatan, senin (3/4) di Lapangan Simpang IV Cikampak desa Aek Batu Kecamatan Torgamba.
Turut hadir pada acara tersebut, Wabup Drs. Kholil Jufri Harahap, Ketua DPRD H. Jabaluddin, SE, mewakili Muspida, Sekda Zulkifli, SIP, MM, Wakil Ketua DPRD Khairul Harahap dan Sahdian Purba.
H. Wildan Aswan Tanjung, SH, MM dalam sambutannya mengajak seluruh masyarakat untuk menjadikan pelaksanaan MTQ VIII dan FSQ IX sebagai momen untuk bersama membangun Labuhanbatu Selatan yang agamis, sejahtera dan selangkah lebih maju dari kabupaten/kota lain yang ada di provinsi Sumut.
H. Wildan Aswan Tanjung, SH, MM berharap agar acara tersebut dapat meningkatkan kecintaan terhadap Al-Qur’an yang berisi nilai-nilai keimanan dan sumber ilmu pengetahuan bagi umat manusia.
Sementara itu, Ketua DPRD H. Jabaluddin, SE mengatakan MTQ VIII dan FSQ IX diselenggarakan dalam rangka pembinaan kemasyarakatan dalam upaya meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah Swt.
H. Jabaluddin SE berharap agar Pemkab Labuhanbatu Selatan dapat memberi perhatian lebih dalam pelaksanaan MTQ dan FSQ, khususnya dalam hal pembinaan. Agar terus menerus dilakukan pembinaan dan pelatihan sehingga dapat melahirkan bibit yang dapat mengharumkan nama baik daerah di tingkat provinsi dan nasional.
Pembukaan MTQ VIII dan FSQ IX tingkat Kabupaten Labuhanbatu Selatan Tahun 2017 yang  dilaksanakan selama 4 (empat) hari mulai tanggal 3 s/d 6 April tersebut ditandai dengan penekanan tombol sirine dan pemukulan bedug oleh Wabup, Ketua DPRD, Muspida Sekda, Kakan Kemenag dan Ketua MUI.
Pembukaan MTQ VIII dan FSQ IX tersebut dimeriahkan dengan tarian kolosal gabungan pelajar se-kecamatan torgamba dan Tausiah oleh Jagar Tua Ritonga.

Wakil Bupati Labuhanbatu Selatan menghadiri malam pagelaran pesona kreasi budaya Labuhanbatu Selatan pada Pekan Raya Sum...

Selasa, 11 April 2017
Wakil Bupati Labuhanbatu Selatan Drs. Kholil Jufri Harahap menghadiri malam pagelaran pesona kreasi budaya Labuhanbatu Selatan pada Pekan Raya Sumatera Utara (PRSU) ke – 46, Minggu malam (9/4). Turut hadir dalam acara tersebut, Ketua, Wakil ketua dan anggota DPRD Labuhanbatu Selatan, Kepala SKPD, Tokoh masyarakat, tokoh pemuda dan mahasiswa/pelajar asal Labuhanbatu Selatan.
Drs. Kholil Jufri Harahap dalam sambutannya mengatakan kegiatan malam kesenian Labuhanbatu Selatan untuk mengenalkan dan menonjolkan potensi dan kekayaan budaya Labuhanbatu Selatan. “Kita semua harus berupaya lebih maksimal dalam menonjolkan kekayaan budaya daerah yang dimiliki kepada masyarakat yang berada di luar Kabupaten Labuhanbatu Selatan”, ujarnya.
Drs. Kholil Jufri Harahap berharap PRSU dapat menjadi sarana yang efektif bagi Pemerintah Daerah untuk mensosialisasikan potensi sumber daya alam sebagai sarana mempererat jalinan kerjasama dan mempromosikan produk unggulan pariwisata Daerah Labuhanbatu Selatan.
Lebih lanjut, Drs. Kholil Jufri Harahap menjelaskan saat ini Pemkab Labuhanbatu Selatan sedang melakukan pembenahan danau Pagaran Padang yang rencananya akan dijadikan destinasi wisata dan budaya di Labuhanbatu Selatan.
Diakhir sambutannya, Drs. Kholil Jufri Harahap mengajak semua pengunjung PRS ke-46 untuk singgah ke paviliun Kabupaten Labuhanbatu Selatan yang menjadi sarana produk kerajinan unggulan kebanggaan Labuhanbatu Selatan sehingga lebih dikenal lagi di Sumatera Utara maupun Indonesia.
Malam pagelaran pesona kreasi budaya Kabupaten Labuhanbatu Selatan pada PRSU Ke-46 tahun 2017 menampilkan beberapa tarian daerah, diantaranya Tari Zapin Rabani, Tari Tapsel, Tari Batak Toba, Tari Jawa dan Tari Minang. Selain itu juga pagelaran drama dan lantunan suara penyanyi cilik Labuhanbatu Selatan Adel Bastian dan Dinda Sitogol.
 

Bupati Labuhanbatu Selatan serahkan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Kabupaten Labuhanbatu Selatan tahun 2016 k...

Selasa, 11 April 2017
Bupati Labuhanbatu Selatan H. Wildan Aswan Tanjung, SH, MM serahkan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Kabupaten Labuhanbatu Selatan tahun 2016 kepada Kepala BPK-RI Perwakilan Provinsi Sumatera Utara Dra. Ambar Wahyuni, MM. Ak.
Penyerahan LKPD tahun 2016 tersebut dilaksanakan di kantor BPK-RI Perwakilan Provinsi Sumatera Utara jalan Imam Bonjol, Kamis (6/4). Pada saat yang bersamaan turut diserahkan LKPD Pemkab Labuhanbatu, Pemkab Deli Serdang dan Pemkab Batubara.
Bupati Labuhanbatu Selatan H. Wildan Aswan Tanjung, SH, MM dalam sambutannya menjelaskan penyusunan laporan keuangan Pemkab Labuhanbatu Selatan senantiasa mengacu pada PP 71 tahun 2010 tentang Standar Akuntansi Pemerintah dan Permendagri Nomor 64 Tahun 2013 tentang Penerapan Standar Akuntansi Pemerintahan Berbasis Akrual Pada Pemerintah Daerah.
“Laporan Keuangan ini nantinya akan menjadi bahan evaluasi dalam pengambilan kebijakan sehingga pelaksanaan tugas dan fungsi pemerintah daerah kedepannya akan lebih efektif dan efisien untuk mencapai sasaran pembangunan di daerah”, ujarnya.
H. Wildan Aswan Tanjung, SH, MM berharap dengan dilaksanakannya audit terperinci atas laporan keuangan ini akan membawa dampak positif dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah khususnya tata kelola keuangan daerah. “Kami berharap hasil audit terperinci atas LKPD Labuhanbatu Selatan tahun 2016 ini akan memberikan hasil yang maksimal”, kata H. Wildan Aswan Tanjung, SH, MM.
Kepala BPK-RI Perwakilan Provinsi Sumatera Utara Dra. Ambar Wahyuni, MM, Ak dalam sambutannya mengatakan tim auditor BPK-RI Perwakilan Provinsi Sumatera Utara akan mulai melakukan audit  terhadap LKPD pada tanggal 10 April dan bekerja selama 30 hari kerja.
Dra. Ambar Wahyuni, MM, Ak mengatakan hasil audit LKPD rencananya akan diserahkan pada awal juni 2017. “Mudah-mudahan kembali mendapat opini WTP”, ujar Dra. Ambar Wahyuni, MM, Ak.
Sesuai dengan Undang-undang Nomor 15 tahun 2004 tentang Pemeriksaan Pengelolaan dan Tanggung Jawab Keuangan Negara, terdapat 4 jenis opini yang dapat diberikan, yakni opini Wajar Tanpa Pengecualian (unqualified opinion), opini Wajar dengan Pengecualian (qualified opinion), opini tidak wajar (adversed opinion) dan pernyataan menolak memberikan opini (disclaimer of opinion).
Sejak tahun 2013 Pemkab Labuhanbatu Selatan telah mendapat opini penilaian Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas LKPD 3 tahun terakhir, yaitu LKPD tahun 2013, LKPD tahun 2014 dan LKPD tahun 2015.

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15