RAGAM BERITA


Pemkab Labuhanbatu Selatan Peringati Hari Kesehatan Nasional (HKN) Ke-54 Tahun 2018 di Halaman Kantor Bupati Labuhanbatu Selatan

by KominfoLabusel | Kamis, 22 November 2018
Pemkab Labuhanbatu Selatan peringati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-54 tahun 2018, Kamis (22/11) di halaman kantor Bupati Labuhanbatu Selatan. Bertindak selaku irup Wakil Bupati Drs. Kholil Jufri Harahap, MM.

Menteri Kesehatan RI Prof Dr. Dr. Nila Farid Moeloek, Sp,M(K) dalam sambutannya yang dibacakan Wabup Drs. Kholil Jufri Harahap, MM mengajak untuk menjadikan peringatan HKN ke-54 sebagai momentum untuk mengingatkan bahwa derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya akan terwujud, apabila semua komponen bangsa berperan serta dalam upaya kesehatan dengan memprioritaskan promotive-preventive tanpa mengabaikan kuratif-rehabilitatif.

Mengubah pola hidup kearah promotive-preventif dengan menekankan pada perilaku hidup sehat yang dimulai dari diri sendiri merupakan salah satu upaya meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya hidup sehat.

Lebih lanjut, Menteri Kesehatan menjelaskan, kementerian kesehatan terus berupaya meningkatkan kesadaran masyarakat berperilaku hidup sehat dengan mendorong terlaksananya gerakan masyarakat hidup sehat (Germas).

“Dengan Germas, kita mengajak kerjasama lintas sektor dan lintas program dalam mewujudkan masyarakat untuk berperilaku hidup sehat, yang pada akhirnya dapat membentuk bangsa Indonesia yang kuat”, ujar Menteri Kesehatan.

Pada kesempatan itu juga, Menteri Kesehatan memberikan apresiasi kepada semua pihak yang telah mendukung terlaksananya program kesehatan, baik lintas program maupun lintas sektor, akademisi, kepala daerah, pelaku usaha, organisasi masyarakat, sehingga dimasa yang akan datang pembangunan kesehatan akan terus mengalami kemajuan serta dapat menghasilkan sumber daya manusia Indonesia yang sehat dan mampu bersaing dengan bangsa-bangsa lain.

Sementara itu, Kadis Kesehatan Labuhanbatu Selatan Ns. Siti Nursia Tanjung, S.Kep dalam laporannya mengatakan, dalam menyambut HKN ke 54 tahun 2018 telah dilaksanakan kegiatan antara lain, perlombaan tenaga kesehatan teladan, sunatan massal, operasi katarak dan akreditasi di 8 puskesmas.

Lebih lanjut, Kadis kesehatan menjelaskan, Dinas kesehatan juga telah mengadakan pemicuan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) dimana hasil pemicuan tersebut telah menghasilkan 13 desa yang sudah Stop Buang Air Sembarangan (Stop BABS).

“Dari 54 desa/kelurahan yang ada, 13 desa sudah melakukan Stop BABS. Dan 41 desa/kelurahan masih menjadi PR kita bersama”, jelas Kadis Kesehatan.

Hadir pada Upacara HKN ke-54 tahun 2018 di kabupaten Labuhanbatu Selatan tersebut, Wabup Drs. Kholil Jufri Harahap, MM, Wakil Ketua DPRD Khairul Harahap, SE, Kajari Joko Wibisono, SH, MH, Sekda Zulkifli, SIP, MM, unsur Muspida, pimpinan OPD, ASN dan undangan lainnya.

Turut diserahkan penghargaan program kesling terbaik kepada puskesmas Tanjung Medan, Puskesmas Teluk Panji dan puskesmas Hutagodang. Kemudian penghargaan program HIV terbaik kepada puskesmas Beringin Jaya, Puskesmas Hutagodang dan puskesmas Cikampak. Dan penghargaan program PTM/Keswa kepada puskesmas Ulumahuam, puskesmas Aek Goti dan puskesmas Teluk Panji. (Humas Protokoler)

O P D
            
            
            
            
            
            

LINK TERKAIT

Laman Website
Yang Berkaitan Dengan
Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu Selatan