BERITA

DPRD Kabupaten Labuhanbatu Selatan Gelar Paripurna Istimewa Peresmian dan Pengambilan Sumpah/Janji Pengganti Antar Waktu...

Senin, 03 Desember 2018
DPRD Kabupaten Labuhanbatu Selatan gelar Paripurna Istimewa peresmian dan pengambilan sumpah/janji Pengganti Antar Waktu, Senin (3/12). Anggota DPRD yang diresmikan dan diambil sumpah/janji Pengganti Antar Waktu tersebut adalah Syaifuddin Nasution menggantikan Maningar, SP.

Peresmian dan pengambilan sumpah/janji pengganti antar waktu anggota DPRD masa jabatan 2014-2019 tersebut dilaksanakan di ruang rapat Paripurna DPRD Labuhanbatu Selatan dan dipimpin langsung oleh ketua DPRD H. Jabaluddin, S.Sos.

Hadir pada acara tersebut Bupati Labuhanbatu Selatan H. Wildan Aswan Tanjung, SH, MM diwakili Sekda Zulkifli SIP, MM, unsur Muspida, pimpinan OPD dan undangan lainnya.

Bupati Labuhanbatu Selatan H. Wildan Aswan Tanjung, SH, MM dalam sambutannya yang dibacakan oleh Sekda Zulkifli, SIP, MM mengucapkan selamat kepada anggota DPRD yang baru diresmikan dan diambil sumpah/janjinya dan berpesan kepada anggota DPRD tersebut untuk dapat segera menjalankan tugas mengemban amanah rakyat dengan sebaik-baiknya dan menyesuaikan diri dengan rekan-rekan anggota DPRD lainnya serta dapat semakin meningkatkan kinerja DPRD.

H. Wildan Aswan Tanjung, SH, MM juga mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Maningar, SP atas jasa dan pengabdiannya sebagai anggota DPRD Labuhanbatu Selatan.

Pada kesempatan itu, H. Wildan Aswan Tanjung, SH, MM juga mengucapkan terimakasih atas kerjasama dan kemitraan antara Pemerintah Daerah dan DPRD kabupaten Labuhanbatu Selatan yang sudah terjalin baik selama ini.

“Mudah-mudahan kerjasama dan kemitraan yang telah terjalin ini dapat lebih kita tingkatkan dimasa datang sehingga tugas dan tanggungjawab kita untuk membangun dan mensejahterakan masyarakat di kabupaten Labuhanbatu Selatan yang sama sama kita cintai ini dapat terwujud”, kata H. Wildan Aswan Tanjung, SH, MM.

Diakhir pidatonya H. Wildan Aswan Tanjung, SH, MM juga mengajak seluruh anggota DPRD dan seluruh komponen masyarakat untuk bekerja lebih optimal, menyamakan persepsi dan membangun komitmen bersama dalam prinsip bersama membangun tanah kelahiran yang mandiri berdaya saing dan sejahtera.

Sementara itu, Ketua DPRD, H. Jabaluddin, S.Sos juga mengucapkan selamat bertugas kepada Syaifuddin Nasution, “Semoga kepercayaan serta tugas yang diberikan oleh rakyat kepada saudara melalui lembaga ini dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya serta penuh rasa tanggung jawab”, kata H. Jabaluddin, S.Sos.

“Lembaga DPRD ini adalah rumah dari segala aspirasi masyarakat Labuhanbatu Selatan, untuk itu kami berharap dengan kehadiran saudara dapat menambah keluasan wadah untuk menampung dan menjaring segala aspirasi masyarakat”, lanjut H. Jabaluddin, S.Sos.

Pada kesempatan itu juga, atas nama pimpinan dan anggota DPRD Labuhanbatu Selatan, H. Jabaluddin, S.Sos. menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya atas dedikasi dan pengabdian Maningar, SP selama menjalankan tugas sebagai anggota DPRD Labuhanbatu Selatan. (Humas Protokoler)

Upacara Peringatan Hut Korpri Ke-47 Tahun 2018 di Halaman Kantor Bupati Labuhanbatu Selatan...

Kamis, 29 November 2018
"Sesuai dengan pesan Presiden RI Bapak Ir. Joko Widodo, setiap Aparatur Sipil Negara harus mengikuti perkembangan zaman khususnya perkembangan teknologi informasi", kata Bupati Labuhanbatu Selatan H. Wildan Aswan Tanjung, SH, MM usai membacakan pidato Presiden RI pada upacara peringatan Hut Korpri Ke-47 tahun 2018 di halaman kantor bupati Labuhanbatu Selatan.

Lebih lanjut, H. Wildan Aswan Tanjung, SH, MM berpesan kepada seluruh ASN dilingkungan Pemkab Labuhanbatu Selatan untuk bekerja dengan sebaik-baiknya dalam menjalankan tugas.

"Teruslah bekerja dengan sebaik-baiknya, laksanakan dan satukan persepsi untuk bersama membangun Labuhanbatu Selatan yang selangkah lebih maju dari kabupaten/kota yang ada di provinsi Sumatera Utara", pesan H. Wildan Aswan Tanjung, SH, MM.

Pada kesempatan itu juga, H. Wildan Aswan Tanjung, SH, MM menyampaikan bahwa pada hari ini, Pemkab Labuhanbatu Selatan mendapat penghargaan dari Universitas Gajah Mada (UGM) atas pengelolaan keuangan terbaik.

"Setelah kemarin kita mendapatkan penghargaan dari Pemerintah RI melalui kementerian Keuangan RI atas keberhasilan menyusun dan menyajikan Laporan Keuangan Tahun 2017 dengan capaian opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP), pada hari ini kita juga mendapatkan penghargaan dari Universitas Gajah Mada", kata H. Wildan Aswan Tanjung, SH, MM.

"Keberhasilan ini adalah keberhasilan seluruh ASN dan masyarakat Labuhanbatu Selatan". Lanjut H. Wildan Aswan Tanjung, SH, MM.

Upacara Peringatan HUT Korpri ke-47 tahun 2018 tersebut dihadiri oleh Bupati Labuhanbatu Selatan H. Wildan Aswan Tanjung, SH, MM, Wabup Drs. Kholil Jufri Harahap, MM, unsur Muspida, kakan Kemenag, pimpinan OPD dan undangan lainnya.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara Bupati H. Wildan Aswan Tanjung, SH, MM dan sebagai Komandan Upacara Kabag Perekonomian dn SDA M. Ali Siregar, SE.

Usai pelaksanaan upacara dilanjutkan dengan pemberian hadiah kepada para ASN berprestasi. (Humas Protokoler)

Bupati Labuhanbatu Selatan H. Wildan Aswan Tanjung, SH, MM Ajak Seluruh ASN Untuk Meningkatkan Disiplin Pada Apel Gabung...

Selasa, 27 November 2018
Bupati Labuhanbatu Selatan, H. Wildan Aswan Tanjung, SH, MM ajak seluruh ASN untuk meningkatkan disiplin. Ajakan tersebut disampaikan H. Wildan Aswan Tanjung, SH, MM pada apel gabungan, Senin (26/11) di Halaman kantor bupati Labuhanbatu Selatan.

“Disiplin tidak hanya kehadiran saja, namun juga meningkatkan kinerja sesuai tupoksi”, kata H. Wildan Aswan Tanjung, SH, MM.

Lebih lanjut, H. Wildan Aswan Tanjung, SH, MM juga meminta Satuan Polisi Pamong Praja kabupaten Labuhanbatu Selatan untuk terus meningkatkan kinerja sesuai dengan tupoksinya dan bisa bekerjasama dengan instansi terkait dalam menjaga ketertiban umum.

Pada kesempatan itu juga, H. Wildan Aswan Tanjung, SH, MM menyampaikan bahwa beberapa waktu yang lalu Pemkab Labuhanbatu Selatan memperoleh penghargaan dari Pemerintah RI melalui kementerian Keuangan RI atas keberhasilan menyusun dan menyajikan Laporan Keuangan Tahun 2017 dengan capaian opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

Penghargaan tersebut diserahkan oleh Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi yang didampingi oleh Kakanwil Ditjen Perbendaharaan Provsu, Bakhtaruddin dan Kepala BPK RI Perwakilan Sumut, Dra. V. Ambar Wahyuni, MM, Ak.C.A pada tanggal 22 November yang lalu di Hotel Adimulia Medan.

“Alhamdulilah, kita wajib bersyukur atas penghargaan dari pemerintah pusat tersebut dan kabupaten Labuhanbatu Selatan adalah satu-satunya kabupaten/kota di Sumut yang mendapat opini WTP 5 kali berturut turut”, kata H. Wildan Aswan Tanjung, SH, MM pada saat memimpin Apel Gabungan tersebut. (Humas Protokoler)

Pemkab Labuhanbatu Selatan Peringati Hari Kesehatan Nasional (HKN) Ke-54 Tahun 2018 di Halaman Kantor Bupati Labuhanbatu...

Kamis, 22 November 2018
Pemkab Labuhanbatu Selatan peringati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-54 tahun 2018, Kamis (22/11) di halaman kantor Bupati Labuhanbatu Selatan. Bertindak selaku irup Wakil Bupati Drs. Kholil Jufri Harahap, MM.

Menteri Kesehatan RI Prof Dr. Dr. Nila Farid Moeloek, Sp,M(K) dalam sambutannya yang dibacakan Wabup Drs. Kholil Jufri Harahap, MM mengajak untuk menjadikan peringatan HKN ke-54 sebagai momentum untuk mengingatkan bahwa derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya akan terwujud, apabila semua komponen bangsa berperan serta dalam upaya kesehatan dengan memprioritaskan promotive-preventive tanpa mengabaikan kuratif-rehabilitatif.

Mengubah pola hidup kearah promotive-preventif dengan menekankan pada perilaku hidup sehat yang dimulai dari diri sendiri merupakan salah satu upaya meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya hidup sehat.

Lebih lanjut, Menteri Kesehatan menjelaskan, kementerian kesehatan terus berupaya meningkatkan kesadaran masyarakat berperilaku hidup sehat dengan mendorong terlaksananya gerakan masyarakat hidup sehat (Germas).

“Dengan Germas, kita mengajak kerjasama lintas sektor dan lintas program dalam mewujudkan masyarakat untuk berperilaku hidup sehat, yang pada akhirnya dapat membentuk bangsa Indonesia yang kuat”, ujar Menteri Kesehatan.

Pada kesempatan itu juga, Menteri Kesehatan memberikan apresiasi kepada semua pihak yang telah mendukung terlaksananya program kesehatan, baik lintas program maupun lintas sektor, akademisi, kepala daerah, pelaku usaha, organisasi masyarakat, sehingga dimasa yang akan datang pembangunan kesehatan akan terus mengalami kemajuan serta dapat menghasilkan sumber daya manusia Indonesia yang sehat dan mampu bersaing dengan bangsa-bangsa lain.

Sementara itu, Kadis Kesehatan Labuhanbatu Selatan Ns. Siti Nursia Tanjung, S.Kep dalam laporannya mengatakan, dalam menyambut HKN ke 54 tahun 2018 telah dilaksanakan kegiatan antara lain, perlombaan tenaga kesehatan teladan, sunatan massal, operasi katarak dan akreditasi di 8 puskesmas.

Lebih lanjut, Kadis kesehatan menjelaskan, Dinas kesehatan juga telah mengadakan pemicuan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) dimana hasil pemicuan tersebut telah menghasilkan 13 desa yang sudah Stop Buang Air Sembarangan (Stop BABS).

“Dari 54 desa/kelurahan yang ada, 13 desa sudah melakukan Stop BABS. Dan 41 desa/kelurahan masih menjadi PR kita bersama”, jelas Kadis Kesehatan.

Hadir pada Upacara HKN ke-54 tahun 2018 di kabupaten Labuhanbatu Selatan tersebut, Wabup Drs. Kholil Jufri Harahap, MM, Wakil Ketua DPRD Khairul Harahap, SE, Kajari Joko Wibisono, SH, MH, Sekda Zulkifli, SIP, MM, unsur Muspida, pimpinan OPD, ASN dan undangan lainnya.

Turut diserahkan penghargaan program kesling terbaik kepada puskesmas Tanjung Medan, Puskesmas Teluk Panji dan puskesmas Hutagodang. Kemudian penghargaan program HIV terbaik kepada puskesmas Beringin Jaya, Puskesmas Hutagodang dan puskesmas Cikampak. Dan penghargaan program PTM/Keswa kepada puskesmas Ulumahuam, puskesmas Aek Goti dan puskesmas Teluk Panji. (Humas Protokoler)

Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu Selatan Serahkan Bantuan Bencana Alam di Mandailing Natal di Kantor Bupati Mandailing N...

Kamis, 15 November 2018
Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu Selatan serahkan bantuan bencana alam di Mandailing Natal, Rabu (14/11) di kantor Bupati Mandailing Natal. Bantuan yang merupakan hasil donasi seluruh elemen masyarakat Labuhanbatu Selatan tersebut diserahkan oleh Kepala BPBD Labuhanbatu Selatan Khairil, SH, MSP dan diterima olah Sekda Mandailing Natal Drs. M. Syafei Lubis.

Pada kesempatan itu, Sekda Mandailing Natal Drs. M. Syafei Lubis mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Pemkab Labuhanbatu Selatan dan seluruh masyarakat Labuhanbatu Selatan yang telah peduli terhadap kejadian bencana alam di Mandailing Natal.

“Bantuan dari masyarakat Labuhanbatu Selatan ini kami terima dengan sepenuh hati, salam hormat kepada Pemkab dan seluruh masyarakat Labuhanbatu Selatan”, kata Drs. M. Syafei Lubis.

Lebih lanjut, Drs. M. Syafei Lubis mengatakan bantuan dari kabupaten Labuhanbatu Selatan akan diserahkan ke dinas Sosial untuk disalurkan sesuai peruntukannya.

Sementara itu, Kepala BPBD Labuhanbatu Selatan Khairil, SH, MSP saat menyerahkan bantuan tersebut menjelaskan bahwa bantuan yang terkumpul tersebut, berasal dari donasi elemen masyarakat Labuhanbatu Selatan antara lain sumbangan masyarakat, organisasi keagamaan, organisasi kemasyarakatan, organisasi kepemudaan, ASN dilingkungan Pemkab Labuhanbatu Selatan, Perusahaan dan Perbankan dan unsur masyarakat lainnya melalui rekening Labusel peduli bencana Palu, Lombok dan Madina yang digalang sejak awal bulan Oktober yang lalu.

Adapun bantuan yang akan diserahkan berupa uang senilai Rp 114.520.871, pakaian layak pakai sebanyak 10 kotak, buku pelajaran dan alat tulis sebanyak 3 goni.

Turut mendampingi tim yang dipimpin Kepala BPBD Labuhanbatu Selatan tersebut, ketua FKDM H. Saidi dan beberapa personil BPBD. (Humas Protokoler)

Acara 6 Besar (Tahap Final) Penilaian Kecamatan Terbaik Tingkat Provinsi Sumatera Utara Tahun 2018 di Pendopo Santun Be...

Kamis, 15 November 2018
Penilaian kecamatan terbaik tidak hanya sekedar penilaian semata, namun juga merupakan pembelajaran bagi camat yang dinilai. Demikian disampaikan Kepala Biro Pemerintahan provinsi Sumatera Utara H. Afifi Lubis, SH pada acara 6 besar (tahap final) penilaian kecamatan terbaik tingkat Provinsi Sumatera Utara tahun 2018, Kamis (15/11) di pendopo Santun Berkata Bijak Berkarya (SBBK) Kotapinang.

Lebih lanjut, H. Afifi Lubis, SH mengatakan penilaian kecamatan terbaik memiliki 2 sisi, pertama melihat kemampuan seorang camat dalam menerapkan ilmu kepemerintahan dan pengalaman kepemerintahan.

Kedua, Kesempatan untuk belajar bagaimana melihat sosok kecamatan yang baik kedepan secara nasional.

“Camat kedepan adalah camat yang inovatif”, ujar H. Afifi Lubis, SH.

Pada kesempatan itu juga, H. Afifi Lubis, SH berpesan kepada elemen masyarakat kecamatan torgamba agar mendukung kecamatannya sehingga bisa menjadi yang terbaik dalam penilaian kecamatan terbaik tingkat provinsi Sumatera Utara tersebut.

Sementara itu, Wakil Bupati Labuhanbatu Selatan Drs. Kholil Jufri Harahap, MM pada kesempatan itu berharap Kecamatan Torgamba sebagai perwakilan kecamatan di Kabupaten Labuhanbatu Selatan yang telah memasuki tahap 6 besar atau tahap final dapat keluar menjadi juara pertama kecamatan terbaik tingkat Provinsi Sumatera Utara tahun 2018.

Drs. Kholil Jufri Harahap, MM juga berharap agar pelaksanaan penilaian kecamatan terbaik tingkat provinsi Sumatera Utara ini dapat meningkatkan kinerja camat dan aparatur kecamatan menjadi lebih baik.

Penilaian kecamatan terbaik dilaksanakan untuk mengevaluasi camat dalam mengorganisir pelaksanaan tugas pokok fungsi camat serta dapat dijadikan sebagai media evaluasi untuk meningkatkan kinerja para camat dan sebagai motivasi untuk berbenah dalam memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat.

Penilaian kecamatan terbaik tingkat Provinsi Sumatera Utara tahun 2018 ini telah memasuki tahap 6 besar atau tahap final. Kecamatan Torgamba sebagai duta kabupaten Labuhanbatu Selatan berhasil masuk dalam tahap 6 besar tersebut.

Turut hadir pada acara penilaian kecamatan terbaik tingkat provinsi Sumatera Utara tahun 2018 tersebut Sekda Zulkifli, SIP, MM, Wakil Ketua DPRD Syahdian Purba, unsur muspida, unsur pimpinan kecamatan Torgamba, TP. PKK, pimpinan perusahaan dan perbankan, pimpinan OPD, elemen masyarakat Torgamba dan undangan lainnya. (Humas Protokoler)

Wakil Bupati Labuhanbatu Selatan Drs. Kholil Jufri Harahap, MM Lepas Keberangkatan Tim Yang Akan Menyerahkan Bantuan Kor...

Kamis, 14 November 2018
Wakil Bupati Labuhanbatu Selatan Drs. Kholil Jufri Harahap, MM lepas keberangkatan tim yang akan menyerahkan bantuan korban bencana alam di Mandailing Natal, Rabu (14/11) di pendopo rumah dinas Bupati Labuhanbatu Selatan.

Dalam sambutannya, Wabup Drs. Kholil Jufri Harahap, MM mengucapkan terima kasih kepada seluruh elemen masyarakat yang telah memberi bantuan untuk korban bencana alam di lombok, palu dan Mandailing Natal.

“Bantuan dari elemen masyarakat Labuhanbatu Selatan ini merupakan wujud kepedulian terhadap sesama”, kata Drs. Kholil Jufri Harahap, MM.

Drs. Kholil Jufri Harahap, MM berpesan kepada tim yang dipimpin Kepala BPBD Labuhanbatu Selatan Khairil, SH, MSP agar dapat menjalankan tugas dengan baik dan menyerahkan bantuan langsung kepada Pemkab Mandailing Natal.

Turut mendampingi tim yang dipimpin Kepala BPBD Labuhanbatu Selatan tersebut, ketua FKDM H. Saidi dan beberapa personil BPBD.

Adapun bantuan yang akan diserahkan berupa uang senilai Rp 114.520.871, pakaian layak pakai sebanyak 10 kotak, buku pelajaran dan alat tulis sebanyak 3 goni.

Adapun bantuan yang terkumpul tersebut, berasal dari donasi elemen masyarakat Labuhanbatu Selatan antara lain sumbangan masyarakat, organisasi keagamaan, organisasi kemasyarakatan, organisasi kepemudaan, ASN dilingkungan Pemkab Labuhanbatu Selatan, Perusahaan dan Perbankan dan unsur masyarakat lainnya melalui rekening Labusel peduli bencana Palu, Lombok dan Madina yang digalang sejak awal bulan Oktober yang lalu. (Humas Protokoler)

Wakil Bupati Labuhanbatu Selatan Drs. Kholil Jufri Harahap, MM Memimpin Rapat Evaluasi dan Rencana Pendistribusian Pengg...

Selasa, 13 November 2018
Wakil Bupati Labuhanbatu Selatan Drs. Kholil Jufri Harahap, MM memimpin rapat evaluasi dan rencana pendistribusian penggalangan bantuan bencana alam Lombok, Palu dan Mandailing Natal, Selasa (13/11) di aula kantor Bupati Labuhanbatu Selatan.

Dalam sambutannya, Wabup Drs. Kholil Jufri Harahap, MM mengucapkan terima kasih kepada seluruh elemen masyarakat yang telah memberi bantuan untuk korban bencana alam di lombok, palu dan Mandailing Natal.

Drs. Kholil Jufri Harahap, MM menjelaskan bahwa sesuai kesepakatan bersama, bantuan akan diserahkan langsung ke pemerintah daerah yang terkena bencana alam tersebut.

“Tim yang dipimpin Kepala BPBD Labuhanbatu Selatan bersama perwakilan masyarakat akan berangkat ke Mandailing Natal pada hari Rabu pagi untuk menyerahkan bantuan tersebut, sedangkan untuk penyerahan bantuan ke poso dan lombok akan menunggu waktu yang tepat untuk menyerahkannya”, jelas Drs. Kholil Jufri Harahap, MM.

Sementara itu, Wakil Pimpinan Bank Sumut Cabang Kotapinang, Alamsyah Dipanegara, SE menjelaskan bahwa bantuan yang masuk ke melalui rekening Labusel Peduli dengan nomor 212.02.04.0282828 an. Bank Sumut sebesar Rp. 339.520.871,00.

Rekening Labusel peduli tersebut dibuka sejak awal bulan Oktober yang lalu. Bantuan yang terkumpul tersebut akan disalurkan ke 3 daerah yang terkena bencana alam dengan rincian kabupaten Mandailing Natal sebesar Rp 114.520.871,-, Lombok Provinsi NTB sebesar Rp. 75.000.000,- dan Palu Provinsi Sulteng sebesar Rp. 150.000.000,-. (Humas Protokoler)

Wakil Bupati Labuhanbatu Selatan Drs. Kholil Jufri Harahap, MM Berharap Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Dapat...

Selasa, 13 November 2018
Permintaan ini disampaikan Drs. Kholil Jufri Harahap, MM kepada Dirjen Pengelolaan Sampah, Limbah dan Bahan Beracun Berbahaya (PSLB3) KLHK Ibu Rosa Vivien Ratnawati dan Ketua Komisi VII DPR RI H. Gus Irawan Pasaribu, SE, Ak, MM, CA pada acara Silaturrahmi KLHK bersama Komisi VII DPR RI sekaligus Sosialisasi Pengembangan Bank Sampah Melalui Infrastruktur Hijau, Selasa (13/11) di Pendopo Santun Berkata Bijak Berkarya (SBBK) Kotapinang.

Lebih lanjut, Drs. Kholil Jufri Harahap, MM juga bermohon agar KLHK dapat memberi bantuan berupa Dump Truck dan alat berat untuk pengelolaan sampah di kabupaten Labuhanbatu Selatan.

Menjawab permintaan Wabup tersebut, Dirjen PSLB3 KLHK Ibu Rosa Vivien Ratnawati berjanji akan membantu Pemkab Labuhanbatu Selatan dalam pengembangan bank sampah dalam pengelolaan sampah.

Dirjen PSLB3 juga mengajak perusahaan-perusahaan yang ada untuk membantu Pemerintah daerah dalam pengelolaan sampah. “Perusahaan dapat menggunakan CSR nya untuk membantu pemerintah daerah dalam pengelolaan sampah”, kata Dirjen PSLB3.

Pada kesempatan itu, Dirjen PSLB3 mengajak Pemkab Labuhanbatu Selatan untuk membenahi kota agar mendapat predikat Adipura. “Saya mau mulai tahun depan kita benahi Labuhanbatu Selatan agar mendapat Adipura”, ajak Dirjen PSLB3.

“Namun sebelumnya, Pemerintah Daerah harus membuat kebijakan strategi daerah pengelolaan sampah dan menyampaikannya ke KLHK”, lanjut Dirjen PSLB3.

Sementara itu Ketua Komisi VII DPR RI H. Gus Irawan Pasaribu, SE, Ak, MM, CA sangat mendukung pengelolaan sampah dengan melakukan pengembangan bank sampah.

“Komisi VII DPR RI sangat perhatian dengan lingkungan hidup, saya akan merekomendasikan kepada KHLK untuk membantu pemkab Labuhanbatu Selatan dalam pengelolaan sampah melalui pengembangan bank sampah”, kata H. Gus Irawan Pasaribu, SE, Ak, MM, CA.

“Saya mengajak Pemkab Labuhanbatu Selatan untuk menyambut tantangan dari KHLK agar dapat meraih Adipura, Saya akan mendukung agar Labuhanbatu Selatan mendapat Adipura”, lanjut H. Gus Irawan Pasaribu, SE, Ak, MM, CA.

Pada kesempatan itu juga, Ketua Komisi VII DPR RI H. Gus Irawan Pasaribu, SE, Ak, MM, CA menyerahkan bantuan dari KHLK berupa kendaraan pengangkut sampah 3 roda kepada Pemkab Labuhanbatu Selatan, Pemkab Labuhanbatu, Pemkab Mandailing Natal dan Pemko Sibolga.

Turut hadir pada acara tersebut Kajari Labusel, Joko Wibisono, SH, MH, Wakil Ketua DPRD Syahdian Purba, unsur Muspida, pimpinan OPD, pimpinan perusahaan dan undangan lainnya. (Humas Protokoler)

Peringatan Hari Pahlawan Ke-73 Tahun 2018 di Lapangan SBBK Kotapinang Kabupaten Labuhanbatu Selatan...

Minggu, 11 November 2018
Peringatan Hari Pahlawan Ke-73 tahun 2018 di kabupaten Labuhanbatu Selatan, sabtu (10/11) di lapangan SBBK Kotapinang berjalan dengan penuh khidmat. Bertindak selaku Irup, Wabup Drs. Kholil Jufri Harahap, MM dan sebagai Dan Up Iptu Tarjuki (Panit Lantas Polsekta Kotapinang).

Mensos RI Agus Gumiwang Kartasasmita dalam amanatnya yang dibacakan Wabup Drs. Kholil Jufri Harahap mengatakan peringatan Hari Pahlawan bukan semata sebuah acara namun harus sarat makna, bukan hanya sebagai prosesi namun substansi setiap peringatan Hari Pahlawan harus dapat menggali dan memunculkan semangat baru dalam implementasi nilai-nilai kepahlawanan dalam kehidupan sehari-hari.

“Tema Hari Pahlawan Tahun 2018 “Semangat Pahlawan Di Dadaku” mengandung makna sesuai fitrahnya dalam diri setiap insan tertanam nilai-nilai kepahlawanan, oleh karenanya siapapun dapat menjadi pahlawan, setiap warga Negara Indonesia tanpa kecuali dapat berinisiatif mengabdikan hal yang bermanfaat untuk kemashlahatan diri, lingkungan sekitar, bagi bangsa dan Negara”, kata Mensos RI.

Lebih lanjut, Mensos RI mengajak untuk menjadikan Peringatan Hari Pahlawan, menjadi momentum bagi bangsa Indonesia untuk melakukan introspeksi diri. Sampai seberapa jauh setiap komponen bangsa dapat mewarisi nilai-nilai kepahlawanan, melanjutkan perjuangan, mengisi kemerdekaan demi mencapai Negara Kesatuan Republik Indonesia yang sejahtera, adil dan makmur.

“Pada akhirnya melalui momentum Peringatan Hari Pahlawan, saya mengajak marilah kita berbuat yang terbaik bagi bangsa ini. Mari berkontribusi bagi kemajuan bangsa. Mulai dari yang dapat kita lakukan, mulai dari lingkungan terdekat yang pada akhirnya memberikan kekuatan dan ketahanan bagi bangsa dan Negara", kata Mensos RI. (Humas Protokoler)

Ketua TP-PKK Kabupaten Labuhanbatu Selatan Hj. Hasnah Wildan Aswan Tanjung Tinjau Peternakan Lele Organik Dengan Sistem ...

Minggu, 11 November 2018
Ketua TP-PKK Kabupaten Labuhanbatu Selatan Hj. Hasnah Wildan Aswan Tanjung tinjau peternakan lele organik dengan sistem kolam terpal di Dusun Asahan, Desa Aek Batu, Kec. Torgamba, Jumat (9/11) sore.

Pada kesempatan itu, Hj. Hasnah menyaksikan langsung proses pemeliharaan ikan di sejumlah lokasi peternakan dari 22 KK peternak lele mitra binaan TP-PKK Kabupaten Labuhanbatu Selatan di dusun tersebut. Turut hadir dalam peninjauan itu, Wakil Bupati, Kholil Jufri Harahap, pimpinan OPD, camat, dan tokoh masyarakat.

“Berawal dari audensi yang dilakukan masyarakat yang mengajukan peternakan lele untuk meningkatkan pendapatan keluarga. Saya sangat tertarik dan kebetulan sejalan dengan program peningkatan pendapatan keluarga yang ada dalam program PKK Kabupaten Labuhanbatu Selatan,” katanya.

Hj. Hasnah mengaku sangat puas dan bangga atas jerih payah para peternak tersebut yang sudah mulai menunjukkan hasil hanya dalam 37 hari. Kedepannya kata dia, para peternak dapat membentuk koperasi, sehingga pemerintah provinsi maupun pusat dapat melirik gagasan yang dilakukan masyarakat untuk mendongkrak kesejahteraan para peternak.

“Hanya dalam 45 hari lele sudah dapat dipanen dan dijual ke pasar. Lele ini diupayakan untuk dipasarkan di Kabupaten Labuhanbatu Selatan dahulu. Setelah itu, melalui koperasi kita akan pasarkan ke luar daerah,” katanya.

“Mudah-mudahan usaha peternakan lele ini dapat berkembang ke seluruh kecamatan yang ada di kabupaten Labuhanbatu Selatan”, lanjutnya.

Dikatakan, dari grup perternakan lele nasional telah diperoleh inovasi baru yakni, ikan yang memiliki citarasa khusus ketika digoreng, tanpa bahan tambahan apapun. “Dalam 1 Kg ikan kita mendapat Rp4 ribu dari 2.000 benih. Satu kolam selama 45 hari mampu menghasilkan Rp1,5 juta,”katanya.

Sementara itu, Wakil Bupati, Drs. Kholil Jufri Harahap, MM berjanji akan berupaya meningkatkan kepedulian terhadap program ternak lele. Dia berharap pada masa mendatang peternak Kabupaten Labuhanbatu Selatan dapat memenuhi kebutuhan lele di Kabupaten Labuhanbatu Selatan.

“Dalam pembahasan APBD nanti saya akan coba memasukkan program ternak lele melalui TP-PKK. Diharapkan agar masyarakat membuat kelompok, sehingga mampu memperoleh bantuan bibit maupun pakan lele,” katanya. (Humas Protokoler)

Bupati Labuhanbatu Selatan, H. Wildan Aswan Tanjung, SH, MM Membuka Acara Koordinasi Pembinaan dan Pengawasan Pengelolaa...

Rabu, 31 Oktober 2018
Bupati Labuhanbatu Selatan, H. Wildan Aswan Tanjung, SH, MM membuka acara koordinasi pembinaan dan pengawasan pengelolaan dana desa sebagai perwujudan program ketiga nawacita presiden RI serta rekonstruksi spirit revolusi mental dalam pemberdayaan desa, rabu (31/10) di pendopo rumah dinas bupati.

Dalam sambutannya saat membuka acara tersebut, H. Wildan Aswan Tanjung, SH, MM mengatakan pemberian dana desa dimaksudkan untuk mendukung meningkatnya kesejahteraan masyarakat dan pemerataan pembangunan, serta komitmen pemerintah untuk secara serius memperkuat pelaksanaan otonomi daerah dan desentralisasi fiskal sekaligus wujud dari implementasi Nawacita.

“Untuk itu, setiap rupiah dari dana desa tersebut harus diupayakan untuk dioptimalkan pada program dan kegiatan yang produktif, sehingga mampu memberikan output dan outcome yang berkelanjutan”, kata H. Wildan Aswan Tanjung, SH, MM.

“Pemerintah senantiasa berupaya agar dana desa bisa semakin berpihak kepada masyarakat miskin. Selain itu, regulasi yang disusun pun akan menghasilkan sistem pengelolaan dana desa yang efektif , efisien dan akuntabel sehingga tujuan pemerintah melalui pengelolaan dana desa dapat terwujud sesuai Nawacita Presiden RI”, lanjut H. Wildan Aswan Tanjung, SH, MM.

Lebih lanjut, H. Wildan Aswan Tanjung, SH, MM menjelaskan perlunya dilakukan pembinaan dan pengawasan pelaksanaan dana desa oleh semua pihak baik dari internal pemerintah yaitu melalui Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) dan eksternal pemerintah yaitu kepolisian dan kejaksaan.

H. Wildan Aswan Tanjung, SH, MM juga berharap agar dana desa benar-benar diawasi dan memastikan masyarakat mendapatkan informasi pembangunan dan mendorong kemandirian.

“Mari jadikan efisiensi, efektivitas, produktivitas, transparansi dan akuntabilitas sebagai landasan kita dalam mengelola dana desa untuk sebesar-besarnya kemakmuran rakyat dan mencapai keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia khususnya di kabupaten Labuhanbatu Selatan yang kita cintai ini”, ajak H. Wildan Aswan Tanjung, SH, MM.

Acara koordinasi pembinaan dan pengawasan pengelolaan dana desa tersebut diikuti oleh seluruh kepala desa se-kabupaten Labuhanbatu Selatan. Sebagai Narasumber adalah Kajari Labuhanbatu Selatan, Joko Wibisono, SH, MH dengan materi Mengawal dan Mengamankan Implementasi Dana Desa, Wakapolres Labuhanbatu Kompol Anggoro Wicaksono, SH, SIK, MH dengan materi Peranan Polri dalam Pendampingan Pembangunan, Kepala BPKAD Labuhanbatu Selatan Ahmad Zein Nasution, SAP dengan materi Sistem Pengelolaan Keuangan Dana Desa, dan Kadis PMD Ahmad Syukri Siregar, SSTP, MAP Labuhanbatu Selatan dengan materi Revolusi Mental dalam Pemberdayaan Masyarakat Desa.

Turut hadir pada acara tersebut Wabup Drs. Kholil Jufri, MM, unsur Muspida, Sekda Zulkifli, SIP, MM, Inspektur Kabupaten Sarbaini Harahap, SH, MAP, Ketua TP. PKK Kabupaten Labuhanbatu Selatan Ny. Hj. Hasnah Wildan Aswan Tanjung, Camat dan Kapolsek se-kabupaten Labuhanbatu Selatan, para kepala desa se-kabupaten Labuhanbatu Selatan. (Humas Protokoler)
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14