BERITA

Bupati Labuhanbatu Selatan Hadiri Rapat Forum SKPD...

Rabu, 08 Maret 2017

Bupati Labuhanbatu Selatan, H. Wildan Aswan Tanjung, SH, MM menghadiri Rapat Forum SKPD di Hotel Grand Suma Blok IX Jalinsum, Rabu, (08/03). Dalam penyampaiannya Bupati menjelaskan salah satu yang menjadi tugas Pemerintah adalah menciptakan suatu sistem yang kondusif bagi terlaksananya proses Pembangunan di Daerah.

Beliau menekankan beberapa hal penting yang harus diperhatikan dalam Penyusunan Perencanaan Pembangunan Tahun 2018, yaitu melanjutkan dan memperkuat Reformasi Pembangunan untuk menciptakan pertumbuhan ekonomi yang kokoh melalui Peningkatan iklim usaha dan iklim investasi yang lebih kondusif, Peningkatan daya saing dan nilai tambah industri, Peningkatan peran Swasta dalam pemberdayaan Pembangunan Infrastruktur, Kepastian dan penegakan Hukum, Reformasi Birokrasi dan Tata Kelola Pemerintahan serta meningkatkan daya saing Daerah untuk memperkuat landasan Pembangunan.

Meski diakuinya bahwa ditemukan beberapa kelemahan dalam perencanaan pada periode lalu, namun itu akan menjadi koreksi yang efisien demi penyempurnaan tujuan Pembangunan kedepannya.

“Saya ingatkan kembali kepada seluruh SKPD dalam penyusunan Program kegiatan termuat dalam rencana kerja SKPD harus mendasarkan pada Filosofi “anggarkan yang direncanakan dan rencanakan yang dibutuhkan” tegas Bupati

Bupati menambahkan bahwa dirinya berharap Forum SKPD ini sebagai Forum Diskusi antar SKPD yang mampu menghasilkan penyelarasan program dan kegiatan SKPD dengan usulan program dan kegiatan hasil Musrembang Kecamatan, mempertajam indikator serta target program dan kegiatan SKPD sesuai dengan tupoksinya, ujar Bupati mengakhiri arahannya.

Sementara itu, Kepala Bapeda Ali Hotman Hasibuan, S.Sos, MM dalam paparan singkatnya menjelaskan arah kebijakan pembangunan kabupaten labuhanbatu selatan tahun 2018 diprioritaskan kepada Bidang pendidikan, kesehatan, sosial  selaras dengan Visi Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu Selatan “Bersama Membangun Tanah Kelahiran”.

Turut hadir pada Forum SKPD tersebut, Sekretaris Daerah Kabupaten, Staf Ahli dan Asisten Perekonomian Pembangunan, SKPD.

 

 

 

WAKIL BUPATI Drs. KHOLIL JUFRI MEMBUKA SECARA RESMI UJIAN SELEKSI JABATAN PIMPINAN TINGGI PRATAMA DI AULA PERTEMUAN KANT...

Selasa, 07 Maret 2017

Bertempat di aula pertemuan Kantor Bupati Labuhanbatu Selatan, Wakil Bupati Labuhanbatu Selatan Drs. Kholil Jufri Harahap membuka secara resmi ujian seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (07/03).

Ketua Panitia Seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Kabupaten Labuhanbatu Selatan Zulkifli, SIP, MM mengatakan bahwa saat ini Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu Selatan melaksanakan seleksi untuk mengisi Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama.

Lebih lanjut disampaikan Zulkifli, SIP, MM  bahwa dasar pelaksanaan Seleksi Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama ini sesuai dengan Amanat Undang-Undang No. 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 13 Tahun 2014 dimana Pengisian Jabatan Pimpinan tinggi Pratama di daerah dilakukan dengan seleksi terbuka dan kompetitif di kalangan Aparatur Sipil Negara (ASN).

Ujian Seleksi dilaksanakan dengan berbagai agenda antara lain Psikotest, dan wawancara. ujian ini di ikuti oleh 52 peserta, Dibukanya seleksi ini untuk memberi kesempatan bagi PNS yang berminat dan memenuhi syarat menjadi pejabat Pimpinan Tinggi Pratama. Tim Penilai digandeng  dari kalangan akademisi dari Universitas Medan Area (UMA) Fakultas Psikologi yang cukup berkompeten di bidangnya ujar Ketua Pansel.

Sementara itu Wakil Bupati Labuhanbatu Selatan dalam sambutannya menyampaikan bahwa seleksi pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama dilaksanakan secara terbuka di lingkungan Pemerintahan Kabupaten Labuhanbatu Selatan, dan setiap peserta harus memenuhi ketentuan diantaranya berstatus sebagai sebagai PNS, sehat Jasmani dan Rohani, berusia setinggi tingginya 58 Tahun pada saat pendaftaran ,tidak pernah atau sedang menjalani Hukuman.

Lebih lanjut Wakil Bupati Labuhanbatu Selatan mengatakan  bahwa “Kedepannya dalam melakukan seleksi jabatan, kepada seluruh Pimpinan Tinggi Pratama harus memenuhi syarat kompetensi, kualifikasi, kepangkatan, pendidikan dan latihan, dan diuji melalui seleksi seperti hari ini, sehingga kualitas para pejabat di Labuhanbatu Selatan dalam melakukan setiap program akan profesional dan saya harap para peserta mengikuti ujian ini dengan baik dan sungguh sungguh” tandasnya.

Di akhir kata sambutannya, Wakil Bupati Labuhanbatu Selatan secara resmi membuka Ujian Seleksi Pelelangan Jabatan Pimpinan Pratama seraya menyampaikan terima kasih kepada Tim Seleksi dan berpesan agar Calon Pimpinan Tinggi Pratama di Wilayah Kabupaten Labuhanbatu Selatan dapat mengikuti ujian dengan baik.

 

Pemkab Labuhanbatu Selatan beserta jajaran Polres Labuhanbatu serius mendukung pemberantasan praktek pungutan liar...

Kamis, 02 Maret 2017
Pemkab Labuhanbatu Selatan beserta jajaran Polres Labuhanbatu serius mendukung pemberantasan praktek pungutan liar. Hal ini dibuktikan dengan dikukuhkannya Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Satgas Saber Pungli) di Kabupaten Labuhanbatu Selatan, Kamis (2/3) di Aula Kantor Bupati Labuhanbatu Selatan.
Drs. Kholil Jufri Harahap dalam sambutannya meminta agar satgas saber pungli yang baru saja dikukuhkan untuk segera membuat posko dan nomor call center/sms pengaduan untuk memudahkan laporan pengaduan.
Drs. Kholil Jufri Harahap juga menghimbau jajarannya dan masyarakat untuk tidak terlibat pungli.
Sementara itu Kapolres Labuhanbatu, AKBP. Frido Situmorang, SH, SIK menjelaskan bahwa Satgas Saber Pungli dibentuk untuk memberantas segala bentuk praktek pungutan liar.
Pembentukan Satgas Saber Pungli ini merupakan tindak lanjut program pemerintah pusat ydalam memberantas segala bentuk praktek pungutan liar. “Tadi pagi telah dikukuhkan Satgas Saber Pungli di Kabupaten Labuhanbatu, hari ini di Labuhanbatu Selatan dan nanti siang akan dikukuhkan satgas saber pungli Labuhanbatu Utara”, jelasnya.
Pengukuhan Satgas Saber Pungli ditandai dengan penandatanganan berita acara oleh Wakil Bupati Labuhanbatu Selatan dan disaksikan oleh Kapolres Labuhanbatu, Mewakili Kajari Labuhanbatu Selatan Muhammad Haris SH, Asisten Administrasi Umum dan Ketua FKDM.
Hadir dalam pengukuhan Satgas Saber Pungli tersebut, Wakil Bupati Labuhanbatu Selatan, Kapolres beserta jajarannya, Dandim 0209 Labuhanbatu Selatan diwakili Danramil 11 Kotapinang, Kepala SKPD dan Ketua FKDM.

Wakil Bupati Labuhanbatu Selatan Drs. Kholil Jufri Harahap membuka secara resmi Konsultasi publik...

Rabu, 01 Maret 2017
Wakil Bupati Labuhanbatu Selatan Drs. Kholil Jufri Harahap membuka secara resmi Konsultasi publik Rancangan Awal RKPD Kabupaten Labuhanbatu Selatan Tahun 2018, Rabu (1/3) di Hotel Grand Suma Blok Songo.
Drs. Kholil Jufri Harahap dalam sambutannya menjelaskan hasil dari konsultasi publik untuk dijadikan sebagai bahan penyusunan rencana kerja SKPD yang akan ditetapkan pada forum SKPD dan akan disepakati pada musrenbang kabupaten.
Drs. Kholil Jufri Harahap meminta seluruh kepala SKPD agar menyusun Renja SKPD dengan mengacu kepada RPJMD Kabupaten Labuhanbatu Selatan sebagaimana diamanatkan dalam Permendagri nomor 54 tahun 2010.
Sementara itu, Kepala Bappeda Ali Hotman Hasibuan dalam paparannya menjelaskan Forum konsultasi publik merupakan wadah penampungan dan penjaringan aspirasi masyarakat, dan dunia usaha untuk penyempurnaan rancangan kebijakan, hal ini menunjukkan sistem perencanaan bawah-atas (bottom-up planning berdasarkan asas demokratisasi dan desentralisasi.
Konsultasi publik bertujuan untuk memperoleh masukan penyempurnaan rancangan awal RKPD dan kesepakatan dalam perumusan isu strategis, prioritas dan tema pembangunan kabupaten Labuhanbatu Selatan tahun 2018.
Lebih lanjut Ali Hotman Hasibuan menjelaskan Thema RKPD kabupaten Labuhanbatu Selatan Tahun 2018 adalah peningkatan pertumbuhanb ekonomi dan kualitas hidup melalui peningkatan potensi daerah, pembangunan infrastruktur yang berbasis wilayah.
Adapun prioritas pembangunan di Kabupaten Labuhanbatu Selatan tahun 2018 sebanyak 7 prioritas antara lain Penataan ruang yang berbasis masyarakat dalam mendukung pengembangan ekonomi wilayah dan kualitas hidup, Peningkatan kualitas dan kuantitas infrastruktur yang berbasis wilayahMeningkatkan aksesibilitas danmemeratakan pelayanan ekonomi dan kualitas hidup ke seluruh wilayah`
Selanjutnya Peningkatan dan Pengembangan kuantitas dan kualitas infrastruktur yang terintegrasi dengan sektor-sektor lainnya, Penguatan sistem transportasi daerah, Menguatkan peran dan fungsi kewilayahan dan Peningkatan penguatan kelembagaan penataan ruang dalam rangka mendukung peningkatan investasi daerah. 
Turut Hadir pada acara tersebut mewakili Kajari Labuhanbatu Selatan Rizallahi, SH, Danramil 11 Kotapinang Mayor. Czi. Baginda Siregar, SE, Danramil 10 Tanjung Medan Kapten. Inf. Asep Rukman, Kapolsek Torgamba AKP. S. Siregar, mewakili Kapolsekta Kotapinang, Pimpinan SKPD, Pimpinan Perusahaan/Perbankan dan tokoh masyarakat.
Attachments area

BKD Labuhanbatu Selatan adakan BIMTEK SIMPEG...

Rabu, 01 Maret 2017

Dalam rangka mewujudkan struktur manajemen kepegawaian yang baik, maka dibutuhkan data kepegawaian yang Akurat, Valid dan Mutakhir, untuk mewujudkan itu diperlukan suatu Sistem Informasi Daerah yang mampu mengakomodir segala jenis data kepegawaian.

Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian (SIMPEG), merupakan sistem terkomputerisasi yang didalamnya mampu mengolah data kepegawaian yang nantinya akan menghasilkan Informasi yang dapat digunakan, Tujuan utamanya sebagai pendukung keputusan dalam mengambil kebijakan. Oleh karena itu, perlu dipersiapkan SDM yang mau dan mampu dalam kegiatan pemutahiran data dimaksud.

Bertempat di Aula Pertemuan Kantor Bupati, Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Labuhanbatu Selatan mengadakan Sosialisasi penerapan SIMPEG (01/03).

Sosialisasi ini bertujuan untuk memperkenalkan SIMPEG sebagai Aplikasi berbasis Web demi efektifitas dan efisiensi.
Kegiatan ini dibuka oleh Asisten Administrasi Umum Sekretaris Daerah Kabupaten, Drs. Ahmad Fuad didampingi oleh Badan Kepegawaian Daerah BKD Kabupaten Labuhanbatu Selatan, Hj. Lamsaniah, M.Pd. hadir juga Sekretaris BKD Ilham, SKM yang juga didampingi oleh Kasubbid Informasi dan Pengolahan data Kepegawaian, Raja Inal Siregar.

Asisten Adminstrasi Umum dalam arahannya mengajak seluruh peserta Sosialisasi untuk serius dalam sosialisasi ini, SIMPEG ini merupakan alat untuk meringankan tugas SKPD, penerapannya nanti diharapkan dapat menghasilkan data out put secara valid dan efisien, “penerapan SIMPEG ini pada hakikatnya sebagai langkah untuk mengambil keputusan oleh Pemerintah Kabupaten, karena setiap data data kepegawaian yang diolah akan menjadi pertimbangan bagi pemerintah Kabupaten dalam menentukan sanksi atau penghargaan kepada setiap Pegawai” tandas Asisten Adminstrasi Umum.

Sebagai Narasumber sengaja didatangkan Tim Tenaga Ahli dibidangnya dari PT. Lunata IT Medan. Adapun peserta sosialisasi lebih kurang berjumlah 90 PNS yang terdiri dari Instansi Dinas, Kantor, Badan, UPTD Kecamatan se Kabupaten Labuhanbatu Selatan, sedangkan. Sasaran peserta adalah Kepala Subbag TU/Kepegawaian atau staf di Sekretariat di setiap Instansi yang membidangi urusan kepegawaian.


Bupati Labuhanbatu Selatan menandatangani Memory Of Understanding (MoU) Nota Kesepahaman tentang Penanganan Perkara Perd...

Selasa, 28 Februari 2017

Dalam rangka melaksanakan pembangunan serta menghindari atau mencegah timbulnya penyimpangan yang dapat menyebabkan kerugian Negara, Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu Selatan melakukan Penandatangan Memory Of Understanding (MoU) Nota Kesepahaman tentang penanganan perkara perdata dan Tata Usaha Negara dengan Kejaksaan Negeri Labuhanbatu Selatan sekaligus dirangkai dengan pelaksanaan Sosialisasi Tim Pengawal dan Pengaman Pemerintahan dan Pembangunan Pemerintah (TP4D) oleh Kejaksaan Negeri Labuhanbatu Selatan (28/02).

Kegiatan yang bertempat di Aula pertemuan Kantor Bupati Sosopan tersebut dihadiri oleh Bupati Labuhanbatu Selatan, Wakil Bupati Labuhanbatu Selatan Kepala dan staf Kejaksaan Negeri Labuhanbatu Selatan, para Asisten, Kepala Badan, Dinas dan Kantor Pemerintah Kabupaten, Jajaran Struktural Pemerintah Kabupaten, Camat Se-Labuhanbatu Selatan, Kepala Desa Se-Labuhanbatu Selatan serta tamu undangan lainnya.

Penandatanganan MoU ini bertujuan sebagai pengawalan dan pengamanan Pemerintahan dan Pembangunan Daerah, sedangkan Sosialisasi TP4D bertujuan memberikan pengertian kepada peserta Sosialisasi dalam rangka mengawal, mengamankan dan mendukung keberhasilan jalannya pemerintahan dan pembangunan melalui upaya – upaya pencegahan / preventif dan persuasive.

Acara dibuka dengan sambutan dari Bupati Labuhanbatu Selatan, Bupati dalam sambutannya menyampaikan apresiasinya kepada Kajari Labuhanbatu Selatan atas dibentuknya Tim Nota Kesepahaman serta Sosialisasi Tim Pengawalan, Pengamanan Pemerintahan dan Pembangunan Daerah (TP4D) ini.

Bupati menyampaikan rasa optimisnya atas terbentuknya tim ini, diharapkan dapat membantu Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu Selatan untuk memperoleh dukungan dari Kejaksaan Negeri berupa bantuan Hukum, pelayanan Hukum dan tindakan Hukum lainnya apabila berhadapan dengan Konflik Hukum, khususnya dalam bidang Perdata dan Tata Usaha Negara (TUN).

Bupati menyampaikan, dengan kerja sama ini SKPD dapat melakukan Konsultasi sebelum dan saat pelaksanaan kegiatan sehingga Program dan kegiatan dapat berjalan sesuai peraturan perundang undangan yang berlaku.  Dengan Kerjasama ini kedepan tidak ada lagi kesalahan SKPD dalam merencanakan dan melaksanakan setiap program dan kegiatan di masing-masing SKPD.

Lebih lanjut Bupati menyampaikan harapannya atas pelaksanaan Sosialisasi “saya berharap dengan diadakannya Sosialisasi ini, dapat meningkatkan pencerahan dan menyatukan persepsi kita semua di bidang hukum, oleh karennya supaya setiap peserta mengikuti sosialisasi ini dengan sungguh sungguh” tandas Bupati

Sementara itu Kajari Labuhanbatu Selatan Joko Wibisono, SH, MH dalam penjelasannya menyampaikan terbentuknya TP4D ini atas Instruksi Presiden Joko Widodo ke Jaksa Agung RI dilanjutkan ke Kejati dan ke Kajari seluruh Indonesia.

Kejari mengingatkan Pemerintah Kabupaten untuk lebih Kooperatif kepada Lembaga-Lembaga Hukum yang ada baik itu Kejaksaan, Kepolisian adapun tujuannya semata mata untuk kerja sama Konsultasi, pengawalan supaya dalam setiap pelaksanaan Program, Pemerintah Kabupaten selalu mengacu kepada perundang undangan yang berlaku, dalam pengertian lain tidak melanggar Hukum, “lebih baik mencegah dari pada mengatasi” ujar Kajari.

Beliau juga menekankan agar setiap pelaksanaan kegiatan dan program Pemerintah harus diawali dengan tahap perencanaan yang matang sesuai petunjuk pelaksanaan (Juklak) yang berlaku supaya tidak terjadi kesalahan di kemudian hari.

 

 

 



Pemkab Labuhanbatu Selatan Gelar Rapat Koordinasi Pasca Disahkannya Koperasi ASN Sejahtera...

Jumat, 24 Februari 2017

Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disperindagkop-UKM) Kabupaten Labuhanbatu Selatan menggelar rapat koordinasi (24/02) Di Aula Pertemuan Kantor Bupati Labuhanbatu Selatan. Rapat ini dilaksanakan pasca disahkannya Koperasi ASN yang diberi nama Koperasi ASN Sejahtera di Lingkungan Pemkab Labuhanbatu Selatan, Akta Pendirian Koperasi ASN ini telah memiliki Badan Hukum dan mendapat persetujuan dari Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia.

Wakil Bupati Labuhanbatu Selatan Drs. Kholil Jupri Harahap yang turut hadir pada rapat tersebut menyampaikan besar harapannya supaya nantinya kehadiran Koperasi ASN Sejahtera ini benar benar menjadi Koperasi yang profesional, bisa mensejahterakan anggota. ”Saya minta kepada setiap SKPD untuk benar benar  serius dalam pembahasan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Koperasi ASN Sejahtera ini, tujuannya untuk memudahkan dalam melakukan pengawasan dan pengelolaan terhadap Koperasi ini“ tandasnya mengakhiri pengarahan. 

Koperasi yang di bentuk saat ini langsung di bawah pengawasan Disperindagkop UKM Kabupaten Labuhanbatu Selatan. Duduk dalam struktur kepengurusan adalah Listiono dari SKPD Penanaman Modal dan Aset Daerah sebagai Ketua, Wakil Ketua adalah Ir. Ralikhul Rahman Asisten Perekonomian dan Pembangunan, sedangkan Skretaris I dijabat oleh Hj. Farida Hanum dari Korpri, Maruhum Siregar yang merupakan Kepala Bidang Koperasi Disperindagkop menjabat sebagai Skretaris II, sedangkan bendahara dijabat oleh Syarifah Hapni, SH dari Setdakab. 

Dalam beroperasinya, Nantinya Koperasi ini akan menyelenggarakan kegiatan usaha meliputi Simpan Pinjam, Penjualan Atribut Korpri, Foto Copy dan Alat Tulis Kantor, Penjualan Gas Elpiji dan penjualan makanan dan minuman.

Turut hadir pada rapat tersebut para Asisten Sekretaris Daerah Kabupaten, Kepala Badan Dinas dan Kantor beserta perwakilan Satuan Kerja Perangkat Darah.

 

 

 

 

Sebanyak 634 siswa SMA Negeri dan Swasta di Kabupaten Labuhanbatu Selatan menerima beasiswa Program Indonesia Pinta...

Selasa, 21 Februari 2017
Sebanyak 634 siswa SMA Negeri dan Swasta di Kabupaten Labuhanbatu Selatan menerima beasiswa Program Indonesia Pintar (PIP), Kamis (16/2) di Aula Santun Berkata Bijak Berkarya Kotapinang. Penyerahan dilakukan secara simbolis oleh Anggota DPR daerah Pemilihan Sumatera Utara DR. Saleh Partaonan Daulay, M.Ag, M.Hum, MA dan Bupati Labuhanbatu Selatan H. Wildan Aswan Tanjung, SH, MM.
DR. Saleh Partaonan Daulay, M.Ag, M.Hum, MA dalam sambutannya berpesan agar beasiswa yang diterima dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. “Gunakan beasiswa untuk membeli seragam sekolah, tas, sepatu dan buku sekolah, supaya mereka punya semangat untuk untuk sekolah”, pesannya kepada pada orang tua siswa penerima beasiswa.
DR. Saleh Partaonan Daulay, M.Ag, M.Hum, MA juga berpesan kepada orang tua siswa agar jangan pernah takut tidak sanggup membiayai anak untuk sekolah, karena orang yang punya ilmu pengetahuan berbeda dengan orang yang tidak punya ilmu pengetahuan.
Sementara itu, Bupati Labuhanbatu Selatan, H. Wildan Aswan Tanjung, SH, MM dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada anggota DPR RI dapil Sumatera Utara DR. Saleh Partaonan Daulay, M.Ag, M.Hum, MA yang telah peduli dan memiliki komitmen yang tinggi terhadap daerah pemilihannya, khususnya kabupaten Labuhanbatu Selatan.
"Beliau banyak memperjuangkan agar Kabupaten Labuhanbatu Selatan mendapat kucuran dana dari pemerintah pusat, diantaranya pembangunan infrastruktur  sampai pemberian beasiswa", ujar H. Wildan Aswan Tanjung SH, MM.
H. Wildan Aswan Tanjung, SH, Mm menjelaskan bahwa Pemkab labuhanbatu Selatan telah melakukan terobosan-terobosan di bidang pendidikan seperti mewujudkan SMA Negeri 1 Kotapinang sebagai ikon pendidikan, memberikan beasiswa berprestasi, membentuk kelompok-kelompok belajar kelas unggulan, pemberian pakaian gratis bagi siswa kelas 10 serta pemenuhan sarana dan prasarana berkualitas lainnya.
Selain itu, Pemkab Labuhanbatu Selatan juga telah memberikan beasiswa bagi siswa SLTA berprestasi secara akademik untuk melanjutkan pendidikan secara gratis ke IPB sejak tahun akademik 2016/2017 sebanyak 6 (enam) orang.
Diakhir sambutannya, H. Wildan Aswan Tanjung, SH, MM juga berpesan kepada orang tua siswa agar memanfaatkan beasiswa PIP dengan sebaik-baiknya untuk kepentingan pendidikan.
Penyerahan beasiswa dilakukan secara simbolis kepada 5 orang siswa, antara lain Abd. Ikhsan Lubis siswa SMAN 2 Kotapinang, Saddiah Daulay siswa SMAN 1 Sungai Kanan, Dianita Bujing Rambe siswa SMAN 1 Silangkitang dan Amwita Purnama siswa SMAN 1 Torgamba.
 

DPRD Kabupaten Labuhanbatu Selatan gelar Paripurna Istimewa peresmian pengangkatan dan pengambilan sumpah/janji Wakil ke...

Selasa, 21 Februari 2017
DPRD Kabupaten Labuhanbatu Selatan gelar Paripurna Istimewa peresmian pengangkatan dan pengambilan sumpah/janji Wakil ketua DPRD Kabupaten Labuhanbatu Selatan Masa Jabatan 2014-2019, Senin (20/2) di Aula Santun Berkata Bijak Berkarya Kotapinang. Hadir pada acara tersebut Anggota DPRD Provinsi Sumatera Utara Ari Wibowo, Wakil Bupati Drs. Kholil Jufri Harahap, Ketua DPRD H. Jabaluddin Dasopang, S.Sos, Wakil Ketua DPRD Chairul Harahap, Dandim 0209 Letkol. Czi. Denden Sumarlin, SE, Kajari Labuhanbatu Selatan Joko Wibisono, SH, MH, Ketua PN Rantauprapat Dominggus Silaban, SH, MH, Sekda Zulkifli, SIP, MM, Danramil 11 Kotapinang Mayor. Czi. Baginda Siregar, SE, Kapolsekta Kotapinang Kompol. Adi Santri Sanjaya, S.Sos.
Wakil Ketua DPRD yang diangkat dan diambil sumpah/janji adalah Syahdian Purba, SH menggantikan Arwi Winata yang mengundurkan diri saat mencalonkan diri sebagai  calon Wakil Bupati Labuhanbatu Selatan pada Pilkada tahun 2015 yang lalu. Pengambilan sumpah/janji sebagai Wakil Ketua DPRD dilakukan oleh Ketua PN Rantauprapat Dominggus Silaban, SH, MH.
Ketua DPRD H. Jabaluddin Dasopang, S.Sos dalam pidatonya saat membuka Paripurna Istimewa mengucapkan selamat bertugas kepada Syahdian Purba, SH sebagai wakil ketua DPRD. “semoga kepercayaan serta tugas yang diberikan oleh rakyat melalui lembaga ini, dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya serta penuh rasa tanggung jawab”, ujar H. Jabaluddin Dasopang, S.Sos.
Selanjutnya H. Jabaluddin Dasopang, S.Sos mengajak para anggota DPRD untuk bersama-sama bekerja keras, bekerja cerdas dan bekerja ikhlas dalam turut serta mensejahterakan Kabupaten Labuhanbatu Selatan sesuai dengan visi Bersama Membangun Tanah Kelahiran.
H. Jabaluddin Dasopang, S.Sos juga mengucapkan terima kasih kepada Bupati beserta jajarannya atas kerjasama yang terjalin selama ini, diharapkan kedepannya dapa selalu terjalin hubungan yang harmonis dan selalu bekerjasama yang dalam demi meningkatkan pembangunan di Kabupaten Labuhanbatu Selatan.
Hal senada disampaikan Wakil Bupati Drs. Kholil Jufri Harahap yang mengajak seluruh anggota DPRD untuk meningkatkan Sinergitas sehingga tugas bersama mempercepat pembangunan dapat terus terlaksana, sehingga Kabupaten Labuhanbatu Selatan dapat selangkah lebih maju dari Kabupaten/Kota lain.
Pada kesempatan itu juga, Drs. Kholil Jufri harahap mengucapkan selamat atas dilantiknya Syahdian Purba, SH sebagai Wakil Ketua DPRD masa jabatan 2014-2019 dengan harapan kiranya dapat menjalankan tugas mengemban amanah rakyat dengan sebaik-baiknya.
“Selamat bekerja, berkarya dan memberikan yang terbaik kepada bangsa dan negara khususnya masyarakat Labuhanbatu Selatan”, pesan Drs. Kholil Jufri Harahap.
 

Bupati Labuhanbatu Selatan H. Wildan Aswan Tanjung, SH, MM Pimpin Apel Hari Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3)...

Kamis, 16 Februari 2017
Bupati Labuhanbatu Selatan H. Wildan Aswan Tanjung, SH, MM pimpin apel hari Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Tahun 2017, Kamis (16/2) di lapangan sepakbola PT. Supra Matra Abadi (SMA) kebun Teluk Panji Kecamatan Kampung Rakyat. Hadir pada acara tersebut Anggota DPRD, Unsur Muspida, Sekda Zulkifli, SIP, MM, Pimpinan SKPD, pimpinan perusahaan dan para Camat.
Bupati Labuhanbatu Selatan, H. Wildan Aswan Tanjung, SH, MM saat membacakan sambutan Menteri Ketenagakerjaan RI, M. Hanif Dhakiri menjelaskan Pemerintah secara terus menerus meningkatkan pembangunan yang bertujuan memperluas kesempatan kerja yang pada akhirnya dapat mensejahterakan masyarakat. Pemerintah telah mulai membangun dan mengembangkan tol laut, pelayaran rakyat, pembangunan sarana dan prasarana ketenaga listrikan, perumahan, sanitasi dan air bersih.
Program pembangunan tersebut harus didukung oleh sumber daya manusia yang kompeten dan setiap pelaksanaan pembangunan harus menjamin keselamatan dan kesehatan kerja.
Berdasarkan data BPS dalam survey Angkatan Kerja Nasional bulan Agustus 2016, jumlah penduduk yang bekerja sebanyak 118, 41 juta jiwa dan sekitar 60,24% diantaranya dengan tingkat pendidikan SD dan SMP.
Kondisi demikian jelas menunjukkan bahwa tingkat kompetensi angkatan kerja Indonesia secara rata-rata perlu ditingkatkan. Dalam era globalisasi, khususnya dalam Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) kesiapan SDM sangat penting termasuk dalam peningkatan aspek K3.
Lebih lanjut, M. Hanif Dhakiri mengatakan tujuan K3 tidak hanya untuk memberi perlindungan kepada tenaga kerja dan orang lain yang berada di tempat kerja agar terjamin keselamatannya, tapi juga bagaimana dapat mengendalikan resiko terhadap peralatan, aset dan sumber produksi sehingga dapat dipergunakan secara aman dan efisien agar terhindar dari kecelakaan dan penyakit akibat kerja.
Tujuan perlindungan K3 dapat terlaksana apabila seluruh unsur yang berada di perusahaan, baik pihak manajemen, serikat pekerja/serikat buruh dan tenaga kerja/buruh bersama-sama berkomitmen melaksanakan upaya pencegahan kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja.
Pada kesempatan itu juga , M. Hanif Dhakiri menghimbau, mengajak dan mendorong agar semua pemangku kepentingan, pemerintah pusat, pemerintah provinsi, pemerintah kabupaten/kota, perguruan tinggi, organisasi profesi, asosiasi, pimpinan perusahaan, pekerja dan masyarakat lainnya untuk melakukan upaya konkrit terhadap pelaksanaan K3 dilingkungan masing-masing, sehingga budaya K3 benar-benar terwujud disetiap tempat kerja dan masyarakat umum di seluruh tanah air.
Usai membacakan sambutan Menteri Ketenagakerjaan RI, Bupati Labuhanbatu Selatan H. Wildan Aswan Tanjung SH, MM mengajak pimpinan perusahaan untuk menerapkan zero Accident (kecelakaan nihil) di setiap perusahaannya masing-masing.
H. Wildan Aswan Tanjung, SH, MM juga meminta kepada perusahaan agar meningkatkan nilai santunan kepada tenaga kerja yang mengalami kecelakaan kerja sehingga dapat bermanfaat bagi keluarga.
Diakhir sambutannya, H. Wildan Aswan Tanjung, SH, MM mengajak seluruh pimpinan perusahaan untuk meningkatkan kepeduliannya kepada tenaga kerja dengan menciptakan program perumahan bagi karyawan/karyawatinya, sehingga nantinya karyawan/karyawati dapat memiliki rumah sendiri.
Apel Hari Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) di Kabupaten Labuhanbatu Selatan tahun 2017 diisi dengan pemberian pelantikan Panitia Pembina Keselamatan dan Kesehatan Kerja (P2K3) tingkat perusahaan PT. Supra Matra Abadi (SMA), pelepasan dan pemberian santunan kepada karyawan/karyawati purna tugas sebanyak 7 orang, penyerahan jaminan hari tua  (JHT) oleh BPJS Ketenagakerjaan kepada 2 orang karyawan, penyerahan piagam Zero Accident (nihil kecelakaan) kepada 21 perusahaan dan penyerahan bantuan dari perusahaan kepada beberapa sekolah dilingkungan perusahaan sebanyak 3 sekolah.

Wakil Bupati Labuhanbatu Selatan Drs. Kholil Jupri Harahap Membuka Secara Resmi Musrembang Kecamatan Silangkitang,...

Kamis, 16 Februari 2017

Wakil Bupati Labuhanbatu Selatan Drs. Kholil Jupri Harahap membuka secara resmi musrembang kecamatan Silangkitang, Kamis (16/2) di Aula Kantor camat Silangkitang. Musyawarah ini merupakan wadah bersama para pelaku pembangunan dan Stake Holder untuk menyusun dokumen perencanaan yang memuat arah kebijakan, sasaran program dan kegiatan yang akan dilaksanakan pada tahun 2018 nantinya.

Hadir pada acara tersebut Anggota DPRD Dapil Kecamatan Silangkitang Damuri dan Satiman, Kepala Bappeda Ali Hotman Hasibuan, S.Sos, MM, Pimpinan SKPD, Kepala Bagian, pimpinan perusahaan, Camat dan Unsur Pimpinan Kecamatan Silangkitang.

Kholil Jupri Harahap dalam sambutannya berharap partisipasi aktif dari seluruh peserta musrembang Kecamatan dengan memberikan masukan terhadap jabaran arah dan kebijakan pembangunan yang akan dibahas dan dimusyawarahkan. Selain itu sasaran yang ditetapkan sedapat mungkin secara riil mampu mengatasi permasalahan yang ada.

Kholil Jupri  juga mengajak seluruh peserta musrembang untuk memanfaatkan musrembang sebagai proses perencanaan pembangunan yang menghasilkan kesepakatan antara pelaku pembangunan yang nantinya akan dilanjutkan pada forum SKPD dan Musrenbang Kabupaten.

Pada kesempatan itu juga Drs. Kholil Jupri Harahap meminta supaya terjalin hubungan baik antara camat dengan masyarakat, dengan begitu partisipasi warga akan pembangunan dapat terjadi, juga diharapkan kepada para pejabat yang lebih dulu pernah memangku jabatan sebagai camat di Silangkitang supaya bersedia berkoordinasi dengan camat silangkitang yang menjabat, Wakil Bupati menambahkan bahwa jalan menuju Kabupaten tetangga Labuhanbatu perlu mendapat prioritas dari Pembangunan di Kecamatan Silangkitang “jalan alternatif yang melalui beberapa desa di kecamatan silangkitang ini memiliki peranan yang sangat vital untuk menghubungkan kabupaten Labuhanbatu Selatan menuju Kabupaten Labuhanbatu, oleh karenanya kepada Camat diharapkan untuk pro aktif dalam membahas persoalan jalan ini termasuk pembebasan lahan jika diperlukan adanya pelebaran jalan”, tegas Wakil Bupati  

Sementara itu, Kepala Bappeda Ali Hotman Hasibuan, S.Sos, MM dalam paparannya menjelaskan arah kebijakan pembangunan ketiga (2018) RPJMD Kabupaten Labuhanbatu meliputi peningkatan pelayanan publik yang bersentuhan kepada masyarakat di bidang pendidikan, kesehatan dan infrastruktur, kemudian pengembangan aspek kesejahteraan masyarakat, pemerataan pembangunan dan daya saing daerah serta menggambarkan daya saing daerah berdasarkan ketersediaan infrastruktur, kemampuan ekonomi daerah dan iklim investasi.

 

Bupati Labuhanbatu Selatan buka secara resmi musrenbang Kecamatan Kampung Rakyat,...

Selasa, 14 Februari 2017
Bupati Labuhanbatu Selatan H. Wildan Aswan Tanjung, SH, MM membuka secara resmi musrenbang kecamatan Kampung Rakyat, Selasa (14/2) di Aula Kantor camat Kampung Rakyat. Hadir pada acara tersebut Anggota DPRD Dapil Kecamatan Kampung Rakyat, Kepala Bappeda Ali Hotman Hasibuan, S.Sos, MM, Pimpinan SKPD, pimpinan perusahaan, Camat dan Unsur Pimpinan kecamatan Kampung Rakyat, Kepala Desa dan delegasi musrenbang se-Kecamatan Kampung Rakyat.
 
H. Wildan Aswan Tanjung, SH, MM dalam sambutannya berharap partisipasi aktif dari seluruh peserta musrenbang kecamatan dengan memberikan masukan terhadap jabaran arah dan kebijakan pembangunan yang akan dibahas dan dimusyawarahkan. Selain itu sasaran yang ditetapkan sedapat mungkin secara riil mampu mengatasi permasalahan yang ada.
H. Wildan Aswan Tanjung, SH, MM juga mengajak seluruh peserta musrenbang untuk memanfaatkan musrenbang sebagai proses perencanaan pembangunan yang menghasilkan kesepakatan antara pelaku pembangunan yang nantinya akan dilanjutkan pada forum SKPD dan Musrenbang Kabupaten.
 
Pada kesempatan itu juga, H. Wildan Aswan Tanjung, SH, MM mengajak seluruh pimpinan perusahaan yang ada di Kecamatan Kampung Rakyat untuk meningkatkan kerjasama dan kepeduliannya. “kerjasama pembangunan jalan di kluster 1, Alhamdulillah sudah hampir selesai, saya berharap agar perusahaan-perusahaan yang ada di wilayah kecamatan Kampung Rakyat dapat merealisasikan kerjasama pembangunan di kluster 2 yang berada di wilayah kecamatan Kampung Rakyat”, tegas H. Wildan Aswan Tanjung, SH, MM.
 
Sementara itu, Kepala Bappeda Ali Hotman Hasibuan, S.Sos, MM dalam paparannya menjelaskan arah kebijakan pembangunan ketiga (2018) RPJMD Kabupaten Labuhanbatu meliputi peningkatan pelayanan publik yang bersentuhan kepada masyarakat di bidang pendidikan, kesehatan dan infrastruktur, kemudian pengembangan aspek kesejahteraan masyarakat, pemerataan pembangunan dan daya saing daerah serta menggambarkan daya saing daerah berdasarkan ketersediaan infrastruktur, kemampuan ekonomi daerah dan iklim investasi.
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15