BERITA

Pemkab Labuhanbatu Selatan Gelar Rapat Koordinasi Pasca Disahkannya Koperasi ASN Sejahtera...

Jumat, 24 Februari 2017

Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disperindagkop-UKM) Kabupaten Labuhanbatu Selatan menggelar rapat koordinasi (24/02) Di Aula Pertemuan Kantor Bupati Labuhanbatu Selatan. Rapat ini dilaksanakan pasca disahkannya Koperasi ASN yang diberi nama Koperasi ASN Sejahtera di Lingkungan Pemkab Labuhanbatu Selatan, Akta Pendirian Koperasi ASN ini telah memiliki Badan Hukum dan mendapat persetujuan dari Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia.

Wakil Bupati Labuhanbatu Selatan Drs. Kholil Jupri Harahap yang turut hadir pada rapat tersebut menyampaikan besar harapannya supaya nantinya kehadiran Koperasi ASN Sejahtera ini benar benar menjadi Koperasi yang profesional, bisa mensejahterakan anggota. ”Saya minta kepada setiap SKPD untuk benar benar  serius dalam pembahasan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Koperasi ASN Sejahtera ini, tujuannya untuk memudahkan dalam melakukan pengawasan dan pengelolaan terhadap Koperasi ini“ tandasnya mengakhiri pengarahan. 

Koperasi yang di bentuk saat ini langsung di bawah pengawasan Disperindagkop UKM Kabupaten Labuhanbatu Selatan. Duduk dalam struktur kepengurusan adalah Listiono dari SKPD Penanaman Modal dan Aset Daerah sebagai Ketua, Wakil Ketua adalah Ir. Ralikhul Rahman Asisten Perekonomian dan Pembangunan, sedangkan Skretaris I dijabat oleh Hj. Farida Hanum dari Korpri, Maruhum Siregar yang merupakan Kepala Bidang Koperasi Disperindagkop menjabat sebagai Skretaris II, sedangkan bendahara dijabat oleh Syarifah Hapni, SH dari Setdakab. 

Dalam beroperasinya, Nantinya Koperasi ini akan menyelenggarakan kegiatan usaha meliputi Simpan Pinjam, Penjualan Atribut Korpri, Foto Copy dan Alat Tulis Kantor, Penjualan Gas Elpiji dan penjualan makanan dan minuman.

Turut hadir pada rapat tersebut para Asisten Sekretaris Daerah Kabupaten, Kepala Badan Dinas dan Kantor beserta perwakilan Satuan Kerja Perangkat Darah.

 

 

 

 

Sebanyak 634 siswa SMA Negeri dan Swasta di Kabupaten Labuhanbatu Selatan menerima beasiswa Program Indonesia Pinta...

Selasa, 21 Februari 2017
Sebanyak 634 siswa SMA Negeri dan Swasta di Kabupaten Labuhanbatu Selatan menerima beasiswa Program Indonesia Pintar (PIP), Kamis (16/2) di Aula Santun Berkata Bijak Berkarya Kotapinang. Penyerahan dilakukan secara simbolis oleh Anggota DPR daerah Pemilihan Sumatera Utara DR. Saleh Partaonan Daulay, M.Ag, M.Hum, MA dan Bupati Labuhanbatu Selatan H. Wildan Aswan Tanjung, SH, MM.
DR. Saleh Partaonan Daulay, M.Ag, M.Hum, MA dalam sambutannya berpesan agar beasiswa yang diterima dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. “Gunakan beasiswa untuk membeli seragam sekolah, tas, sepatu dan buku sekolah, supaya mereka punya semangat untuk untuk sekolah”, pesannya kepada pada orang tua siswa penerima beasiswa.
DR. Saleh Partaonan Daulay, M.Ag, M.Hum, MA juga berpesan kepada orang tua siswa agar jangan pernah takut tidak sanggup membiayai anak untuk sekolah, karena orang yang punya ilmu pengetahuan berbeda dengan orang yang tidak punya ilmu pengetahuan.
Sementara itu, Bupati Labuhanbatu Selatan, H. Wildan Aswan Tanjung, SH, MM dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada anggota DPR RI dapil Sumatera Utara DR. Saleh Partaonan Daulay, M.Ag, M.Hum, MA yang telah peduli dan memiliki komitmen yang tinggi terhadap daerah pemilihannya, khususnya kabupaten Labuhanbatu Selatan.
"Beliau banyak memperjuangkan agar Kabupaten Labuhanbatu Selatan mendapat kucuran dana dari pemerintah pusat, diantaranya pembangunan infrastruktur  sampai pemberian beasiswa", ujar H. Wildan Aswan Tanjung SH, MM.
H. Wildan Aswan Tanjung, SH, Mm menjelaskan bahwa Pemkab labuhanbatu Selatan telah melakukan terobosan-terobosan di bidang pendidikan seperti mewujudkan SMA Negeri 1 Kotapinang sebagai ikon pendidikan, memberikan beasiswa berprestasi, membentuk kelompok-kelompok belajar kelas unggulan, pemberian pakaian gratis bagi siswa kelas 10 serta pemenuhan sarana dan prasarana berkualitas lainnya.
Selain itu, Pemkab Labuhanbatu Selatan juga telah memberikan beasiswa bagi siswa SLTA berprestasi secara akademik untuk melanjutkan pendidikan secara gratis ke IPB sejak tahun akademik 2016/2017 sebanyak 6 (enam) orang.
Diakhir sambutannya, H. Wildan Aswan Tanjung, SH, MM juga berpesan kepada orang tua siswa agar memanfaatkan beasiswa PIP dengan sebaik-baiknya untuk kepentingan pendidikan.
Penyerahan beasiswa dilakukan secara simbolis kepada 5 orang siswa, antara lain Abd. Ikhsan Lubis siswa SMAN 2 Kotapinang, Saddiah Daulay siswa SMAN 1 Sungai Kanan, Dianita Bujing Rambe siswa SMAN 1 Silangkitang dan Amwita Purnama siswa SMAN 1 Torgamba.
 

DPRD Kabupaten Labuhanbatu Selatan gelar Paripurna Istimewa peresmian pengangkatan dan pengambilan sumpah/janji Wakil ke...

Selasa, 21 Februari 2017
DPRD Kabupaten Labuhanbatu Selatan gelar Paripurna Istimewa peresmian pengangkatan dan pengambilan sumpah/janji Wakil ketua DPRD Kabupaten Labuhanbatu Selatan Masa Jabatan 2014-2019, Senin (20/2) di Aula Santun Berkata Bijak Berkarya Kotapinang. Hadir pada acara tersebut Anggota DPRD Provinsi Sumatera Utara Ari Wibowo, Wakil Bupati Drs. Kholil Jufri Harahap, Ketua DPRD H. Jabaluddin Dasopang, S.Sos, Wakil Ketua DPRD Chairul Harahap, Dandim 0209 Letkol. Czi. Denden Sumarlin, SE, Kajari Labuhanbatu Selatan Joko Wibisono, SH, MH, Ketua PN Rantauprapat Dominggus Silaban, SH, MH, Sekda Zulkifli, SIP, MM, Danramil 11 Kotapinang Mayor. Czi. Baginda Siregar, SE, Kapolsekta Kotapinang Kompol. Adi Santri Sanjaya, S.Sos.
Wakil Ketua DPRD yang diangkat dan diambil sumpah/janji adalah Syahdian Purba, SH menggantikan Arwi Winata yang mengundurkan diri saat mencalonkan diri sebagai  calon Wakil Bupati Labuhanbatu Selatan pada Pilkada tahun 2015 yang lalu. Pengambilan sumpah/janji sebagai Wakil Ketua DPRD dilakukan oleh Ketua PN Rantauprapat Dominggus Silaban, SH, MH.
Ketua DPRD H. Jabaluddin Dasopang, S.Sos dalam pidatonya saat membuka Paripurna Istimewa mengucapkan selamat bertugas kepada Syahdian Purba, SH sebagai wakil ketua DPRD. “semoga kepercayaan serta tugas yang diberikan oleh rakyat melalui lembaga ini, dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya serta penuh rasa tanggung jawab”, ujar H. Jabaluddin Dasopang, S.Sos.
Selanjutnya H. Jabaluddin Dasopang, S.Sos mengajak para anggota DPRD untuk bersama-sama bekerja keras, bekerja cerdas dan bekerja ikhlas dalam turut serta mensejahterakan Kabupaten Labuhanbatu Selatan sesuai dengan visi Bersama Membangun Tanah Kelahiran.
H. Jabaluddin Dasopang, S.Sos juga mengucapkan terima kasih kepada Bupati beserta jajarannya atas kerjasama yang terjalin selama ini, diharapkan kedepannya dapa selalu terjalin hubungan yang harmonis dan selalu bekerjasama yang dalam demi meningkatkan pembangunan di Kabupaten Labuhanbatu Selatan.
Hal senada disampaikan Wakil Bupati Drs. Kholil Jufri Harahap yang mengajak seluruh anggota DPRD untuk meningkatkan Sinergitas sehingga tugas bersama mempercepat pembangunan dapat terus terlaksana, sehingga Kabupaten Labuhanbatu Selatan dapat selangkah lebih maju dari Kabupaten/Kota lain.
Pada kesempatan itu juga, Drs. Kholil Jufri harahap mengucapkan selamat atas dilantiknya Syahdian Purba, SH sebagai Wakil Ketua DPRD masa jabatan 2014-2019 dengan harapan kiranya dapat menjalankan tugas mengemban amanah rakyat dengan sebaik-baiknya.
“Selamat bekerja, berkarya dan memberikan yang terbaik kepada bangsa dan negara khususnya masyarakat Labuhanbatu Selatan”, pesan Drs. Kholil Jufri Harahap.
 

Bupati Labuhanbatu Selatan H. Wildan Aswan Tanjung, SH, MM Pimpin Apel Hari Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3)...

Kamis, 16 Februari 2017
Bupati Labuhanbatu Selatan H. Wildan Aswan Tanjung, SH, MM pimpin apel hari Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Tahun 2017, Kamis (16/2) di lapangan sepakbola PT. Supra Matra Abadi (SMA) kebun Teluk Panji Kecamatan Kampung Rakyat. Hadir pada acara tersebut Anggota DPRD, Unsur Muspida, Sekda Zulkifli, SIP, MM, Pimpinan SKPD, pimpinan perusahaan dan para Camat.
Bupati Labuhanbatu Selatan, H. Wildan Aswan Tanjung, SH, MM saat membacakan sambutan Menteri Ketenagakerjaan RI, M. Hanif Dhakiri menjelaskan Pemerintah secara terus menerus meningkatkan pembangunan yang bertujuan memperluas kesempatan kerja yang pada akhirnya dapat mensejahterakan masyarakat. Pemerintah telah mulai membangun dan mengembangkan tol laut, pelayaran rakyat, pembangunan sarana dan prasarana ketenaga listrikan, perumahan, sanitasi dan air bersih.
Program pembangunan tersebut harus didukung oleh sumber daya manusia yang kompeten dan setiap pelaksanaan pembangunan harus menjamin keselamatan dan kesehatan kerja.
Berdasarkan data BPS dalam survey Angkatan Kerja Nasional bulan Agustus 2016, jumlah penduduk yang bekerja sebanyak 118, 41 juta jiwa dan sekitar 60,24% diantaranya dengan tingkat pendidikan SD dan SMP.
Kondisi demikian jelas menunjukkan bahwa tingkat kompetensi angkatan kerja Indonesia secara rata-rata perlu ditingkatkan. Dalam era globalisasi, khususnya dalam Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) kesiapan SDM sangat penting termasuk dalam peningkatan aspek K3.
Lebih lanjut, M. Hanif Dhakiri mengatakan tujuan K3 tidak hanya untuk memberi perlindungan kepada tenaga kerja dan orang lain yang berada di tempat kerja agar terjamin keselamatannya, tapi juga bagaimana dapat mengendalikan resiko terhadap peralatan, aset dan sumber produksi sehingga dapat dipergunakan secara aman dan efisien agar terhindar dari kecelakaan dan penyakit akibat kerja.
Tujuan perlindungan K3 dapat terlaksana apabila seluruh unsur yang berada di perusahaan, baik pihak manajemen, serikat pekerja/serikat buruh dan tenaga kerja/buruh bersama-sama berkomitmen melaksanakan upaya pencegahan kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja.
Pada kesempatan itu juga , M. Hanif Dhakiri menghimbau, mengajak dan mendorong agar semua pemangku kepentingan, pemerintah pusat, pemerintah provinsi, pemerintah kabupaten/kota, perguruan tinggi, organisasi profesi, asosiasi, pimpinan perusahaan, pekerja dan masyarakat lainnya untuk melakukan upaya konkrit terhadap pelaksanaan K3 dilingkungan masing-masing, sehingga budaya K3 benar-benar terwujud disetiap tempat kerja dan masyarakat umum di seluruh tanah air.
Usai membacakan sambutan Menteri Ketenagakerjaan RI, Bupati Labuhanbatu Selatan H. Wildan Aswan Tanjung SH, MM mengajak pimpinan perusahaan untuk menerapkan zero Accident (kecelakaan nihil) di setiap perusahaannya masing-masing.
H. Wildan Aswan Tanjung, SH, MM juga meminta kepada perusahaan agar meningkatkan nilai santunan kepada tenaga kerja yang mengalami kecelakaan kerja sehingga dapat bermanfaat bagi keluarga.
Diakhir sambutannya, H. Wildan Aswan Tanjung, SH, MM mengajak seluruh pimpinan perusahaan untuk meningkatkan kepeduliannya kepada tenaga kerja dengan menciptakan program perumahan bagi karyawan/karyawatinya, sehingga nantinya karyawan/karyawati dapat memiliki rumah sendiri.
Apel Hari Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) di Kabupaten Labuhanbatu Selatan tahun 2017 diisi dengan pemberian pelantikan Panitia Pembina Keselamatan dan Kesehatan Kerja (P2K3) tingkat perusahaan PT. Supra Matra Abadi (SMA), pelepasan dan pemberian santunan kepada karyawan/karyawati purna tugas sebanyak 7 orang, penyerahan jaminan hari tua  (JHT) oleh BPJS Ketenagakerjaan kepada 2 orang karyawan, penyerahan piagam Zero Accident (nihil kecelakaan) kepada 21 perusahaan dan penyerahan bantuan dari perusahaan kepada beberapa sekolah dilingkungan perusahaan sebanyak 3 sekolah.

Wakil Bupati Labuhanbatu Selatan Drs. Kholil Jupri Harahap Membuka Secara Resmi Musrembang Kecamatan Silangkitang,...

Kamis, 16 Februari 2017

Wakil Bupati Labuhanbatu Selatan Drs. Kholil Jupri Harahap membuka secara resmi musrembang kecamatan Silangkitang, Kamis (16/2) di Aula Kantor camat Silangkitang. Musyawarah ini merupakan wadah bersama para pelaku pembangunan dan Stake Holder untuk menyusun dokumen perencanaan yang memuat arah kebijakan, sasaran program dan kegiatan yang akan dilaksanakan pada tahun 2018 nantinya.

Hadir pada acara tersebut Anggota DPRD Dapil Kecamatan Silangkitang Damuri dan Satiman, Kepala Bappeda Ali Hotman Hasibuan, S.Sos, MM, Pimpinan SKPD, Kepala Bagian, pimpinan perusahaan, Camat dan Unsur Pimpinan Kecamatan Silangkitang.

Kholil Jupri Harahap dalam sambutannya berharap partisipasi aktif dari seluruh peserta musrembang Kecamatan dengan memberikan masukan terhadap jabaran arah dan kebijakan pembangunan yang akan dibahas dan dimusyawarahkan. Selain itu sasaran yang ditetapkan sedapat mungkin secara riil mampu mengatasi permasalahan yang ada.

Kholil Jupri  juga mengajak seluruh peserta musrembang untuk memanfaatkan musrembang sebagai proses perencanaan pembangunan yang menghasilkan kesepakatan antara pelaku pembangunan yang nantinya akan dilanjutkan pada forum SKPD dan Musrenbang Kabupaten.

Pada kesempatan itu juga Drs. Kholil Jupri Harahap meminta supaya terjalin hubungan baik antara camat dengan masyarakat, dengan begitu partisipasi warga akan pembangunan dapat terjadi, juga diharapkan kepada para pejabat yang lebih dulu pernah memangku jabatan sebagai camat di Silangkitang supaya bersedia berkoordinasi dengan camat silangkitang yang menjabat, Wakil Bupati menambahkan bahwa jalan menuju Kabupaten tetangga Labuhanbatu perlu mendapat prioritas dari Pembangunan di Kecamatan Silangkitang “jalan alternatif yang melalui beberapa desa di kecamatan silangkitang ini memiliki peranan yang sangat vital untuk menghubungkan kabupaten Labuhanbatu Selatan menuju Kabupaten Labuhanbatu, oleh karenanya kepada Camat diharapkan untuk pro aktif dalam membahas persoalan jalan ini termasuk pembebasan lahan jika diperlukan adanya pelebaran jalan”, tegas Wakil Bupati  

Sementara itu, Kepala Bappeda Ali Hotman Hasibuan, S.Sos, MM dalam paparannya menjelaskan arah kebijakan pembangunan ketiga (2018) RPJMD Kabupaten Labuhanbatu meliputi peningkatan pelayanan publik yang bersentuhan kepada masyarakat di bidang pendidikan, kesehatan dan infrastruktur, kemudian pengembangan aspek kesejahteraan masyarakat, pemerataan pembangunan dan daya saing daerah serta menggambarkan daya saing daerah berdasarkan ketersediaan infrastruktur, kemampuan ekonomi daerah dan iklim investasi.

 

Bupati Labuhanbatu Selatan buka secara resmi musrenbang Kecamatan Kampung Rakyat,...

Selasa, 14 Februari 2017
Bupati Labuhanbatu Selatan H. Wildan Aswan Tanjung, SH, MM membuka secara resmi musrenbang kecamatan Kampung Rakyat, Selasa (14/2) di Aula Kantor camat Kampung Rakyat. Hadir pada acara tersebut Anggota DPRD Dapil Kecamatan Kampung Rakyat, Kepala Bappeda Ali Hotman Hasibuan, S.Sos, MM, Pimpinan SKPD, pimpinan perusahaan, Camat dan Unsur Pimpinan kecamatan Kampung Rakyat, Kepala Desa dan delegasi musrenbang se-Kecamatan Kampung Rakyat.
 
H. Wildan Aswan Tanjung, SH, MM dalam sambutannya berharap partisipasi aktif dari seluruh peserta musrenbang kecamatan dengan memberikan masukan terhadap jabaran arah dan kebijakan pembangunan yang akan dibahas dan dimusyawarahkan. Selain itu sasaran yang ditetapkan sedapat mungkin secara riil mampu mengatasi permasalahan yang ada.
H. Wildan Aswan Tanjung, SH, MM juga mengajak seluruh peserta musrenbang untuk memanfaatkan musrenbang sebagai proses perencanaan pembangunan yang menghasilkan kesepakatan antara pelaku pembangunan yang nantinya akan dilanjutkan pada forum SKPD dan Musrenbang Kabupaten.
 
Pada kesempatan itu juga, H. Wildan Aswan Tanjung, SH, MM mengajak seluruh pimpinan perusahaan yang ada di Kecamatan Kampung Rakyat untuk meningkatkan kerjasama dan kepeduliannya. “kerjasama pembangunan jalan di kluster 1, Alhamdulillah sudah hampir selesai, saya berharap agar perusahaan-perusahaan yang ada di wilayah kecamatan Kampung Rakyat dapat merealisasikan kerjasama pembangunan di kluster 2 yang berada di wilayah kecamatan Kampung Rakyat”, tegas H. Wildan Aswan Tanjung, SH, MM.
 
Sementara itu, Kepala Bappeda Ali Hotman Hasibuan, S.Sos, MM dalam paparannya menjelaskan arah kebijakan pembangunan ketiga (2018) RPJMD Kabupaten Labuhanbatu meliputi peningkatan pelayanan publik yang bersentuhan kepada masyarakat di bidang pendidikan, kesehatan dan infrastruktur, kemudian pengembangan aspek kesejahteraan masyarakat, pemerataan pembangunan dan daya saing daerah serta menggambarkan daya saing daerah berdasarkan ketersediaan infrastruktur, kemampuan ekonomi daerah dan iklim investasi.

Wakil Bupati Pimpin Rapat Persiapan PRSU 2017...

Selasa, 14 Februari 2017

Bertempat di Aula Kantor Bupati Labuhanbatu Selatan, Wakil Bupati Drs. Kholil Jufri Harahap pimpin rapat persiapan Kabupaten Labuhanbatu Selatan dalam rangka memeriahkan Pekan Raya Sumatera Utara (PRSU) yang akan dilaksanakan mulai tanggal 17 Maret s/d 17 April di Medan.

Wakil Bupati dalam bimbingannya menyampaikan beberapa hal penting yang harus diperhatikan untuk memeriahkan perhelatan PRSU ini antara lain harapannya supaya pada PRSU tahun 2017 ini Stand Labuhanbatu Selatan lebih baik lagi dibanding dengan PRSU tahun-tahun sebelumnya, beliau mendorong setiap SKPD terkait berkoordinasi semaksimal mungkin demi Menciptakan Paviliun Labuhanbatu Selatan menarik antusiasme pengunjung.

Sekretaris Daerah yang turut hadir pada rapat tersebut mengingatkan kepada SKPD yang terlibat langsung supaya nantinya produk produk yang dipamerkan di Stand PRSU memiliki kreatifitas yang tinggi, dan terlebih lagi lanjut Sekda bahwa setiap Produk yang dipamerkan seyogiayanya memiliki Added Value atau nilai tambah bagi si pengrajin itu sendiri, “pengrajin harus merasakan efek positif secara ekonomi dari momentum PRSU ini, oleh karenanya diharapkan kepada Dinas terkait untuk merangkul para pengrajin-pengrajin yang ada, termasuk PKK dan kelompok kelompok masyarakat lainnya”. Tegas Sekda.

Sesuai laporan Dinas perindustrian Selaku Panitia yang disampaikan oleh Skretaris Dinas, Bapak Berutu bahwa PRSU akan dimulai pada 17 maret s/d 17 April 2017 mendatang yang pesertanya dari 33 Kabupaten/Kota Se-Sumatera Utara, beberapa produk yang akan dipamerkan di paviliun Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu Selatan ada Kerajinan Tangan, Kreatifitas, Koleksi Kuliner Khas Labuhanbatu Selatan, Profil Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu Selatan dll.

 Pada tanggal 09 April 2017 malam hari akan diadakan Pagelaran malam seni Budaya Labuhanbatu Selatan yang akan di isi dengan berbagai pertunjukan Budaya labuhanbatu Selatan.

Turut hadir dalam rapat tersebut Asisten III, Staf Ahli, Kepala Bagian Perekonomian dan peserta dari Badan, Dinas dan Kantor.

MUSRENBANG TINGKAT KECAMATAN DI SEI KANAN 2017 DITANDAI DENGAN LAUNCHING PATEN...

Senin, 13 Februari 2017
Wakil Bupati Labuhanbatu Selatan Drs. Kholil Jufri Harahap secara resmi melaunching Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan se-Kabupaten Labuhanbatu Selatan di Kecamatan Sungai Kanan, senin (13/2). Hadir pada acara tersebut Ketua DPRD H. Jabaluddin Dasopang, Sekda Zulkifli, SIP, MM, Muspida, Pimpinan SKPD, pimpinan perusahaan dan camat se-Kabupaten Labuhanbatu Selatan.
 
Drs. Kholil Jufri Harahap dalam pidatonya menjelaskan Pelayanan Administrasi Kecamatan atau PATEN merupakan suatu sistem pelayanan berstandar nasional terhadap masyarakat pada lingkup pemerintah kecamatan yang dilaksanakan di seluruh Indonesia.
Penyelenggaraan PATEN dimaksudkan untuk mewujudkan pemerintah kecamatan sebagai pusat pelayanan masyarakat serta menjadi simpul bagi kantor/badan/dinas pelayanan terpadu di Kabupaten/Kota.
 
Tujuan utamanya untuk meningkatkan kualitas serta mendekatkan pelayanan kepada masyarakat dibawah koordinasi dan binaan camat selaku penanggung jawab penyelenggaraan PATEN.
 
Diakhir sambutannya Drs. Kholil Jufri Harahap berpesan kepada Camat agar mampu berinovasi untuk meningkatkan kinerjanya termasuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.
 
Drs. Kholil Jufri Harahap juga berpesan kepada aparatur di kecamatan agar dapat memberikan pelayanan terbaik, murah, cepat, tepat, efisien dan transparan kepada masyarakat. “Bekerjalah sesuai dengan tugas, waktu kerja dan aturan yang telah ditetapkan, tuntas dan akurat atas dasar kompetensi terbaik, penuh tanggung jawab serta komitmen yang tinggi”, pesannya.
 
PATEN meliputi pelayanan perizinan berupa izin mendirikan bangunan (IMB) dengan kriteria rumah tempat tinggal perorangan non komersil, tidak bertingkat, luas maksimal 100 m2 dan pagar rumah perorangan non komersil panjang maskimum 100 m, izin SIUP mikro, izin TDP mikro, IUMK, izin reklame insidentil, izin tanda daftar industri kecil, izin pertunjukan/hiburan yang bersifat temporer/insidentil, izin usaha rumah makan dan minuman, izin usaha penggilingan padi/ubi dan penampungan beras, izin usaha penginapan 5 kamar, izin usaha penyewaan lapangan/tempat olahraga milik perorangan, izin usaha kolam pancing dan izin usaha salon kecantikan, potong rambut, cuci rambut dan rias pengantin.
LAUNCHING 
Launching PATEN ditandai dengan penandatanganan komitmen bersama camat se-kabupaten Labuhanbatu Selatan siap melaksanakan penerapan PATEN di seluruh kecamatan dan pengguntingan pita sebagai simbol penerapan PATEN oleh Wakil Bupati Labuhanbatu Selatan.

Pemkab Labuhanbatu Selatan Bentuk Tim Teknis Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN)...

Rabu, 08 Februari 2017

Sekda Kabupaten Labuhanbatu Selatan Zulkifli, SIP, MM pimpin Rapat Koordinasi Pembentukan Tim Teknis Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN) di Kabupaten Labuhanbatu Selatan, hal ini dalam rangka implementasi Permendagri Nomor 4 Tahun 2010 tentang Pedoman Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan, rapat koordinasi dilaksanakan di Ruang Rapat Sekda Kabupaten Labuhanbatu Selatan Rabu (08/02). Selain Sekretaris Daerah Kabupaten Rapat juga diikuti oleh seluruh Camat Se-Kabupaten Labuhanbatu Selatan dan SKPD terkait.

PATEN Merupakan manajemen modern dalam upaya mendekatkan, mempermudah, dan mempercepat pelayanan administrasi perijinan/non perijinan di tingkat Kecamatan mengingat faktor jarak Kecamatan ke Kabupaten yg relatif jauh sehingga sulit dijangkau ditambah lagi adanya faktor kondisi geografis dan infrastruktur jalan yg belum memadai.

PATEN Mempunyai Maksud yaitu Mewujudkan Kecamatan sebagai pusat pelayanan masyarakat dan menjadi simpul pelayanan bagi Kantor/Badan Pelayanan Terpadu di Kabupaten/Kota.

Kemudian PATEN bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan mendekatkan pelayanan kepada masyarakat.

Adapun susunan Tim Teknis PATEN yang ditetapkan dengan SK Bupati. Susunan Tim Teknis PATEN tersebut akan mengacu pada Permendagri Nomor 4 Tahun 2010. Ketua adalah Sekretaris Daerah dan Wakil Ketua adalah Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan, Sekretaris adalah Kepala Bagian Tata Pemerintahan Setdakab. Kemudian untuk anggotanya dari Bapeda dan instansi yang terkait.

Sedangkan tugas tim teknis PATEN adalah Mengidentifikasi kewenangan Bupati berkaitan dengan pelayanan yang dilimpahkan kepada Camat, kemudian mempersiapkan rancangan kebijakan dan petunjuk umum / teknis yang dibutuhkan dalam penerapan PATEN. Tim teknis PATEN juga harus memfasilitasi terselenggaranya PATEN dengan merekomendasikan kepada Bupati. Kecamatan yang telah memenuhi syarat ditetapkan sebagai penyelenggara PATEN Dan melaporkan hasil pelaksanaan tugas Tim Teknis PATEN kepada Bupati Labuhanbatu Selatan.




BPK RI Perwakilan Sumut Kunjungan Kerja ke Kabupaten Labuhanbatu Selatan...

Rabu, 25 Januari 2017

Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI) Perwakilan Sumatera Utara mengunjungi Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu Selatan , Kamis 19/1/2017.

Kunjungan ini merupakan kunjungan kerja dalam rangka meningkatkan silaturahmi antara Badan Pemeriksaan Keuangan Republik Indonesia (BPK RI) perwakilan Sumatera Utara dengan Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu Selatan.

Dra. V. M. Ambar Wahyuni MM, AK, CA Kepala BPK RI Perwakilan Sumut menyampaikan adapun maksud kedatangannya hanya kunjungan kerja biasa dalam rangka meningkatkan silaturahmi antara Badan Pemeriksaan Keuangan Republik Indonesia Republik Indonesia (BPK RI) perwakilan Sumatera Utara dengan Pemkab Labuhanbatu Selatan dan Kabupaten/Kota lainnnya

Kedatangan Ambar Wahyuni juga didampingi oleh pejabat BKP RI perwakilan Sumut lainnya.

Ia menambahkan sebelum ke Kabupaten Labuhanbatu Selatan, BPK RI juga telah melakukan kunjungan kerja ke wilayah Tapteng, Tapsel, Kota Padangsidimpuan, Padang Lawas dan untuk selanjutnya akan melaksanakan kunjungan kerja ke wilayah Labuhan Batu.

Sementara itu Bupati Labuhanbatu Selatan H. Wildan Aswan Tanjung, SH, MM, mengatakan pertemuan, ini merupakan kunjungan biasa saja, dalam rangka peningkatan pengawasan pemeriksaan pendahuluan pemerintah daerah Kabupaten/Kota se sumatera utara. dan harapan saya pertemuan ini menambah wawasan dan pemahaman para ASN di dalam melaksanakan tugas tugas yang demban sesuai dengan aturan yang berlaku dan kepada BPK Perwakilan Sumatera Utara Bupati berharap menyampaikan wejangan dan transfer ilmu kepada ASN supaya setiap Pekerjaan dilakukan sesuai pada koridor semestinya.
turut hadir juga dalam pertemuan tersebut Kepala Inspektorat Labuhanbatu Selatan, Kadispenda dan para ASN dilingkungan Pemkab Labuhanbatu Selatan

 

 

 

 

 

 

 

 

Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI) Perwakilan Sumatera Utara mengunjungi Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu Selatan , Kamis 19/1/2017.

Kunjungan ini merupakan kunjungan kerja dalam rangka meningkatkan silaturahmi antara Badan Pemeriksaan Keuangan Republik Indonesia (BPK RI) perwakilan Sumatera Utara dengan Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu Selatan.

Dra.V.M.Ambar Wahyuni MM, AK, CA Kepala BPK RI Perwakilan Sumut menyampaikan adapun maksud kedatangannya hanya kunjungan kerja biasa dalam rangka meningkatkan silaturahmi antara Badan Pemeriksaan Keuangan Republik Indonesia Republik Indonesia (BPK RI) perwakilan Sumatera Utara dengan Pemkab Labuhanbatu Selatan dan Kabupaten/Kota lainnnya

Kedatangan Ambar Wahyuni juga didampingi oleh pejabat BKP RI perwakilan Sumut lainnya diterima langsung Oleh Bupati dikantor Bupati Labuhanbatu Selatan Sosopan

Ia menambahkan sebelum ke Kabupaten Labuhanbatu Selatan, BPK RI juga telah melakukan kunjungan kerja ke wilayah Tapteng, Tapsel, Kota Padangsidimpuan, Padang Lawas dan untuk selanjutnya akan melaksanakan kunjungan kerja ke wilayah Labuhan Batu.

Sementara itu Bupati Labuhanbatu Selatan H. Wildan Aswan Tanjung, SH, MM, mengatakan pertemuan, ini merupakan kunjungan biasa, dalam rangka peningkatan pengawasan pemeriksaan pendahuluan kepada Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota se Sumatera Utara.


turut hadir juga dalam pertemuan tersebut Kepala Inspektorat Labuhanbatu Selatan, Kadispenda dan para ASN dilingkungan Pemkab Labuhanbatu Selatan

Sebanyak 52 ASN Eselon III dan IV di lingkup Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu Selatan dilantik...

Rabu, 25 Januari 2017

Sebanyak 52 ASN Eselon III dan IV di lingkup Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu Selatan dilantik dan diambil sumpahnya

Acara pelantikan dipimpin oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Labuhanbatu Selatan di Aula pertemuan Kantor Bupati Sosopan, Rabu pagi (25/1).

Bupati Labuhanbatu Selatan dalam sambutan tertulis yang dibacakan oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Labuhanbatu Selatan mengatakan bahwa proses pelantikan dan mutasi bagi Aparatur Birokrasi Pemerintah merupakan hal yang lumrah seiring tuntutan dan dinamika Organisasi.

Pelantikan dan mutasi adalah bagian dari kebutuhan organisasi dalam rangka peningkatan kapasitas karier Pegawai.

Pertimbangan utama yang digunakan dalam menentukan jabatan bagi setiap Aparatur Sipil Negara adalah sesuai dengan Kompetensi, pengabdian dan komitmen terhadap tugas serta tanggung jawab kepada Negara. Oleh karenanya, setiap pejabat hendaknya mempunyai kemauan yang kuat untuk memiliki wawasan yang luas dan siap membantu pimpinan dalam merumuskan dan melaksanakan kebijakan. Dengan demikian , diharapkan para pejabat dapat menjadi roda penggerak organisasi. ujarnya.

Adapaun rincian ASN yang dilantik adalah Eselon III berjumlah 6 orang diantaranya Drs. Daham menjabat sebagai Sekretaris pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Labuhanbatu Selatan, Roslela Hayati Harianja, SKM menjabat sebagai Kepala Bidang Distribusi Pangan pada Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Labuhanbatu Selatan, Samwel Efendi. S.Kep Ners menjabat sebagai Kepala Bidang Keperawatan pada RSUD Kotapinang Kabupaten Labuhanbatu Selatan, sedangkan Eselon IV berjumlah 46 orang.

Turut hadir pada pelantikan tersebut Muspida, Para Asisten, Kepala Dinas, Badan dan kantor di lingkungan Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu Selatan/

 

Bupati Labuhanbatu Selatan dan Ketua DPRD Teken MoU KUA PPAS APBD Tahun 2017...

Rabu, 21 Desember 2016

Bupati Labuhanbatu Selatan H. Wildan Aswan Tanjung, SH, MM dan Ketua DPRD Kabupaten Labuhanbatu Selatan, dalam Rapat Paripurna DPRD Labuhanbatu Selatan Rabu (21/12/2016) meneken atau menandatangani Nota Kesepakatan Bersama atau Memory of Understanding (MoU) Kebijakan Umum Anggaran dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA dan PPAS) Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Labuhanbatu Selatan 2017.

Penandatanganan kesepakatan bersama KUA dan PPAS APBD 2017 dilakukan setelah DPRD Labuhanbatu Selatan menyetujui KUA dan PPAS APBD Labuhanbatu selatan 2017 yang disampaikan Badan Anggaran DPRD.

Ketua Badan Anggaran Abdul Zubir Siregar dalam penyampaian Hasil laporannya menyampaikan bahwa pembahasan Rancangan Kebijakan Umum Anggaran dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) Tahun Anggaran 2017 dilakukan secara Komprehensif dan Responsibility antara Badan Anggaran Dewan dengan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Labuhanbatu Selatan dengan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) beserta SKPD akan dituangkan dalam Kebijakan Umum Anggaran dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) Tahun Anggaran 2017, dan menghasilkan beberapa butir kesepakatan yakni Skala Prioritas Kebijakan Umum APBD (KUA) Tahun Anggaran 2017 serta Prioritas dan Plafon Anggaran Sementara (PPAS) Tahun Anggaran 2017 telah disesuaikan dengan kondisi saat ini dan berdasarkan pada isu isu yang berkembang  di masyarakat, kemudian Disepakati penyempurnaan dan perbaikan terhadap Kebijakan Umum APBD (KUA) Tahun Anggaran 2017.  

Pendapatan Daerah diproyeksikan sebesar Rp. 849.742.956.847,00 (849 MILYAR  742 JUTA 956 RIBU 847 RUPIAH) dengan rincian Pendapatan Asli Daerah sebesar RP. 41.196.542.000,00 (41 MILYARD 169 JUTA 542 RIBU RUPIAH)

Dana perimbangan yang berasal dari bagi hasil pajak dan bagi hasil bukan pajak, dana alokasi UMUM (DAU) dan Dana Alokasi Khusus (DAK) sebesar RP. 741.734.194.000,00 (741 MILYARD 734 JUTA 194 RIBU RUPIAH)

Lain lain Pendapatan Daerah yang sah yang berasal dari pendapatan hibah, Bagi Hasil Pajak dari Provinsi, dana penyesuaian dan Otonomi Khusus pada KUA PPAS RAPBD Tahun Anggaran 2017  sebesar RP. 66.839.220.847,00 (66 MILYARD 839 JUTA 220 RIBU 847 RUPIAH)

Selanjutnya tentang Belanja Daerah yang terdiri dari Belanja Langsung dan Belanja tidak Langsung pada KUA PPAS RAPBD Tahun Anggaran 2017 sebesar RP. 877.264.129.947,00 (877 MILYARD 264 JUTA 129 RIBU 947 RUPIAH) setelah dilakukan pembahasan bertambah menjadi Rp. 878.764.129.947,00 (878 MILYAR 764 JUTA 129 RIBU 947 RUPIAH

Dengan telah dilakukannya koreksi dan penyempurnaan, maka Rancangan Kebijakan Umum APBD KUA Tahun Anggaran 2017 serta Prioritas dan Plafon Anggaran Sementara PPAS Tahun Anggaran 2017 telah disesuaikan dengan ketentuan perundang undangan yang berlaku dengan mempertimbangkan kondisi Daerah.

Bupati Labuhanbatu Selatan dalam sambutannya menyampaikan Apresiasi setinggi tingginya atas kerja keras Tim Anggaran baik dari Badan Anggaran DPRD maupun Tim Anggaran Pemerintah Kabupaten, bebarapa koreksi menjadi kritik yang membangun bagi Pemerintah Kabupaten untuk penyempurnaan demi terwujudnya pembangunan merata di Labuhanbatu Selatan.

Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Labuhanbatu Selatan dipimpin Wakil Ketua DPRD Labuhanbatu Selatan chairul didampingi anggota DPRD lainnya. Selain dihadiri Bupati turut juga hadir Wakil Bupati Labuhanbatu Selatan Drs. Kholil Jupri Harahap, MUSPIDA, Sekda Labuhanbatu Selatan Zulkifli, SIP, MM dan Para Kepala SKPD di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu Selatan.

 

 

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14